Abstrak Analisis Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Terpadu

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Analisis Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang”. Adapun fokus umum dalam skripsi ini adalah Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?. Adapun sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana proses pembelajaran IPS Terpadu yang diterapkan oleh guru di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?, (2). Bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitiannya adalah survey studies. Sumber data dalam penelitian ini adalah meliputi informan yaitu guru IPS Terpadu yang mengajar di kelas VIIc serta siswa kelas VIIc Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, kemudian tempat penelitian yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang dan dokumen berupa perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP, daftar nilai siswa serta foto-foto (dokumentasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpulan datanya adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Dari hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa (1).  Proses pembelajaran IPS Terpadu yang diterapkan oleh guru di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang sudah terlaksana dengan baik, dimulai dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan silabus, serta pelaksanaannya yang sesuai dengan perangkat pembelajarannya, walaupun pada saat mengajar guru masih dominan menggunakan metode ceramah yang monoton dan berpatokan pada buku paket serta LKS tanpa menggunakan media pembelajaran lainnya, tetapi dalam hal ini guru terlihat menguasai materi dan menguasai kondisi kelasnya. (2). Minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang tergolong baik,  siswa mengikuti pelajaran dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan fokus, siswa juga aktif dalam merespon materi yang diberikan oleh guru sehingga terjadi proses Tanya jawab antara guru dan siswa. Adapaun faktor yang mempengaruhi minat siswa merupakan faktor dorongan dalam diri siswa itu sendiri, karena adanya dorongan untuk mengikuti pelajaran IPS Terpadu.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer