Hasil Wawancara Guru Analisis Minat Siswa Terhadap Pelajaran Ips Terpadu

HASIL WAWANCARA GURU IPS TERPADU KELAS VIIc SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG

Narasumber                 : Dwi Sapariyanti, S.E
Tempat                        : SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan
1.      Sebelum proses pembelajaran, persiapan apa yang biasanya Ibu lakukan?
“Sebelum proses pembelajaran dilakukan, saya terlebih dahulu menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dari awal semester, yang mana sebelum mengajar saya mengecek lagi RPP tersebut, dan kemudian menyesuaikan materi yang akan diajarkan berdasarkan pada jadwal yang telah diatur baik di RPP maupun silabus, setelah itu baru saya menyiapkan sumber belajarnya seperti buku maupun sumber belajar yang mendukung”
2.      Apakah siswa kelas VIIc melaksanakan pelajaran dengan baik?
“siswa kelas VIIc ini mengikuti pelajaran dengan baik, karena mereka cukup aktif dan juga mudah untuk mengontrol mereka, jika saya menjelaskan, memberikan tugas atau membuat kelompok mereka cepat melaksanakannya”
3.      Bagaimanakah cara mengajar yang biasa Ibu terapkan di kelas VIIc?
“cara mengajar yang biasa saya terapkan adalah dengan menjelaskan, terkadang juga membuat kerja kelompok siswa untuk mereka bahas bersama kemudian  mempresentasikannya, memberikan tugas sekolah, PR”
4.      Apakah dengan metode yang Ibu terapkan, Ibu rasa dapat membangkitkan minat siswa?
“untuk saat ini saya rasa cukup efektif, karena siswa juga saya lihat mengikuti pelajaran yang saya berikan dengan baik, mereka cukup aktif jika saya bertanya dan menyuruh siswa menjelaskan mereka cukup berusaha untuk menjelaskan, walaupun tidak begitu sempurna penjelasannya”
5.      Apakah siswa aktif dalam bertanya dan menyampaikan pendapat?
“Bisa dibilang aktif, siswa terkadang bertanya jika saya berikan kesempatan bertanya, dan untuk menyampaikan pendapat siswa juga ada beberapa yang berani, tetapi jika menjawab bersama-sama mereka hampir aktif semua, karna tidak semua siswa memiliki keberanian dan kemauan dalam mengajukan pertanyaan dan berpendapat”
6.      Menurut Ibu bagaimakah minat siswa-siswi kelas VIIc terhadap pembelajaran IPS terpadu?
“minat siswa kelas VIIc dalam pelajaran IPS ini saya rasa tergolong baik, walau pun tidak semua siswa terlihat berminat atau antusias dalam mengikuti pelajaran, tetapi bisa dibilang mayoritas siswa mengikuti pelajaran saya dengan baik”
7.      Bagaimana cara yang biasa Ibu lakukan dalam membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPS terpadu?
“Biasanya saya mengaitkan materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar sini, lingkungan sekitar siswa itu sendiri dan juga dengan hal-hal yang biasa mereka dengar dan mungkin mereka rasakan, agar mereka dapat mengaitkan materi yang mereka pelajari dengan yang mereka ketahui”


8.      Apakah cara tersebut Ibu anggap cukup efektif untuk membangkitkan minat siswa?
“Saya rasa iya, siswa cepat merespon yang saya jelaskan jika saya melakukan hal tersebut, mungkin karena mereka merasa dekat, juga mengetahui hal itu sehingga mereka cepat menangkap dan meresponnya”
9.      Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran IPS terpadu?
“hasil ulangan mereka memang masih kurang memuaskan, karna masih banyak nilai yang di bawah KKM yang di tetapkan, tetapi saya mengatasinya dengan memberikan mereka remedial untuk menambah nilai mereka agar mencapai KKM. Untuk nilai tugas di sekolah maupun PR di rumah nilainya cukup bagus, nilai ini juga yang membatu nilai akhir siswa, karna kita tahu kalau kemampuan siswa itu kan berbeda-beda, ada yang cepat belajarnya dan ada juga yang sedikit lambat”
10.  Kendala seperti apa yang biasa ibu hadapi dalam proses pembelajaran IPS terpadu di kelas VIIc?
“Kendala yang biasanya saya hadapi ketika mengajar biasa yaitu seperti kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menangkap serta memahami pelajaran sehingga harus cukup sabar ketika menjelaskan materi, seperti saya harus mengulang-ulang materi yang dijelaskan serta media pembelajaran yang saya rasa masih harus di tambah lagi”

Share this

Related Posts

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer