Sistem
akuntasi adl: metode dan prosedur utk mengumpulka,mengelompokkan, merangkum dan
melaporkan informasi keuangan perusahaan
3 tahap
sistem akutansi:
1)analisis
kebutuhan informasi
2)rancangan
sistem
3)penerapan rancangan sistem.
Keuntungan
utama sistem akutansi:
- pencatatan dan posting transaksi secara bersama
- tingkat keakuratan yang tinggi, dan
- pelaporan yg tepat waktu.
Kekurangan sistem
akutansi:
adanya
kesalahan akibat gagalnya mencatat transaksi atau mencatat satu transaksi lebih
dari satu kali akan mengakibatkan kesalahan pada perhitungan elektronik
Kelebihan
sistem akutansi manual : meminimalisasi kecurangan. Kekurangan; sangan memakan
biaya dan sangan memakan waktu.
Pengendalian
internal;kebijakan dan prosedur yg melindungi aset dr penyalahgunaan,
memastikan keakuratan informasi bisnis, serta memastikan hukum dan peraturan yg
berlaku telah di ikuti.
Sistem akutansi
manual :menyederhanakan proses mpencatatan dan perangkuman transaksi.
Sistem akutansi
komputerisasi : menyederhanakan proses pencatatan transaksi dalam bentuk
elektronik.