Lembar Observasi Terhadap Guru Dalam Pembelajaran Ips Terpadu

LEMBAR OBSERVASI TERHADAP GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU di KELAS VIIc SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG
No.
Aspek yang diamati

Ya
Tidak
ket
I.
PRA PMBELAJARAN
1.      Kesiapan ruang, alat, dan media pembelajaran
2.      Memeriksan kesiapan siswa



II.
MEMBUKA PELAJARAN
1.      Melakukan kegiatan apersepsi
2.      Menympaikan kompetensi (tujuan) yang akan di capai dan rencana kegiatan
3.      waktu





10 menit
III.
KEGIATAN INTI PELAJARAN
A.    Penguasan Materi Pembelajaran
1.      Menunjukan penguasaan materi pembelajaran
2.      Menguraikan materi dengan pengetahuaan materi lain yang relevan
3.      Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
B.     Pendekatan / Strategi Pembelajran
1.      Melaksanakan materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
2.      Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
3.      Melaksanakan pembelajaran secara runtun
4.      Menguasai kelas
5.      Melaksanakan pembelajaran secara kontektual
6.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
7.      Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang dialokasikan
C.     Pemanfaatan Media Pembelajaran / Sumber Pembelajaran selain buku paket
1.      Menunjukan keterampilan dalam menggunakan media
2.      Menghasilkan kesan yang menarik menggunakan media
3.      Menggunakan media secara efektif dan efisien
4.      Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
D.    Pembelajaran yang Memicu  dan Memelihara Ketertiban Siswa
1.      Menumbuhkan partisipasi aktifitas siswa dalam pelajaran
2.      Merespon positif partisipasi siswa
3.      Memfasilitasi terjadinya interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
4.      Menunjukan sikap terbuka dalam respon siswa
5.      Menumbukan keceriaan dan atusiasisme siswa dalam belajar
E.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Memantau kemajuan siswa
2.      Melakukan penilaian akhir sesuan dengan kompetensi (tujuan)
F.      Penggunaan Bahasa
1.      Mengunakan bahasa lisan yang jelas dan lancar
2.      Menyampaikan bahasa tulis yang baik dan benar
3.      Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
G.    waktu







































































































60 menit
IV.
PENUTUP
1.      Melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa
2.      Menyusun rangkuman dengan melibatkan siswa
3.      Melaksanakan tidak lanjut tugas rumah
4.      waktu












10 menit

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »