Mengapa kita memerlukan melakukan
validasi pada saat melakukan masukan data?
Jawab : Untuk
mencegah kesalahan input data, kita dapat melakukan validasi data pada saat
user melakukan entry data ke dalam database. Validasi data adalah proses
pengecekan data yang dientry oleh user apakah memenuhi persyaratan yang kita
inginkan atau tidak, jika ya maka data akan disimpan dalam tabel tetapi jika
tidak aplikasi memberitahu user mengenai kesalahan input data tersebut. jika
tidak divalidasi, maka program akan menjadi seolah-olah salah (error),
mengeluarkan pesan kesalahan, karena program tidak dapat melakukan pemrosesan
terhadap data yang dimasukkan, yang tidak sesuai dengan yang diinginkan atau
dapat diproses oleh program tersebut.
Sebutkan dan jelaskan tipe2 dari user
interface?
Jawab :
User Interface
adalah suatu alat yang disediakan oleh sistem operasi (OS) sebagai sarana
untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi (OS), yang mana pengguna (user)memberikan perintah kepada sistem operasi (OS) untuk kemudian di terima, diproses dan di tampilkan oleh sistem operasi (OS).
untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi (OS), yang mana pengguna (user)memberikan perintah kepada sistem operasi (OS) untuk kemudian di terima, diproses dan di tampilkan oleh sistem operasi (OS).
tipe2 dari
user interface yaitu :
- Command Line Interface (CLI)
text-terminal sebagai alat untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi (OS).
- Graphical User Interface (GUI)
gambar grafik, icon, menu, dan perangkat menunjuk (pointing device) seperti mouse
atau track ball sebagai alat untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi.
Mengapa dlm
merancang dialog(design dialog) harus memiliki meaningful communication?
Jawab :
meaningful communication adalah seni dan teknik
menggunakan kata-kata secara efektif
untuk menyampaikan informasi atau ide. itu adalah pertukaran
pikiran, pesan atau
informasi lain dengan pidato,
sinyal, menulis, atau
perilaku.
desain
dialog adalah
membagi sistem menjadi beberapa bagian
Sebutkan dan jelaskan 3 contoh dari
feedback user?
Jawab :
Feedback
user adalah umpan balik dari user yang tujuannya mengetahui
apakah data yang terretrieve menurut user sesuai atau relevan dengan query yang
dimaksudkan.
3 contoh
dari feedback user diantaranya
:
- User judgement (explicit relevance feedback) Explicit relevance feedback diperoleh dari penilai relevan dari relevansi suatu dokumen yang diambil dengan query tertentu. Penilai relevan yang dimaksud adalah penilaian yang ditafsirkan sendiri oleh user atau pengguna. Penilai relevan ini dapat menggunakan biner atau system relevansi bergradasi.
- User behavior (implicit relevance feedback )Implicit relevance feedback disimpulkan melalui perilaku pengguna, seperti mencatat dokumen-dokumen yang mereka lakukan dan dokumen yang tidak dipilih untuk dilihat, durasi waktu yang digunakan untuk melihat dokumen, atau browsing atau scrolling halaman.
- Top K retrieved (blind/pseudo relevance feedback) Blind/pseudo relevance feedback tidak melibatkan user dalam perolehan keputusannya. Awal ide blind/pseudo relevance feedback adalah mengambil n dokumen teratas dan secara sederhana mengasumsikan dokumen tersebut relevan. Jika pengambilan n dokumen teratas dengan alasan yang cukup maka system akan mengambil query terms yang baik pula. Namun bila inisialisasi pengambil n dokumen tidak bagus akan terjadi pengambilan query atau terms yang buruk.
Apa tujuan kita melakukan coding?
Jawab :
Coding adalah
proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode
yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa
pemrograman. Tujuan tujuan kita melakukan coding adalah
untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau
'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram.
Sebutkan dan jelaskan salah satu dari
metode pemasukkan data yang kalian paling anggap efisien?
Jawab :
Terdapat
tiga cara atau metode pemasukan data diantaranya :
Metode Pemasukan Kelompok,
Metode pemasu,kan Sumber Data dan Metode Pemasukan Tungal (On-Line)menurut saya pemasukkan data yg paling efisien
adalah :
Metode Pemasukan Tungal (On-Line)
Pada sistem on-line, data diolah seccara langsungn oleh CPU. Dengan begitu, apabila pemakai ingin memasukan atau akses data, permintaan akan terpenuhi dalam waktu beberapa detik. Tidak seperti pada sistem pengolahan kelompok, pada siistem on-line setiap permintaan diproses secara individual. Tidak perlu menungu sampai permintaan menjadi satu kelompok baru kemudian diproses.
Pemasukan on-line berbalikan dengan pemasukan batch, adalah diperoses langsung oleh komputer, tanpa disimpan secara sementara pada media penyimpanan. Pemasukan atau pembaruan (updating) tiap satu data, yang sering disebut sebagai satu transaksi, ditangani padda saat kejadian tanpa menungu kejadian-kejadian yang sama lainnya.
Metode Pemasukan Tungal (On-Line)
Pada sistem on-line, data diolah seccara langsungn oleh CPU. Dengan begitu, apabila pemakai ingin memasukan atau akses data, permintaan akan terpenuhi dalam waktu beberapa detik. Tidak seperti pada sistem pengolahan kelompok, pada siistem on-line setiap permintaan diproses secara individual. Tidak perlu menungu sampai permintaan menjadi satu kelompok baru kemudian diproses.
Pemasukan on-line berbalikan dengan pemasukan batch, adalah diperoses langsung oleh komputer, tanpa disimpan secara sementara pada media penyimpanan. Pemasukan atau pembaruan (updating) tiap satu data, yang sering disebut sebagai satu transaksi, ditangani padda saat kejadian tanpa menungu kejadian-kejadian yang sama lainnya.
Sebutkan kategori2 dlm menggumpulkan
informasi dengan metode folklore?
Jawab :
Metode
Folklore
Mengumpulkan
informasi dalam kategori:
- Bea Cukai
- Tales
- ungkapam
- Bentuk kesenian
Apa saja yang harus kita lakukan pada
saat akan melakukan implementasi?
Jawab :
Menerapkan
rencana implementasi
Rencana Implementasi dimaksudkan terutama untuk mengatur biaya dan waktu yang dibutuhkan selama implementasi
Rencana Implementasi dimaksudkan terutama untuk mengatur biaya dan waktu yang dibutuhkan selama implementasi
Bagaimanakah
kelengkapan infrastruktur yang sudah ada seperti:
seluruh jaringan, sistem kantor yang dipakai, sistem komunikasi, dan sistem penunjang
seluruh jaringan, sistem kantor yang dipakai, sistem komunikasi, dan sistem penunjang
Seberapa besar budget untuk infrastruktur
mencatak semua biaya untuk kebutuhan infrastruktur tersebut
mencatak semua biaya untuk kebutuhan infrastruktur tersebut
Apa
infrastruktur yang harus disiapkan
mencatat semua kebutuhan yang harus didapatkan/ dibeli
mencatat semua kebutuhan yang harus didapatkan/ dibeli
Melakukan
kegiatan implementasi
- Pemilihan dan pelatihan personil
- Pemilihan tempat dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak
- Pemrograman dan pengetesan program
- Pengetesan sistem
- Konversi system
- Pemilihan dan pelatihan personil
- Pemilihan tempat dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak
- Pemrograman dan pengetesan program
- Pengetesan sistem
- Konversi system
Tindak
lanjut implementasi
Analis sistem masih perlu melakukan tindak lanjut berikutnya seteleh sistem baru diimplementasikan. Analis sistem masih perlu melakukan pengetesan penerimaan system
Analis sistem masih perlu melakukan tindak lanjut berikutnya seteleh sistem baru diimplementasikan. Analis sistem masih perlu melakukan pengetesan penerimaan system
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam
melakukan “training” pd saat dilakukan implementasi?
Jawab :
Training
adalah suatu kegiatan proses belajar mengajar dalam waktu yang relative singkat
dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari
peserta yang dilatihnya.
Hal
diperhatikan dalam melakukan “training” pd saat dilakukan implementasi adalah :
- Penilaian Kebutuhan. Penilaian kebutuhan adalah suatu diagnosa untuk menemukan masalah yang dihadapi saat ini dan tantangan di masa mendatang yang harus dapat dipenuhi oleh program pelatihan dan pengembangan.
- Tujuan Pelatihan dan Pengembangan. Tujuan pelatihan dan pengembangan harus dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan serta dapat membentuk tingkah laku yang diinginkan /diharapkan serta kondisi-kondisi bagaimana hal tersebut dapat dicapai.
- Materi Program. Materi disusun dari perkiraan kebutuhan dan tujuan pelatihan. Kebutuhan disini mungkin dalam bentuk pengajaran keahlian khusus, menyajikan pengatahuan yang diperlukan, atau berusaha untuk mempengaruhi sikap. Apapun materinya, program harus dapat memenuhi kebutuhan organisasi dan peserta pelatihan.
- Prinsip Pembelajaran. Prinsip ini merupakan suatu pedoman dimana proses belajar akan berjalan lebih efektif. Semakin banyak prinsip ini direfleksikan dalam pelatihan, semakin efektif pelatihan tersebut.
Sebutkan beberapa pertimbangan dalam
meningkatkan keamanan dalam e-commerce?
Jawab : E-Commerce
(Electronic Commerce) adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses
bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang
dilakukan secara elektronik.
Sedikitnya
ada lima standar keamanan yang harus ada pada penyelenggaraan e-commerce demi
kenyamanan berbisnis e-commerce yang dibutuhkan baik oleh konsumen maupun
perusahaan, yaitu:
- Privacy adalah kemampuan untuk mengontrol siapa yang dapat atau tidak membuka informasi dan dalam kondisi apa hal itu bisa dilakukan.
- Authenticity adalah kemampuan untuk mengetahui identitas pihak-pihak yang sedang melakukan komunikasi pada jaringan e-commerce tersebut. Dalam hal ini Certification Authority (CA) merupakan suatu hal yang kiranya sangat penting untuk diperhatikan.
- Integrity adalah jaminan bahwa informasi yang disimpan atau yang ditransmisikan tidak akan tercecer.
- Availability adalah kemampuan untuk mengetahui kapan pelayanan informasi dan komunikasi dapat atau tidak tersedia; dan
- Blocking adalah kemampuan untuk memblokir penyusup atau informasi yang tidak dikehendaki.