Materi Dasar-Dasar Sistem Informasi Dalam Bisnis

Dasar-Dasar Sistem Informasi Dalam Bisnis

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yg sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi hal ini tentunya akan membantu dlm proses administrasi dan manajemen.
Untuk itu mata kuliah ini perlu diberikan bagi para praktisi bisnis merupakan hal yang penting untuk memiliki pemahaman dasar ttg sistem informasi .
TI  termasuk SI berbasis internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis.
TI  dpt membantu segala jenis bisnis dlm efisiensi dan efektifitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial dan networking kerja, hingga dpt memperkuat posisi kompotitif dalam pasar yg cepat berubah.
TI            digunakan utk mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan utk pelanggan, transaksi  e-commers atau dlm aktifitas bisnis lainnya.
TI dan SI berbasis internet dlm waktu singkat menjadi bahan yg dibutuhkan utk keberhasilan bisnis di lingkungan global yang dinamis.

Apakah Sistem itu?
Apakah satu rangkaian komponen yang saling berhubungan. ?
Apakah menggambarkan batas-batas yang jelas atara komponen yang satu dengan yang lain?
Apakah adanya kerjasama untuk mencapai satu tujuan atau sasaran yg hendak dicapai?
Sistem Informasi adalah kombinasi yang teratur antara orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yg meliputi pengumpulan, mengubah, menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.
Orang bergantung pada sitem informasi untuk berkomunikasi antara yg satu dgn yg lain dgn menggunakan berbagai alat fisik (hardware), perintah, prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yg disimpan.

Apa TI ?
Para praktisi bisnis bergantung pada banyak SI yang menggunakan berbagai TI.
Jeff Bezos, CEO Amazon.Com, memiliki keyakinan mengenai TI yg telah dibangun sejak memulai Amazon, hal ini yg baru diyakini oleh orang lain.
Komitmen Bezos terhadap angka-angka dan TI memberikan hasil sehingga seluruh gudang Amazon telah terkomputerisasi. Gudang tsb begitu tinggi teknologinya hingga membutuhkan banyak kode-kode.

Komputer memulai proses dan mengirim sinyal ke alat penerima nirkabel dari pekerja, memberitahukan barang apa yg harus diambil dari rak, kemudian diuji dgn listrik hingga memeriksa beratnya apakah telah benar utk dikirim. Itu baru sebagian aktifitas yang dilakukan oleh Amazon.
Perkembangan ekonomi dunia dewasa ini yang bagaikan guncangan tektonik, perubahan yang revolusioner, paradigma baru, ataupun transformasi bak badai tsunami.
Adanya kecenderungan bahwa dunia saat ini akan menuju ke arah yang tanpa batas menjadi katalisator utama situasi ekonomi yang tidak pernah pasti, secara keseluruhan struktur ekonomi itu sendiri turut berubah.
TI adalah istilah umum yg menjelaskan teknologi apa pun yg membantu manusia dlm membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi.

TI menyatukan komputasi dan kompunikasi dgn kecepatan tinggi utk data, suara dan video.
Cth. TI tdk hanya berupa PC, tetapi telepon, TV, peralatan RT dan Ponsel.
Utk membedakan TI dan Tekom yg perlu diperhatikan bahwa ada 2  komponen utama TI  Komputer dan Komunikasi.
Teknologi Komputer, definisi komputer adalah mesin yg bisa diprogram dan memiliki beragam fungsi dan menerima data, baik data mentah maupun angka, lalu memprosesnya/mengubahnya ke dlm bentuk informasi yg bisa dimanfaatkan
Tujuan pengguna komputer adalah memecahkan masalah scr lebih cepat dan produktivitasnya semakin meningkat.
Teknologi Komunikasi (telekomunikasi), Sistem dan peralatan elektromagnetik utk berkomunikasi jarak jauh (TV, Radio, Telepon dll). Seiring perubahan zaman, ditemukan  sistem komunikasi antar komputer disebut “online”.
Online, berarti menggunakan komputer/sumber informasi lain yg terhubung ke jaringan utk mengakses informasi dan layanan yg hendak diketahui/diperoleh.
Jaringan, adalah sistem komunikasi yg menghubungkan 2 komputer atau lebih, Cth Internet.
Pemanfaatan teknologi informasi tlh mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia saat ini. Dunia usaha harus mampu memuaskan keinginan pelanggan, sementara di lain pihak secara simultan mampu menurunkan biaya dan mempersingkat time-to-market.
Ada beberapa Teknologi lainnya yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari antara lain:
Tekonologi Hardware meliputi mikrokomputer, server berukuran menengah, sistem mainframe, alat input, output dan media penyimpanan yang mendukung.

Teknologi Software, termasuk software SO, pencari Web (browser), alat pembuat software dan software utk aplikasi bisnis seperti manajemen hubungan pelanggan dan menajemen rantai pasokan (supplay chain management).
Teknologi Manajemen Sumber Daya Data, termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses dan memelihara database organisasi.
SI vs TI
Sistem Informasi adalah memfungsikan semua sumber daya dan komponen yg diperlukan untuk menyampaikan/ memberikan informasi.

TI adalah mengorganisir perangkat keras, perangkat lunak, manajemen data dan networking.


Kerangka Kerja SI Utk Para Praktisi Bisnis
Bidang SI melintasi banyak teknologi yg kompleks, konsep keperluan yg abstrak dan aplikasi khusus sesuai bidang bisnisnya. Untuk itu diperlukan 5 (lima) area yg harus diketahui dalam SI yaitu :





Konsep Dasar
Keperilakuan, teknis, bisnis dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran SI.
Cth. Teori Sistem Umum, Keunggulan Kompetitif.
Teknologi Informasi
Konsep utama, pengembangan dari berbagai isu menajemen TI meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data dan TI berbasis internet.
Aplikasi Bisnis
Penggunaan utama dari SI untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif seperti pemasaran, produksi, akuntansi, manajemen hubungan dgn pelanggan dan perencanaan sumber daya perusahaan.
Proses Pengembangan
Praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan SI utk memenuhi peluang bisnis.
Tantangan Manajemen
Secara efektif dan etis mengelola SI pada tingkat pemakai akhir, perusahaan dan operasi bisnis global.

Peran Dasar SI Dalam Bisnis
Tiga peran utama dari aplikasi bisnis dalam sistem informasi, sistem informasi memberikan organisasi dukungan operasi bisnis, pengambilan keputusan, dan keunggulan kompetitif.


Dari 3 (tiga) alasan mendasar utk semua aplikasi bisnis dalam TI yaitu :

  1. Mendukung Proses dan Operasi Bisnis
                SI mendukung proses dan operasi bisnis dalam mencatat pembelian pelanggan, menelusuri persediaan, membayar pegawai, membeli barang barang dagangan baru serta mengevaluasi tren penjualan.
  1. Mendukung Pengambilan Keputusan para pegawai dan manajernya.
  2. Mendukung Berbagai Strategi untuk Keunggulan Kompotitif.

Trends in Information Systems


Terimakasih Dosenku: TI,  by.  A.Herupurnama
Materi ini berguna banget buat aku untuk memahami pelajaran ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »