ABSTRAK
Skripsi
ini berjudul “Analisis Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 03
Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang”. Adapun fokus umum dalam skripsi ini adalah Minat
Siswa Terhadap Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?.
Adapun
sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana proses pembelajaran
IPS Terpadu yang diterapkan oleh guru di kelas VIIc SMP Negeri 03
Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?, (2). Bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitiannya adalah survey studies. Sumber
data dalam penelitian ini adalah meliputi informan yaitu guru IPS Terpadu yang
mengajar di kelas VIIc serta siswa kelas VIIc Sekolah Menengah Pertama Negeri
03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, kemudian tempat penelitian yaitu
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang
dan dokumen berupa perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP, daftar nilai siswa
serta foto-foto (dokumentasi).
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan studi dokumenter
dengan alat pengumpulan datanya adalah panduan observasi, panduan wawancara,
dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Dari
hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa (1).
Proses
pembelajaran IPS Terpadu yang diterapkan oleh guru di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten
Bengkayang sudah terlaksana dengan baik, dimulai dengan mempersiapkan perangkat
pembelajaran berupa RPP dan silabus, serta pelaksanaannya yang sesuai dengan
perangkat pembelajarannya, walaupun pada saat mengajar guru masih dominan
menggunakan metode ceramah yang monoton dan berpatokan pada buku paket serta
LKS tanpa menggunakan media pembelajaran lainnya, tetapi dalam hal ini guru
terlihat menguasai materi dan menguasai kondisi kelasnya. (2). Minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc SMP Negeri
03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang tergolong baik, siswa mengikuti pelajaran dan mendengarkan
penjelasan dari guru dengan fokus, siswa juga aktif dalam merespon materi yang
diberikan oleh guru sehingga terjadi proses Tanya jawab antara guru dan siswa.
Adapaun faktor yang mempengaruhi minat siswa merupakan faktor dorongan dalam
diri siswa itu sendiri, karena adanya dorongan untuk mengikuti pelajaran IPS
Terpadu.