Makalah Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi


KATA PENGANTAR
Segala  puji  hanya  milik  Allah.  Sholawat  dan  salam  kepada  Rasulullah.  Berkat  limpahan  rahmat-Nya  penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah  ini.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Wawancara Dan Kuisioner” yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disususn oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik yang datang dari diri penyusun maupun yang dating dari luar. Namun  dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.Semoga  makalah  ini  bermanfaat  untuk  memberikan  kontribusi  kepada  mahasiswa  fakultas  STMIK Pontianak  sebagai  bekal  bahan pembelajaran.  Dan  tentunya  makalah  ini  masih  sangat  jauh  dari sempurna.  Untuk  itu  kepada  dosen  pembimbing  kami  minta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  kami  di  masa  yang  akan  datang.

                                                                             Pontianak,  21 Juni 2012
                                                                                                                   Penyusun







WAWANCARA
            Dalam wawancara ini kelompok kami menggunakan jenis pertanyaan Open-Ended dan urutan pertanyaan secara piramit. Struktur piramit ini diharapkan dapat membuat si narasumber nyaman karena urutan pertanyaan itu sendiri.

Nama : Tugianto,SpdJabatan : Guru IPA Kelas IVTanggal Wawancara : Sabtu, 23 Juni 2012Jam Wawancara : 10.00 WIBTempat : SD 03 Karimunting


1.      Selamat siang Pak ! Boleh minta waktunya sebentar ?
Jawab : Boleh…2.      Saya ingin mewawancarai Bapak untuk melengkapi tugas
Jawab : Baiklah3.      Sudah berapa lama Bapak mengajar di SD 3 Karimunting ini ?
Jawab : Ibu mengajar dari Tahun 2006 . Kurang lebih 5 Tahunan


4.       Selama mengajar apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPA? Jika ya, dalam hal apa?
Jawab:Ya, anak-anak sering mengalami kesulitan, terutama dalam hal membuat evaluasi atau menentukan kesimpulan akhir dari suatu materi yang telah dipelajari.


5.       Bagaimanakah minat murid terhadap mata pelajaran IPA jika dibanding dengan mata pelajaran lain?
Jawab:Anak-anak cukup tertarik untuk mempelajari IPA, terutama apabila banyak dilakukan praktek dan diskusi kelas. Tetapi bila terlalu banyak dalam mempelajari teori dari buku saja akan membuat anak-anak cepat bosan dan tidak memperhatikan.


6.       Media apa saja yang Bapak gunakan di kelas sebagai alat bantu dalam mengajar mata pelajaran IPA?
Jawab:Saat ini saya masih menggunakan media konvensional berupa papan tulis untuk menerangkan dan memberi catatan, juga dengan buku-buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang sedang berjalan. Saya juga menggunakan kertas transparan dan OHP untuk menerangkan, serta menggunakan alat-alat peraga.


7.       Metode pengajaran seperti apa yang Bapak gunakan?
Jawab:Selain menggunakn metode pembelajaran konvensional seperti penjelasan materi, melakukan praktek, dan latihan soal. Saya juga sering memberikan kuis tanya jawab dan diskusi kelas untuk menghidupkan suasana, dengan maksud untuk membuat anakanak agar tidak merasa bosan.


8.       Bagaimanakan minat murid jika belajar teori dibandingkan dengan belajar dengan
praktek?Jawab:Anak-anak sangat antusias sekali jika melakukan pembelajaran dengan praktek.Mereka sangat tertarik untuk melakukan percobaan dan ingin membuktikan kebenarandari teori yang telah mereka pelajari sebelumnya.


9.      Pemberian materi seperti apa yang Bapak harapkan untuk dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA?
Jawab:Saya harap metode ini dapat menjadi pendamping metode konvensional. metode ini sangat efektif dan efisien karena dapat digunakan diberbagai tempat, tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah bagi siswa yang memiliki komputer. Sehingga anak-anak dapat lebih memahami IPA dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga berharap semakin besarnya intensitas pembelajaran IPA oleh anak-anak dapat sejalan dengan prestasi belajar mereka.


10.  Menurut Bapak konsep perangkat ajar IPA seperti apa yang baik dan sesuai bagi murid kelas 4?
Jawab:Berdasarkan pengalaman yang saya peroleh selama mengajar, anak-anak tingkat 4 SD cenderung lebih suka bermain dibandingkan belajar teori. Sehingga ada baiknya perangkat ajar yang dibuat tidak hanya berfokus pada materi saja, tetapi juga diharapkan adanya simulasi terkait dengan materi, sehingga anak-anak tidak cepat merasa bosan. Juga video animasi akan membuat anak-anak lebih tertarik untuk mempelajari IPA dengan perangkat ajar.


11.  Dalam skala 1-5, menurut bapak faktor manakah yang lebih penting harus ada dalam perangkat ajar? (teks/ materi, gambar, suara, animasi, video)
Jawab:Pertama yang paling penting harus ada dalam perangkat ajar adalah teks/ materi, lalu animasi, dan sisanya memiliki faktor pengaruh yang sama. Setelah pembelajaran dengan perangkat ajar sebaiknya diberikan penjelasan lagi, karena untuk anak-anak tingkat kelas 4 masih belum terlalu mudah untuk mengerti.


12.  Bagaimanakan dengan suasana pembelajaran di kelas? Apakah mendukung untuk proses pembelajaran mata pelajaran IPA?
Jawab:Anak-anak umur kelas 4 SD cenderung masih sangat suka bermain dan bercanda sehingga suasana belajar di kelas cenderung gaduh atau berisik dan hal itu menyebabkan banyak materi yang tidak terserap dengan benar karena daya konsentrasisiswa yang berkurang.


13.  Selain menjadi Guru , Apa pekerjaan sampingan Bapak ?
Jawab : Tidak ada !
14.  Terima Kasih atas waktunya dan mohon maaf jika ada salah kata !
Jawab :Iya Sama-sama










KUISIONERDalam Kuisioner  ini kelompok kami menggunakan jenis sampel ramdom kompleks dimana dalam hal ini kami mengunakan sampel mewakili pada populasi yang kami ambil di SDN 3 Karimunting pada kelas IV. Sampel mewakili merupakan proses mengidentifikasi subpopulasi atau strata dan kemudian menyeleksi objek atau orang yang dibuat sampling di dalam subpopulasi tersebut. Dan ukuran sampel yang kami ambil itu sendiri sebanyak 30 murid yang ada di kelas IV di SDN 3 Karimunting.LEMBAR KUESIONER UNTUK MURIDHari/ Tanggal                          : …………….Nama Mata Pelajaran              : …………….Kelas                                       : …………….
1. Apakah pelajaran IPA Menjadi salah satu favorit kamu?a. Yab. Tidakc. Lumayan

2. Apakah bagi kamu Pelajaran IPA itu sulit?a. Ya
b. Tidak
c. Lumayan


3. Berapa lama waktu efektif kamu untuk belajar?a. 75 - 90 menit
b. 60 - 75 menit
c. 45 – 60 menitd. 30 – 45 menit

4. Media apa yang kamu sukai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar? (bolehpilih lebih dari satu jawaban)a.Teks dan gambarb. Animasic. Audio (suara)d. Video
5. Apakah kamu sudah pernah menggunakan perangkat ajar sebelumnya?a. Yab. Tidak

6. Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari dan memahami mata pelajaranIPA?a.Selalu
b. Kadang-kadang
c. Jarang
d. Tidak pernah

7. Apa yang menyebabkan kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari danmemahami mata pelajaran IPA?a. Sulit membayangkan proses yang terjadib. Kurangnya latihan soalc. Pembahasan materi di buku kurang lengkapd. Tidak menarik
8. Bagaimana cara kamu mempelajari mata pelajaran IPA?a. Melalui internetb. Melalui perangkat ajarc. Melalui bukud. Diajarkan seseorang (guru, teman, kursus)

9. Apakah soal latihan dapat membantu kamu dalam mempelajari mata pelajaran IPA?a. Ya
b. Tidak

10. Apakah isi materi perangkat ajar yang kamu harapkan?a. Materi yang sesuai dengan yang ada di buku pelajaranb. Materi yang sesuai dengan apa yang diterangkan oleh guruc. Materi yang memberikan gambaran secara lebih detail dalam setiap proses yangberlangsungd. Materi yang setingkat di atas kurikulum SD
11. Apakah yang kamu harapkan setelah selesai mempelajari materi gaya?a. Adanya soal latihan untuk memahami isi materi bab gayab. Terdapat kesimpulan dari seluruh bab yang telah dipelajaric. Penjelasan tentang pengertian istilah-istilah isi dari bab gayad. Melanjutkan ke sub bab berikutnya
12. Perangkat ajar seperti apakah yang kamu harapkan?a. Terdapat banyak pilihan soal-soal latihanb. Terdapat animasi cerita dan video dalam penjelasan materic. Terdapat simulasi praktikum agar dapat berinteraksi secara langsungd. Terdapat banyak penjelasan teks
Hasil kuisioner yang didapat dari jumlah sampling 30 orang dari siswa dan siswi kelas IV di SDN 3 Karimunting adalah sebagai berikut
No.
Pertanyaan
Jumlah
Total
A
B
C
D
1.
Apakah pelajaran IPA Menjadi salah satu favorit kamu?
10
14
6
-
30
2.
Apakah bagi kamu Pelajaran IPA itu sulit?




30
3.
Berapa lama waktu efektif kamu untuk belajar?




30
4.
Media apa yang kamu sukai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar? (boleh
pilih lebih dari satu jawaban)




30
5.
Apakah kamu sudah pernah menggunakan perangkat ajar sebelumnya?




30
6.
Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari dan memahami mata pelajaran
IPA?




30
7.
Apa yang menyebabkan kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari dan
memahami mata pelajaran IPA?




30
8.
Bagaimana cara kamu mempelajari mata pelajaran IPA?




30
9.
Apakah soal latihan dapat membantu kamu dalam mempelajari mata pelajaran IPA?




30
10.
Apakah isi materi perangkat ajar yang kamu harapkan?




30
11.
Apakah yang kamu harapkan setelah selesai mempelajari materi gaya?




30
12
Perangkat ajar seperti apakah yang kamu harapkan?




30

No.
Pertanyaan
Jumlah Persentase (%)
A
B
C
D
1.
Apakah pelajaran IPA Menjadi salah satu favorit kamu?
33,33
46,66
20
-
2.
Apakah bagi kamu Pelajaran IPA itu sulit?




3.
Berapa lama waktu efektif kamu untuk belajar?




4.
Media apa yang kamu sukai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar? (boleh
pilih lebih dari satu jawaban)




5.
Apakah kamu sudah pernah menggunakan perangkat ajar sebelumnya?




6.
Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari dan memahami mata pelajaran
IPA?




7.
Apa yang menyebabkan kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari dan
memahami mata pelajaran IPA?




8.
Bagaimana cara kamu mempelajari mata pelajaran IPA?




9.
Apakah soal latihan dapat membantu kamu dalam mempelajari mata pelajaran IPA?




10.
Apakah isi materi perangkat ajar yang kamu harapkan?




11.
Apakah yang kamu harapkan setelah selesai mempelajari materi gaya?




12
Perangkat ajar seperti apakah yang kamu harapkan?





Dari presentase pada tabel yang berisikan kuesioner pertanyaan dan pernyataan tentang poin-poin akan dihitung. Banyak sekali yang perlu diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini lebih banyak dibawah 50% hal ini mengartikan bahwa pada umumnya siswa dan siswi masih merasa kurang puas akan…….dilihat dari nilai persentasi yg paling rendah berdasarkan hasil dari keseluruhan koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya siswa dan siswi ……… di lihat dari persentasi yg tinggiEVALUASIDalam kuesioner ini banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan misalnya…………………………….agar apa yang menjadi visi dan misi dari SDN 3 Karimunting ini  menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik.
PENUTUPDemikianlah laporan kuesioner ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan kuesioner tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan SDN 3 Karimunting ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik. Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil kuesioner ini dan bersama-sama bisa mewujudkannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »