Latihan Interaksi Manusia dan Komputer

Sebutkan dan jelaskan bagaimna user bias berinteraksi dengan computer atau aplikasi?
JAWAB
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Prinsip kerja komputer = input proses output
Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

Dasar dalam merancang interaksi computer adalah mengetahui dan memahami device yang akan digunakan aplikasi tersebut jelaskan pernyataan tersebut?
JAWAB
Dlm merancang interface pada sebuah aplikasi, kita harus harus menyediakan device yg diperlukan untuk mendukung dalam menjalankan aplikasi yg akan digunakan, sehingga kita kemudahan dalam menjalankan aplikasi tersebut, device2 yg kita sediakan harus sesuai dengan aplikasi yg akan kita gunakan. Contohnya seperti jika kita menggunakan aplikasi Microsoft word device yg kita butuhkan adalah, keybord,mouse dan printer. Jika kita ingin mendengar lagu kita harus menyediakan spiker dan lain2.

Mengapa dalam merancang interface perlu memperhatikan aspek psikologis dan aspek social dari user yang akan menggunakan aplikasi tersebut, jelaskan dan berikan contoh aspek-aspek tersebut?
JAWAB:
Faktor Psikologi
Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan  software sangat dibutuhkan mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Didalam merancang progran faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan, perilaku pengguna secara umum dan sebagainya agar program yang dirancang lebih user friendly.
Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam mempersepsikan  dan memecahkan masalah (problem solving)
Faktor Sosiologi
Faktor ini berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.

Jelaskan perbedaan dalam merancang aplikasi website penjualan online dan merancang aplikasi penjualan supermarket
JAWAB:
Aplikasi website penjualan online
Dlm merancang Aplikasi website penjualan online kita harus mendesain web2nya dengan bagus dan cantik, sehingga ketika orng berkunjung akan membuat pengunjung tertarik untu melihat koleksi2 yg kita miliki, website kita juga harus trhubung kebeberapa link orang agar memudahkan pengunjung utuk mencari barang2 yg mereka butuhkan, web yg kita buat juga harus bias menampung data sesuai dengan data yang kita tampilkan di website penjualan kita hal ini membuat data menjadi relevan dengan stok barang yang ada. aplikasi ini bersifateksternal karena semua bias mengakses data tentang took online kita
merancang aplikasi penjualan supermarket

Dlm merancang aplikasi penjualan supermarket kita harus mendesain aplikasi untuk dapat menyimpan, mengapdate, menghapus dan mencari data yang kita butuhkan dalam pengelolaan barang, aplikasi ini bersifat internal karena data hanya bias dilihat oleh pihak perusahaan saja.

hidup adalah perjuangan...Berhenti mencari Cinta yg sempurna, krn ia pasti datang ketika kamu siap. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Dan Orang yg Bahagia itu bukan memiliki segalanya tetapi belajar mensyukuri apa yang sudah dimilikinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »