Kisi - kisi APSI Lanjutan



Mengapa kita memerlukan melakukan validasi pada saat melakukan masukan data?
Jawab : Untuk mencegah kesalahan input data, kita dapat melakukan validasi data pada saat user melakukan entry data ke dalam database. Validasi data adalah proses pengecekan data yang dientry oleh user apakah memenuhi persyaratan yang kita inginkan atau tidak, jika ya maka data akan disimpan dalam tabel tetapi jika tidak aplikasi memberitahu user mengenai kesalahan input data tersebut. jika tidak divalidasi, maka program akan menjadi seolah-olah salah (error), mengeluarkan pesan kesalahan, karena program tidak dapat melakukan pemrosesan terhadap data yang dimasukkan, yang tidak sesuai dengan yang diinginkan atau dapat diproses oleh program tersebut.

Sebutkan dan jelaskan tipe2 dari user interface?
Jawab :
User Interface adalah suatu alat yang disediakan oleh sistem operasi (OS) sebagai sarana
untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi (OS), yang mana pengguna (user)memberikan perintah kepada sistem operasi (OS) untuk kemudian di terima, diproses dan di tampilkan oleh sistem operasi (OS).
tipe2 dari user interface yaitu :
  • Command Line Interface (CLI)
Command Line Interface (CLI) adalah jenis antarmuka (interface) yang menggunakan
text-terminal sebagai alat untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi (OS).
  • Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Interface (GUI) adalah jenis antarmuka (interface) yang menggunakan
gambar grafik, icon, menu, dan perangkat menunjuk (pointing device) seperti mouse
atau track ball sebagai alat untuk berinteraksi antara pengguna (user) dengan sistem operasi.  

Mengapa dlm merancang dialog(design dialog) harus memiliki meaningful communication?
Jawab : meaningful communication  adalah seni dan teknik menggunakan kata-kata secara efektif untuk menyampaikan informasi atau ide. itu adalah pertukaran pikiran, pesan atau informasi lain dengan pidato, sinyal, menulis, atau perilaku.
desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian

Sebutkan dan jelaskan 3 contoh dari feedback user?
Jawab :
Feedback user adalah umpan balik dari user yang tujuannya mengetahui apakah data yang terretrieve menurut user sesuai atau relevan dengan query yang dimaksudkan.
3 contoh dari feedback user diantaranya :
  • User judgement (explicit relevance feedback) Explicit relevance feedback diperoleh dari penilai relevan dari relevansi suatu dokumen yang diambil dengan query tertentu. Penilai relevan yang dimaksud adalah penilaian yang ditafsirkan sendiri oleh user atau pengguna. Penilai relevan ini dapat menggunakan biner atau system relevansi bergradasi.
  •  User behavior (implicit relevance feedback )Implicit relevance feedback disimpulkan melalui perilaku pengguna, seperti mencatat dokumen-dokumen yang mereka lakukan dan dokumen yang tidak dipilih untuk dilihat, durasi waktu yang digunakan untuk melihat dokumen, atau browsing atau scrolling halaman.
  •  Top K retrieved (blind/pseudo relevance feedback) Blind/pseudo relevance feedback tidak melibatkan user dalam perolehan keputusannya. Awal ide blind/pseudo relevance feedback adalah mengambil n dokumen teratas dan secara sederhana mengasumsikan dokumen tersebut relevan. Jika pengambilan n dokumen teratas dengan alasan yang cukup maka system akan mengambil query terms yang baik pula. Namun bila inisialisasi pengambil n dokumen tidak bagus akan terjadi pengambilan query atau terms yang buruk. 
Apa tujuan kita melakukan coding?
Jawab :
Coding adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan tujuan kita melakukan coding adalah untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram.

Sebutkan dan jelaskan salah satu dari metode pemasukkan data yang kalian paling anggap efisien?
Jawab :
Terdapat tiga cara atau metode pemasukan data diantaranya :
Metode Pemasukan Kelompok, Metode pemasu,kan Sumber Data dan Metode Pemasukan Tungal (On-Line)menurut saya pemasukkan data yg paling efisien adalah :
Metode Pemasukan Tungal (On-Line)
Pada sistem on-line, data diolah seccara langsungn oleh CPU. Dengan begitu, apabila pemakai ingin memasukan atau akses data, permintaan akan terpenuhi dalam waktu beberapa detik. Tidak seperti pada sistem pengolahan kelompok, pada siistem on-line setiap permintaan diproses secara individual. Tidak perlu menungu sampai permintaan menjadi satu kelompok baru kemudian diproses.
Pemasukan on-line berbalikan dengan pemasukan batch, adalah diperoses langsung oleh komputer, tanpa disimpan secara sementara pada media penyimpanan. Pemasukan atau pembaruan (updating) tiap satu data, yang sering disebut sebagai satu transaksi, ditangani padda saat kejadian tanpa menungu kejadian-kejadian yang sama lainnya.
Sebutkan kategori2 dlm menggumpulkan informasi dengan metode folklore?
Jawab :
Metode Folklore
Mengumpulkan informasi dalam kategori:
  • Bea Cukai
  • Tales
  • ungkapam
  • Bentuk kesenian
Apa saja yang harus kita lakukan pada saat akan melakukan implementasi?
Jawab :
Menerapkan rencana implementasi
Rencana Implementasi dimaksudkan terutama untuk mengatur biaya dan waktu yang dibutuhkan selama implementasi
Bagaimanakah kelengkapan infrastruktur yang sudah ada seperti:
seluruh jaringan, sistem kantor yang dipakai, sistem komunikasi, dan sistem penunjang
Seberapa besar budget untuk infrastruktur
mencatak semua biaya untuk kebutuhan infrastruktur tersebut
Apa infrastruktur yang harus disiapkan
mencatat semua kebutuhan yang harus didapatkan/ dibeli
Melakukan kegiatan implementasi
- Pemilihan dan pelatihan personil
- Pemilihan tempat dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak
- Pemrograman dan pengetesan program
- Pengetesan sistem
- Konversi system
Tindak lanjut implementasi
Analis sistem masih perlu melakukan tindak lanjut berikutnya seteleh sistem baru diimplementasikan. Analis sistem masih perlu melakukan pengetesan penerimaan system

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan “training” pd saat dilakukan implementasi?
Jawab :
Training adalah suatu kegiatan proses belajar mengajar dalam waktu yang relative singkat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari peserta yang dilatihnya.
Hal diperhatikan dalam melakukan “training” pd saat dilakukan implementasi adalah :
  •  Penilaian Kebutuhan. Penilaian kebutuhan adalah suatu diagnosa untuk menemukan masalah yang dihadapi saat ini dan tantangan di masa mendatang yang harus dapat dipenuhi oleh program pelatihan dan pengembangan.
  • Tujuan Pelatihan dan Pengembangan. Tujuan pelatihan dan pengembangan harus dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan serta dapat membentuk tingkah laku yang diinginkan /diharapkan serta kondisi-kondisi bagaimana hal tersebut dapat dicapai.
  • Materi Program. Materi disusun dari perkiraan kebutuhan dan tujuan pelatihan. Kebutuhan disini mungkin dalam bentuk pengajaran keahlian khusus, menyajikan pengatahuan yang diperlukan, atau berusaha untuk mempengaruhi sikap. Apapun materinya, program harus dapat memenuhi kebutuhan organisasi dan peserta pelatihan.
  • Prinsip Pembelajaran. Prinsip ini merupakan suatu pedoman dimana proses belajar akan berjalan lebih efektif. Semakin banyak prinsip ini direfleksikan dalam pelatihan, semakin efektif pelatihan tersebut.
Sebutkan beberapa pertimbangan dalam meningkatkan keamanan dalam e-commerce?
Jawab : E-Commerce (Electronic Commerce) adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Sedikitnya ada lima standar keamanan yang harus ada pada penyelenggaraan e-commerce demi kenyamanan berbisnis e-commerce yang dibutuhkan baik oleh konsumen maupun perusahaan, yaitu:
  • Privacy adalah kemampuan untuk mengontrol siapa yang dapat atau tidak membuka informasi dan dalam kondisi apa hal itu bisa dilakukan.
  • Authenticity adalah kemampuan untuk mengetahui identitas pihak-pihak yang sedang melakukan komunikasi pada jaringan e-commerce tersebut. Dalam hal ini Certification Authority (CA) merupakan suatu hal yang kiranya sangat penting untuk diperhatikan.
  • Integrity adalah jaminan bahwa informasi yang disimpan atau yang ditransmisikan tidak akan tercecer.
  • Availability adalah kemampuan untuk mengetahui kapan pelayanan informasi dan komunikasi dapat atau tidak tersedia; dan
  • Blocking adalah kemampuan untuk memblokir penyusup atau informasi yang tidak dikehendaki.

hidup adalah perjuangan...Berhenti mencari Cinta yg sempurna, krn ia pasti datang ketika kamu siap. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Dan Orang yg Bahagia itu bukan memiliki segalanya tetapi belajar mensyukuri apa yang sudah dimilikinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »