Kuesioner Survey Budaya Keselamatan Pasien Pada RSUD

KUESIONER SURVEY BUDAYA KESELAMATAN PASIEN
PADA RSUD

INSTRUKSI
Survey ini dilakukan untuk mengetahui persepsi anda mengenai patient safety, medical error dan pelaporan insiden di rumah sakit anda.
Isi kuesioner ini dalam waktu 15 menit.
Isilah kuesioner ini dengan jujur sesuai keadaan/suasana kerja di unit dan RS anda

”Kejadian” (Event)                                        : Semua jenis ”error”, kesalahan, insiden, kecelakaan atau
  penyimpangan baik yang menyebabkan cedera ataupun yang
  tidak menyebabkan cedera pada pasien
              
“Keselamatan Pasien” (Patient Safety)          : Menghindari dan mencegah cedera pasien atau Kejadian Tidak
  Diharapkan (KTD) pada pasien yang diakibatkan oleh proses
  pemberiaan pelayanan kesehatan.

BAGIAN A:
UNIT KERJA ANDA

Apa unit utama kerja anda di rumah sakit ini? Tandai satu jawaban dibawah ini.
a. Bedah                                            
b. Gawat Darurat                               


 
c. Rehab Medik                                                                        
d. Radiologi                                   
e. Rawat Inap                                                                                                                   
f.  Kesehatan Anak                  
g.   Maternal Perinatal 
h. ICU
i. Penyaki dalam (Non Bedah)
J. CCSD
k. Anastesi
l. Gizi
m. Sanitasi
n. farmasi
o. lain-lain

Harap diisi pernyataan-pernyataan dibawah ini sesuai pendapat anda.
Lingkari jawaban anda.    
No.
Aspek yang ditanyakan
Sangat tidak setuju
Tidak setuju
Kadang-kadang
Setuju
Sangat setuju
1
Karyawan di unit kami saling mendukung
1
2
3
4
5
2
Unit kami memiliki cukup staf untuk menangani beban kerja yang berlebih
1
2
3
4
5
3
Bila unit kami ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu cepat, maka karyawan di unit kami bekerja bersama-sama sebagai tim untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut
1
2
3
4
5
4
Petugas di unit kami saling menghargai
1
2
3
4
5
5r
Karyawan di unit kami bekerja dengan waktu yang lebih lama dari normal untuk perawatan pasien
1
2
3
4
5
  6
Unit kami secara aktif melakukan kegiatan untuk meningkatkan keselamatan pasien
1
2
3
4
5
7r
Unit kami banyak menggunakan tenaga melebihi normal/tambahan untuk kegiatan pelayanan  pasien
1
2
3
4
5
8r
Karyawan unit kami sering merasa bahwa kesalahan yang mereka lakukan digunakan untuk menyalahkan mereka
1
2
3
4
5
9
Di unit kami, kesalahan yang terjadi digunakan untuk membuat perubahan kearah yang positif
1
2
3
4
5
10r
Hanya karena kebetulan saja bila insiden yang lebih serius tidak terjadi di unit kami
1
2
3
4
5
11
Bila salah satu area di unit kami sangat sibuk, maka area lain dari unit kami akan membantu
1
2
3
4
5
12r
Bila unit kami melaporkan suatu insiden, yang  dibicarakan adalah pelakunya bukan masalahnya
1
2
3
4
5
13
Sesudah membuat perubahan-perubahan untuk meningkatkan Keselamatan Pasien, kita lakukan evaluasi tentang efektivitasnya.
1
2
3
4
5
14r
Kami bekerja seolah-olah dalam keadaan “krisis”, berusaha bertindak berlebihan dan terlalu cepat.
1
2
3
4
5
15
Unit kami tidak pernah mengorbankan keselamatan pasien untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih banyak
1
2
3
4
5
16r
Karyawan merasa khawatir kesalahan yang mereka buat akan dicatat di berkas pribadi mereka.
1
2
3
4
5
17r
Di unit kami banyak masalah keselamatan pasien
1
2
3
4
5
18
Prosedur dan system di unit kami sudah baik dalam mencegah terjadinya error
1
2
3
4
5

BAGIAN B
MANAJER/SUPERVISOR/ KEPALA  INSTALASI ANDA.
Lingkari jawaban anda.

No
Aspek yang ditanyakan
Sangat tidak setuju
Tidak setuju
Kadang-kadang
Setuju
Sangat setuju
1
Manajer/supervisor di unit kami memberi pujian jika melihat pekerjaan diselesaikan sesuai prosedur keselamatan pasien yang berlaku
1
2
3
4
5
2
Manajer/supervisor dengan serius mempertimbangkan masukan staf untuk meningkatkan keselamatan pasien
1
2
3
4
5
3r
Bila beban kerja tinggi, manajer/supervisor kami meminta kami bekerja cepat meski dengan mengambil jalan pintas
1
2
3
4
5
4r
Manajer/supervisor kami selalu mengabaikan  masalah Keselamatan Pasien yang terjadi berulang kali di unit kami
1
2
3
4
5

BAGIAN C
KOMUNIKASI.
Seberapa sering kejadian ini timbul di Unit anda.
Lingkari jawaban anda.

No
Aspek yang ditanyakan
Tidak pernah
Jarang sekali
Kadang-kadang
Sering
Selalu
1
Karyawan di unit kami mendapat umpan balik mengenai perubahan yang dilaksanakan atas dasar hasil  laporan insiden
1
2
3
4
5
2
Karyawan di unit kami bebas berbicara jika melihat sesuatu yang dapat berdampak negatif pada pelayanan pasien
1
2
3
4
5
3
Karyawan di unit kami mendapat informasi mengenai insiden yang terjadi di unit ini.
1
2
3
4
5
4
Karyawan di unit kami merasa bebas untuk mempertanyakan keputusan atau tindakan yang diambil oleh atasannya
1
2
3
4
5
5
Di unit kami, didiskusikan cara untuk mencegah agar insiden tidak terulang kembali
1
2
3
4
5
6r
Karyawan di unit kami takut bertanya jika terjadi hal yang kelihatannya tidak benar
1
2
3
4
5

BAGIAN D
FREKUENSI PELAPORAN INSIDEN.
Lingkari jawaban anda.

No
Aspek yang ditanyakan
Tidak pernah
Jarang sekali
Kadang-kadang
Sering
Selalu
1
Bila terjadi kesalahan, tetapi sempat diketahui dan dikoreksi sebelum berdampak pada pasien, seberapa sering hal ini dilaporkan?
1
2
3
4
5
2
Bila terjadi kesalahan, tetapi tidak berpotensi mencenderai pasien, seberapa sering hal ini dilaporkan?
1
2
3
4
5
3
Bila terjadi kesalahan, yang dapat mencederai pasien tetapi ternyata tidak terjadi cedera, seberapa sering hal ini dilaporkan?
1
2
3
4
5


BAGIAN E
TINGKAT KESELAMATAN PASIEN

Pilih tingkat Keselamatan pasien  pada unit anda
A. Sempurna       B. Sangat Baik    C. Bisa diterima    D. Jelek/Buruk          E. Gagal


BAGIAN F
RUMAH SAKIT ANDA.
Lingkari jawaban anda.

No
Aspek yang ditanyakan
Sangat Tidak Setuju
Tidak Setuju
Kadang-kadang
Setuju
Sangat Setuju
1
Manajemen rumah sakit membuat suasana kerja yang mendukung keselamatan pasien
1
2
3
4
5
2r
Antar Unit di RS kami tidak saling berkoordinasi dengan baik
1
2
3
4
5
3r
Bila terjadi pemindahan pasien dari unit satu ke unit lain, pasti menimbulkan masalah terkait dengan informasi pasien
1
2
3
4
5
4
Terdapat kerjasama yang baik antar unit di RS yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bersama
1
2
3
4
5
5r
Informasi penting mengenai pelayanan pasien sering hilang saat pergantian jaga (shift)

1
2
3
4
5
6r
Sering kali tidak menyenangkan bekerja dengan staf dari unit lain di RS ini
1
2
3
4
5
7r
Masalah sering timbul dalam pertukaran informasi antar unit di RS
1
2
3
4
5
8
Tindakan manajemen RS menunjukkan bahwa keselamatan pasien merupakan prioritas utama
1
2
3
4
5
9r
Manajemen RS kelihatan tertarik pada Keselamatan Pasien hanya sesudah terjadi KTD (Kejadian yang Tidak Diharapkan)
1
2
3
4
5
10
Unit-unit di RS bekerjasama dengan baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien
1
2
3
4
5
11r
Pergantian shift merupakan masalah bagi pasien-pasien di RS ini.
1
2
3
4
5



BAGIAN G
Jumlah kejadian yang dilaporkan.

Dalam 12 bulan terakhir jumlah laporan kejadian yang telah anda isi dan kirimkan :
a. Tidak ada                                                          d.  6-10 laporan
b.  1-2 laporan                                                       e.  11-20 laporan
c.   3-5 laporan                                                      f.   21 atau lebih laporan


BAGIAN H
LATAR BELAKANG
1.     Berapa lama anda bekerja di RS ini?
        a. kurang dari 1 tahun                   d.  11-15 tahun
        b. 1-5 tahun                                   e.   16-20 tahun
        c.  6-10 tahun                                f.   21 tahun atau lebih

2.     Berapa lama anda bekerja di unit ini?
        a. kurang dari 1 tahun                    d.  11-15 tahun
        b. 1-5 tahun                                    e.   16-20 tahun
        c.  6-10 tahun                                 f.   21 tahun atau lebih

 3.    Tepatnya, berapa jam dalam seminggu anda bekerja di RS ini?
        a.  kurang dari 20 jam seminggu                     
        b.  20-39 jam seminggu                                   
        c.   40 jam atau lebih seminggu 
                                
4.     Apa posisi/jabatan anda di RS ini?
a.       Dokter                                                    g. Fisioterafis                     m. Lain-lain:-------- 
b.       Perawat h. Analis laboratorium
c.        Apoteker                                               i. Sanitarian
d.       Asisten apoteker                  j. Tekhnisi                                            
e.        Ahli gizi                                  k. Radiografer
f.        Administrasi/Manajemen                  l. Satpam

5.     Dalam posisi/jabatan anda, apakah anda berhubungan langsung dengan pasien?
        a.  Ya
        b.   Tidak

6.     Berapa lama anda bekerja sesuai profesi saat ini?
        a. kurang dari 1 tahun                  d.  11-15 tahun
        b. 1-5 tahun                                  e.   16-20 tahun
        c.  6-10 tahun                               f.   21 tahun atau lebih


BAGIAN I
KOMENTAR ANDA

Tulis komentar anda mengenai keselamatan pasien, insiden, atau pelaporan insiden di RS anda:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………



ANALISA / PENILAIAN
HASIL SURVEI BUDAYA KESELAMATAN PASIEN

Seyogyanya umpan balik hasil survei di distribusi secara luas : Manajemen RS, Pemilik, Para Direktur, Komite-Komite di RS, Staf RS sampai ke unit-unit pelaksana. Semakin luas penyebaran hasil survei ini semakin bermanfaat untuk keterlibatan seluruh staf RS dalam meningkatkan budaya keselamatan.

Yang dianalisa/dinilai adalah Bagian A (Dimensi Unit Kerja Anda), Bagian B (Dimensi Manajer/Supervisor/Ka. Instalasi Anda), Bagian C (Dimensi Komunikasi), Bagian D (Dimensi Frekuensi Pelaporan Insiden), Bagian E (Dimensi Level Keselamatan Pasien), sedangkan Bagian F (Dimensi RS Anda), Bagian G, Bagian H (Latar Belakang) digunakan sebagai data dari jenis latar belakang responden sebagai bahan pertimbangan.

Dua Macam Penilaian Hasil Survei
Bahwa hasil survei budaya keselamatan bisa dilihat/dianalisa/dinilai dari dua cara pandang :
1.       Penilaian untuk tiap aspek/item dari satu Bagian/Dimensi.
2.       Penilaian untuk seluruh kelompok item/aspek dalam satu Bagian/Dimensi.

v  PENILAIAN TIAP ASPEK/ITEM :
Dihitung untuk tiap aspek/item berapa persen yang menjawab Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Kadang-Kadang, Setuju, Sangat Setuju.

Kita ambil 3 kategori :
a.       Persentase yang sangan tidak setuju/ tidak setuju
b.      Netral (kadang-kadang)
c.       Sangat setuju/setuju

Contoh :
Untuk satu item/aspek dari 100 responden 50 orang menjawab sangat setuju dan setuju, 25 orang menjawab kadang-kadang, 25 orang sangat tidak setuju/tidak setuju.


PENILAIAN TIAP ASPEK/ITEM
Text Box: Sangat setuju/ SetujuText Box: Netral
(kadang-kadang)
Text Box: Sangat tidak setuju/
tidak setuju
Aspek no. 1 dari Bagian A unit kerja anda :
 

Karyawan di unit kami saling mendukung



Artinya : Diunit yang dilakukan survei 50% mempunyai persepsi bahwa karyawan di unitnya saling mendukung




v  PENILAIAN UNTUK SATU BAGIAN (DIMENSI)
Satu bagian/dimensi terdiri dari kumpulan item/aspek menggambarkan dimensi dari Budaya Keselamatan.

Dalam satu bagian/dimensi terdapat ada 2 macam item/aspek yaitu : aspek dengan pernyataan bersifat positif dan pernyataan yang bersifat negatif.

Untuk pernyataan yang negatif jawaban responden dengan tidak setuju/sangat tidak setuju merupakan respon positif dan sebaliknya.

Cara menghitung :



Bagian B (Dimensi Manajer/Supervisor, Dan Ka Instalasi Anda)
NO
Aspek-Aspek dalam Bagian B
Respon
Positif
Respon
Negatif
Netral
Total
Respon
Keterangan
1.
Manajer, Supervisor di unit kami memberikan pujian jika melihat pekerjaan diselesaikan sesuai prosedur keselamatan pasien yang berlaku.
(Pernyataan Positif)

80
15
5
100

2.
Manajer, Supervisor dengan serius mempertimbangkan masukkan staf untuk meningkatkan Keselamatan pasien.
(Pernyataan Positif)

75
15
10
100

3.
Bila beban kerja tinggi, manajer/supervisor kami meminta bekerja cepat meski dengan mengambil jalan pintas.
(Pernyataan Negatif)

90
5
5
100

4.
Manajer, supervisor kami selalu mengabaikan masalah Keselamatan Pasien yang terjadi berulang kali di unit kami.
(Pernyataan Negatif)

70
20
10
100



325


400

Hasil analisa penilaian Bagian B (Dimensi Manajer, Supervisor, dan Ka. Instalasi anda) :  = 81.25 %

Makna penilaian :
a.       Angka diatas 75% menunjukkan budaya safety yang kuat dan perlu dipertahankan.
b.      Angka dibawah 50% memerlukan perbaikan sistem untuk bidang tersebut/aspek yang dinilai.



Dimensi dan Kehandalan Budaya Keselamatan

I. VARIABEL LATAR BELAKANG

A.   Apa unit utama kerja anda di rumah sakit ini?
H1. Berapa lama anda bekerja di RS ini?
H2. Berapa lama anda bekerja di unit ini?
H3. Tepatnya, berapa jam dalam seminggu anda bekerja di RS ini?
H4. Apa posisi/jabatan anda di RS ini?
H5  Dalam posisi/jabatan anda, apakah anda berhubungan langsung dengan pasien?
H6. Berapa lama anda bekerja sesuai profesi saat ini?

II. UKURAN HASIL (OUTCOME)
A. Frekuensi Laporan Kejadian

D1. Bila terjadi kesalahan, tetapi sempat diketahui dan dikoreksi sebelum berdampak pada pasien, seberapa sering hal ini dilaporkan?
D2. Bila terjadi kesalahan, tetapi tidak berpotensi mencenderai pasien, seberapa sering hal ini dilaporkan?
D3. Bila terjadi kesalahan, yang dapat mencederai pasien tetapi ternyata tidak terjadi cedera, seberapa sering hal ini dilaporkan?

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 84%

B. Persepsi Keselamatan Secara Umum
A15. Unit kami tidak pernah mengorbankan keselamatan pasien untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih banyak
A18. Prosedur dan system di unit kami sudah baik dalam mencegah terjadinya error.
A10r. Hanya karena kebetulan saja bila insiden yang lebih serius tidak terjadi di unit kami. (reverse worded)
A17r. Di unit kami banyak masalah keselamatan pasien. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (4 item) = 74%

C. Tingkat Keselamatan Pasien
E. Pilih tingkat Keselamatan pasien  pada unit anda?

Ukuran Tunggal : Tingkat A sampai E

D. Jumlah Kejadian Yang Dilaporkan
G. Dalam 12 bulan terakhir jumlah laporan kejadian yang telah anda isi dan kirimkan?

Ukuran Tunggal

III.DIMENSI BUDAYA KESELAMATAN
TINGKAT UNIT

A. Ekpektasi dan Kegiatan Supervisor/Manager yang mendukung Keselamatan

B1. Manajer/supervisor di unit kami memberi pujian jika melihat pekerjaan diselesaikan sesuai prosedur keselamatan pasien yang berlaku.
B2. Manajer/supervisor dengan serius mempertimbangkan masukan staf untuk meningkatkan keselamatan pasien.
B3r. Bila beban kerja tinggi, manajer/supervisor kami meminta kami bekerja cepat meski dengan mengambil jalan pintas. (reverse worded)
B4r. Manajer/supervisor kami selalu mengabaikan  masalah Keselamatan Pasien yang terjadi berulang kali di unit kami. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (4 item)  = 75%

B. Pembelajaran Organisasi – Perbaikan Terus Menerus

A6. Unit kami secara aktif melakukan kegiatan untuk meningkatkan keselamatan pasien.
A9. Di unit kami, kesalahan yang terjadi digunakan untuk membuat perubahan kearah yang positif.
A13. Sesudah membuat perubahan-perubahan untuk meningkatkan Keselamatan Pasien, kita lakukan evaluasi tentang efektivitasnya.

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 76%

C. Teamwork Dalam Unit RS

A1. Karyawan di unit kami saling mendukung.
A3. Bila unit kami ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu cepat, maka karyawan di unit kami bekerja bersama-sama sebagai tim untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
A4. Petugas di unit kami saling menghargai.
A11. Bila salah satu area di unit kami sangat sibuk, maka area lain dari unit kami akan membantu.

Kehandalan dari dimensi ini (4 item) = 83%

D. Keterbukaan Komunikasi

C2. Karyawan di unit kami bebas berbicara jika melihat sesuatu yang dapat berdampak negatif pada pelayanan pasien.
C4. Karyawan di unit kami merasa bebas untuk mempertanyakan keputusan atau tindakan yang diambil oleh atasannya.
C6r. Karyawan di unit kami takut bertanya jika terjadi hal yang kelihatannya tidak benar. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 72%

E. Umpan Balik dan Komunikasi Tentang Error
C1. Karyawan di unit kami mendapat umpan balik mengenai perubahan yang dilaksanakan atas dasar hasil  laporan insiden.
C3. Karyawan di unit kami mendapat informasi mengenai insiden yang terjadi di unit ini..
C5. Di unit kami, didiskusikan cara untuk mencegah agar insiden tidak terulang kembali.

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 78%

F. Respon Tidak Menghukum Terhadap Terjadinya Error

A8r. Karyawan unit kami sering merasa bahwa kesalahan yang mereka lakukan digunakan untuk menyalahkan mereka. (reverse worded)
A12r. Bila unit kami melaporkan suatu insiden, yang  dibicarakan adalah pelakunya bukan masalahnya. (reverse worded)
A16r. Karyawan merasa khawatir kesalahan yang mereka buat akan dicatat di berkas pribadi mereka. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 79%

G. Staffing

A2. Unit kami memiliki cukup staf untuk menangani beban kerja yang berlebih.
A5r. Karyawan di unit kami bekerja dengan waktu yang lebih lama dari normal untuk perawatan pasien. (reverse worded)
A7r. Unit kami banyak menggunakan tenaga melebihi normal/tambahan untuk kegiatan pelayanan  pasien. (reverse worded)
A14r. Kami bekerja seolah-olah dalam keadaan “krisis”, berusaha bertindak berlebihan dan terlalu cepat. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (4 item) = 63%

H. Dukungan Manajemen RS Terhadap Keselamatan Pasien
F1. Manajemen rumah sakit membuat suasana kerja yang mendukung keselamatan pasien.
F8. Tindakan manajemen RS menunjukkan bahwa keselamatan pasien merupakan prioritas utama.
F9r. Manajemen RS kelihatan tertarik pada Keselamatan Pasien hanya sesudah terjadi KTD (Kejadian yang Tidak Diharapkan). (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 83%



IV. DIMENSI BUDAYA KESELAMATAN
TINGKAT RUMAH SAKIT

A. Teamwork Antar Unit di RS

F4. Terdapat kerjasama yang baik antar unit di RS yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bersama.
F10. Unit-unit di RS bekerjasama dengan baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien.
F2r. Antar Unit di RS kami tidak saling berkoordinasi dengan baik. (reverse worded)
F6r. Sering kali tidak menyenangkan bekerja dengan staf dari unit lain di RS ini. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (3 item) = 80%

B. Handoffs dan Pergantian di RS

F3r. Bila terjadi pemindahan pasien dari unit satu ke unit lain, pasti menimbulkan masalah terkait dengan informasi pasien. (reverse worded)
F5r. Informasi penting mengenai pelayanan pasien sering hilang saat pergantian jaga (shift). (reverse worded)
F7r. Masalah sering timbul dalam pertukaran informasi antar unit di RS. (reverse worded)
F11r. Pergantian shift merupakan masalah bagi pasien-pasien di RS ini. (reverse worded)

Kehandalan dari dimensi ini (4 item) = 80%

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »