BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG PT GONDOWANGI
TRADISIONAL KOSMETIKA
a. Gambaran Umum Perusahaan
PT
Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi
berbagai produk-produk perawatan dan kesehatan tubuh. Di dukung oleh tenaga
ahli berpengalaman, mesin-mesin yang yang modern dan berkapsitas besar, quality
control yang ketat serta gudang-gudang penyimpanan yang tertata baik dan
hiegines. PT Gondowangi Tradisional Kosmetika dapat di percaya sebagai mitra
bisnis anda untuk memproduksi produk-produk berkualitas sesuai keinginan anda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa produk-produk shampo yang beredar di pasar menggunakan bahan dasar deterjen minyak bumi, pewarna dan pewarna buatan , serta bahan kimia lainnya.
Hasil penelitian membuktikan bahwa produk-produk shampo yang beredar di pasar menggunakan bahan dasar deterjen minyak bumi, pewarna dan pewarna buatan , serta bahan kimia lainnya.
Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, kasar, bercabang, patah-patah, kusam, penipisan rambut, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala.
Penggunaan bahan-bahan alami (konsep kembali ke alam) di sarankan oleh pakar-pakar rambut internasional. Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian pakar rambut dari jepang, Toshiko Wakayama dalam bukunya "Bagaimana mencegah kerontokan & kebotakan" " Yang membahas salah satu masalah rambut yaitu kerontokan, ternyata 97% penyebab kerontokan bukan karena stress atau penyakit tetapi karena pemakaian shampo berbahan deterjen minyak bumi.
Terinspirasi hal tersebut, sejak 1980, Mr. Liem Soedarno bekerja keras untuk menemukan formula terbaik shampo dengan menggunakan bahan-bahan aktif yang alami.
Beliau memperkenalkan produk-produk NATUR sebagai produk-produk yang berbasiskan bahan-bahan alami tanpa penggunan deterjen minyak bumi, pewarna buatan, pewangi buatan, dan bahan-bahan kimia lainnya. Sebagai contoh pencuci rambut NATUR, mengunakan minyak kelapa sawit menggantikan deterjen minyak bumi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan untuk memberikan nutrisi-nutrisi kepada rambut.
Formula yang di dasarkan pada bahan alami teruji dan terbukti efektif membuat rambut menjadi bersih dan sehat secara alami.
Terbuat dari bahan alami, sebuah inovasi mutakhir yag terbukti melalui penghargaan ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award). NATUR memberikan solusi terbaik dalam merawat rambut anda.(nazar)
Fasilitas Produksi
Mesin Mesin Produksi
PT Gondowangi tradisional kosmetika, di lengkapi dengan mesin-mesin produksi yang modern dan higienis dengan bahan standar material stainless steel tipe 316. Mesin mesin ini mampu memproduksi berbagai jenis produk baik berbentuk cair, padat maupun gel dengan mutu yang terjaga dengan baik. Mesin-mesin yang di miliki mampu memproduksi hingga 15 ton per harinya.
Proses Produksi
Proses produksi kami telah memenuhi syarat cara pembuatan kosmetika dan cara pembuatan obat herbat yang baik yang di keluarkan oleh BPOM RI. Dengan sistem Close In Process (CIP) menjamin kualitas produk yang di hasilkan tidak akan terkontaminasi dengan proses lainnya.
Pengisian dan Pengemasan
Poses pengisian ke dalam botol (filling) menggunakan sistem rel yang bekerja otomatis sehingga pengisian menjadi lebih cepat dan akurat. Pengemasan dilakukan secara hiegienis, menghasilkan produk yang bersih dan aman dari kontaminasi Dengan tenaga kerja yang terlatih proses pengemasan dapat di lakukan secara cepat dengan kebersihan yang terjaga.
Kualitas dan Sertifikasi
Kontrol Kualitas
Perusahaan kami memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas produk. Fasilitas laboratorium yang di operasikan oleh tenaga-tenaga ahli kami dan kontrol mutu secara berkala menjadikan mutu produk-produk yang di hasilkan baik dan terjaga.
Sertifikasi
Perusahaan kami telah mengantongi sertifikasi yang di keluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebuah bukti komitmen kami pada standar kesehatan produk.
Halal
Mengingat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, kami juga menjaga kehalalan produk yang kami buat, di tandai dengan di terbitkannya sertifikat halal untuk produk-produk kami.
Produk
Yang Dapat Di Produksi
Kategori Produk
PT Gondowangi tradisional kosmetika mampu memproduksi:
1. Perawatan rambut dan tubuh.
2. Food Supplemen, Obat-obat herbal, and oral hygiene.
3. Air minum dan minuman kesehatan.
4. Produk keperluan rumah tangga dan toiletris.
Bentuk Produk :
Cairan, krem, padal and gel.
Kemasan :
1.Botol plastik dan kaca.
2.Kertas/ Karton.
3.Sachet.
Sumber Daya Manusia
PT Gondowangi Tradisonal Kosmetika memiliki tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dalam memproduksi produk-produk bermutu baik herbal maupun non herbal.
Kategori Produk
PT Gondowangi tradisional kosmetika mampu memproduksi:
1. Perawatan rambut dan tubuh.
2. Food Supplemen, Obat-obat herbal, and oral hygiene.
3. Air minum dan minuman kesehatan.
4. Produk keperluan rumah tangga dan toiletris.
Bentuk Produk :
Cairan, krem, padal and gel.
Kemasan :
1.Botol plastik dan kaca.
2.Kertas/ Karton.
3.Sachet.
Sumber Daya Manusia
PT Gondowangi Tradisonal Kosmetika memiliki tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dalam memproduksi produk-produk bermutu baik herbal maupun non herbal.
Visi & Misi
VISI
”Menjadi
nomor satu di pasar produk perawatan tubuh berbahan alami”
MISI
"Melakukan
inovasi untuk menghasilkan produk perawatan tubuh yang berbahan alami,
berkhasiat dan berkualitas tinggi."
Liem Soedarno
Adalah sosok Mr. Liem Soedarno yang
mengungkapkan perhatiannya pada sejumlah produk perawatan dengan sejumlah bahan
kimianya. Ironisnya, ketimbang mengambil manfaat dari bahan-bahan alami,
komposisi produk-produk tersebut justru lebih tergantikan dengan unsur-unsur
kimia.Lahir di Solo, Indonesia di tahun 1925, Mr. Liem memiliki analisa
mendalam pada manfaat bahan-bahan alami, dan hal ini diawali dengan bisnis
budidaya rumput lautnya di tahun 1970. Mengetahui bahwa bahan baku rumput laut
yang beliau ekpor ke Perancis merupakan bagian dari komposisi pembuat kosmetik,
titik terang sebuah ide pun muncul. Sukses memasarkan kosmetik buatan sendiri
yang teracik dari rumput laut, Mr. Liem meneruskan perjalanannya dengan hijrah
ke Jakarta di tahun 1972, ketika perhatiannya tertuju pada problematika rambut
dan kulit kepala. Proses penelitian dan observasi pun ditekuninya disebuah
klinik yang beliau dirikan.
Impian pun terjawab ketika di tahun 2000, PT. Gondowangi
Tradisional Kosmetika akhirnya dirintis dengan pendirian pabrik yang mengawali
langkah produksi produk perawatan rambut berbasis bahan-bahan alami. Proses
produksi didukung dengan mesin-mesin berteknologi terdepan dan dibawah
pengawasan ketat dari riset dan penelitian ilmiah. Saat ini PT. Gondowangi
Tradisional Kosmetika tidak hanya melayani konsumen dari Indonesia, namun
menjangkau hingga ke sejumlah mancanegara seperti Malaysia, Singapore, Hong
Kong, Australia, Korea dan lainnya, untuk memenuhi permintaan pasar di skala
multinasional. Berdedikasi dalam mengembangkan daya guna bahan-bahan alami
menjadi efektif, Mr. Liem Soedarno melanjutkan penelitiannya untuk membuktikan
bahwa konsep Back To Nature dapat diandalkan pasar global dalam memproduksi
produk-produk perawatan tubuh. Pada tahun 2000 dimana shampoo Natur akhirnya di
produksi sebagai produk pertama PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, hingga
akhirnya menjadi sebuah cara mencuci rambut yang dapat diandalkan, dengan tidak
adanya pewarna buatan atau pun bahan - bahan kimia yang dapat merusak lainnya.
Produk - produk perawatan lainnya terus dalam proses pengembangan demi
melengkapi permintaan konsumen untuk perawatan tubuh secara menyeluruh.
b.
Alasan Memilih Perusahaan
Alasan saya memilih perusahaan PT.
Gondowangi Tradisional, karena produk-produk yang dihasilkan menggunakan
bahan-bahan alami dan PT. Gondowangi
Tradisional pun adalah produk dalam negeri sehingga memudahkan kita mendapatkan
informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2. PROSES MANAJEMEN STRATEGI
PT GONDOWANGI TRADISIONAL KOSMETIKA
a. Mengidentifikasi misi, sasaran dan
strategi PT. Gondowangi Tradisional saat ini
Misi
Misi dari PT Gondowangi ini adalah "Melakukan inovasi
untuk menghasilkan produk perawatan tubuh yang berbahan alami, berkhasiat dan
berkualitas tinggi."
Sasaran
Menjadikan mutu produk-produk yang
di hasilkan baik dan terjaga.
Strategi
Perusahaan kami memiliki komitmen
yang kuat terhadap kualitas produk. Fasilitas laboratorium yang di operasikan
oleh tenaga-tenaga ahli kami dan kontrol mutu secara berkala.
b. Analisis SWOT PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika
Analisis Internal
·
Kekuatan
Kekuatan
dalam PT. Gondowangi Tradisional
Kosmetika adalah produk-produk yang berbasiskan bahan-bahan alami tanpa
penggunan deterjen minyak bumi, pewarna buatan, pewangi buatan, dan bahan-bahan
kimia lainnya
·
Kelemahan
Kelemahan
dalam PT. Gondowangi Tradisional
Kosmetika adalah harganya yang masih terlalu mahal dan Produk masih belum di
buat dalam bentuk saset (kecil).
Analisis
eksternal
·
Peluang
Peluang
yang dapat dilakukan PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah
dengan membuka pelatihan (kursus) pembuatan produk dari bahan alami dan membuat
produk baru dari bahan alami seperti sabun mandi, dan hand & body lation.
·
Ancaman
Ancaman
banyak produk-produk sampo lain yang sudah memakai bahan alami dan harganya
labih murah.
c. Merumuskan strategi PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi
yang cocok digunakan oleh PT Gondowangi
Tradisional Kosmetika adalah strategi diferensiasi (usaha untuk menciptakan
produk atau jasa yang unik dan khusus untuk pelanggan dengan harga
premium) karena produk yang dihasilkan khusus adalah sampo khusus untuk
perawatan kulit kepala dan harganya mahal.
d.
Implementasi Strategi PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi yang cocok untuk PT
Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi stabilitas dimana perusahaan ini sudah
menerapkan struktur organisasi yang cocok untuk perusahaanya seperi memiliki
tenaga ahli di bidangnya masing-masing untuk memproduksi produk tersebut, akan
tetapi untuk kemajuan perusahaan, perusahaan harus melakukan perubahan untuk
menghadapi perubahan-perubahan lingkungan dimana semankin banyaknya pesaing
pada saat ini, menuntut kita harus menciptakan produk yang inovatif dan efektif,
seperti dengan melakukan perubahan pada tenaga kerja dengan memilih, merekrut
melatih, menitikberatkan, memindahkan atau memecat karyawan yang kurang efektif
dalam bekerja.
e. Evaluasi Strategi PT
Gondowangi Tradisional Kosmetika
Penyesuaian yang dibutuhkan dalam strategi ini adalah dengan memperbaiki mutu
produk, hal ini diharapkan dapat memperbaiki persaingan perusahaan dengan
produk lain.
BAB III
PENUTUP
3. KESIMPULAN
DAN SARAN
a.
Kesimpulan
Dalam
proses perencanaan ini kita dapat menyimpulkan bahwa proses menejemen strategi
ini dapat berjalan baik jika perusahaan
sudah menetapkan dan menerapkan strategi
yang akan diambil perusaan tersebut.
b.
Saran
Sebaiknya
perusahaan PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika tidak hanya memproduksi sampo
melainkan produk-produk lain seperti sabun, hand & body lation dan lain
lain sehingga, sehingga produk yang dihasilkan dapat bertambah dan pendapatan
perusahaan pun dapat bertambah.
DAFTAR
PUSTAKA
www.gondowangi.com