Makalah Analisis SWOT Perusahaan Manufaktur




BAB I
PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG PT GONDOWANGI TRADISIONAL KOSMETIKA

a.      Gambaran Umum Perusahaan
PT Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai produk-produk perawatan dan kesehatan tubuh. Di dukung oleh tenaga ahli berpengalaman, mesin-mesin yang yang modern dan berkapsitas besar, quality control yang ketat serta gudang-gudang penyimpanan yang tertata baik dan hiegines. PT Gondowangi Tradisional Kosmetika dapat di percaya sebagai mitra bisnis anda untuk memproduksi produk-produk berkualitas sesuai keinginan anda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa produk-produk shampo yang beredar di pasar menggunakan bahan dasar deterjen minyak bumi, pewarna dan pewarna buatan , serta bahan kimia lainnya.

Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, kasar, bercabang, patah-patah, kusam, penipisan rambut, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala.

Penggunaan bahan-bahan alami (konsep kembali ke alam) di sarankan oleh pakar-pakar rambut internasional. Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian pakar rambut dari jepang, Toshiko Wakayama dalam bukunya "Bagaimana mencegah kerontokan & kebotakan" " Yang membahas salah satu masalah rambut yaitu kerontokan, ternyata 97% penyebab kerontokan bukan karena stress atau penyakit tetapi karena pemakaian shampo berbahan deterjen minyak bumi.
Terinspirasi hal tersebut, sejak 1980, Mr. Liem Soedarno bekerja keras untuk menemukan formula terbaik shampo dengan menggunakan bahan-bahan aktif yang alami.

Beliau memperkenalkan produk-produk NATUR sebagai produk-produk yang berbasiskan bahan-bahan alami tanpa penggunan deterjen minyak bumi, pewarna buatan, pewangi buatan, dan bahan-bahan kimia lainnya. Sebagai contoh pencuci rambut NATUR, mengunakan minyak kelapa sawit menggantikan deterjen minyak bumi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan untuk memberikan nutrisi-nutrisi kepada rambut.

Formula yang di dasarkan pada bahan alami teruji dan terbukti efektif membuat rambut menjadi bersih dan sehat secara alami.

Terbuat dari bahan alami, sebuah inovasi mutakhir yag terbukti melalui penghargaan ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award). NATUR memberikan solusi terbaik dalam merawat rambut anda.(nazar)

Fasilitas Produksi

Mesin Mesin Produksi
PT Gondowangi tradisional kosmetika, di lengkapi dengan mesin-mesin produksi yang modern dan higienis dengan bahan standar material stainless steel tipe 316. Mesin mesin ini mampu memproduksi berbagai jenis produk baik berbentuk cair, padat maupun gel dengan mutu yang terjaga dengan baik. Mesin-mesin yang di miliki mampu memproduksi hingga 15 ton per harinya.

Proses Produksi
Proses produksi kami telah memenuhi syarat cara pembuatan kosmetika dan cara pembuatan obat herbat yang baik yang di keluarkan oleh BPOM RI. Dengan sistem Close In Process (CIP) menjamin kualitas produk yang di hasilkan tidak akan terkontaminasi dengan proses lainnya.

Pengisian dan Pengemasan
Poses pengisian ke dalam botol (filling) menggunakan sistem rel yang bekerja otomatis sehingga pengisian menjadi lebih cepat dan akurat. Pengemasan dilakukan secara hiegienis, menghasilkan produk yang bersih dan aman dari kontaminasi Dengan tenaga kerja yang terlatih proses pengemasan dapat di lakukan secara cepat dengan kebersihan yang terjaga.
   
Kualitas dan Sertifikasi

Kontrol Kualitas
Perusahaan kami memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas produk. Fasilitas laboratorium yang di operasikan oleh tenaga-tenaga ahli kami dan kontrol mutu secara berkala menjadikan mutu produk-produk yang di hasilkan baik dan terjaga.
   
Sertifikasi
Perusahaan kami telah mengantongi sertifikasi yang di keluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebuah bukti komitmen kami pada standar kesehatan produk.
   
Halal
Mengingat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, kami juga menjaga kehalalan produk yang kami buat, di tandai dengan di terbitkannya sertifikat halal untuk produk-produk kami.


Produk Yang Dapat Di Produksi

Kategori Produk

PT Gondowangi tradisional kosmetika mampu memproduksi:

1. Perawatan rambut dan tubuh.

2. Food Supplemen, Obat-obat herbal, and oral hygiene.

3. Air minum dan minuman kesehatan.

4. Produk keperluan rumah tangga dan toiletris.
    

Bentuk Produk :

Cairan, krem, padal and gel.

Kemasan :

1.Botol plastik dan kaca.

2.Kertas/ Karton.

3.Sachet.


Sumber Daya Manusia
   
PT Gondowangi Tradisonal Kosmetika memiliki tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dalam memproduksi produk-produk bermutu baik herbal maupun non herbal.

 Visi & Misi
VISI
”Menjadi nomor satu di pasar produk perawatan tubuh berbahan alami”
MISI
"Melakukan inovasi untuk menghasilkan produk perawatan tubuh yang berbahan alami, berkhasiat dan berkualitas tinggi."


Liem Soedarno

Adalah sosok Mr. Liem Soedarno yang mengungkapkan perhatiannya pada sejumlah produk perawatan dengan sejumlah bahan kimianya. Ironisnya, ketimbang mengambil manfaat dari bahan-bahan alami, komposisi produk-produk tersebut justru lebih tergantikan dengan unsur-unsur kimia.Lahir di Solo, Indonesia di tahun 1925, Mr. Liem memiliki analisa mendalam pada manfaat bahan-bahan alami, dan hal ini diawali dengan bisnis budidaya rumput lautnya di tahun 1970. Mengetahui bahwa bahan baku rumput laut yang beliau ekpor ke Perancis merupakan bagian dari komposisi pembuat kosmetik, titik terang sebuah ide pun muncul. Sukses memasarkan kosmetik buatan sendiri yang teracik dari rumput laut, Mr. Liem meneruskan perjalanannya dengan hijrah ke Jakarta di tahun 1972, ketika perhatiannya tertuju pada problematika rambut dan kulit kepala. Proses penelitian dan observasi pun ditekuninya disebuah klinik yang beliau dirikan.
Impian pun terjawab ketika di tahun 2000, PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika akhirnya dirintis dengan pendirian pabrik yang mengawali langkah produksi produk perawatan rambut berbasis bahan-bahan alami. Proses produksi didukung dengan mesin-mesin berteknologi terdepan dan dibawah pengawasan ketat dari riset dan penelitian ilmiah. Saat ini PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika tidak hanya melayani konsumen dari Indonesia, namun menjangkau hingga ke sejumlah mancanegara seperti Malaysia, Singapore, Hong Kong, Australia, Korea dan lainnya, untuk memenuhi permintaan pasar di skala multinasional. Berdedikasi dalam mengembangkan daya guna bahan-bahan alami menjadi efektif, Mr. Liem Soedarno melanjutkan penelitiannya untuk membuktikan bahwa konsep Back To Nature dapat diandalkan pasar global dalam memproduksi produk-produk perawatan tubuh. Pada tahun 2000 dimana shampoo Natur akhirnya di produksi sebagai produk pertama PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, hingga akhirnya menjadi sebuah cara mencuci rambut yang dapat diandalkan, dengan tidak adanya pewarna buatan atau pun bahan - bahan kimia yang dapat merusak lainnya. Produk - produk perawatan lainnya terus dalam proses pengembangan demi melengkapi permintaan konsumen untuk perawatan tubuh secara menyeluruh.
b.      Alasan Memilih Perusahaan
Alasan saya memilih perusahaan PT. Gondowangi Tradisional, karena produk-produk yang dihasilkan menggunakan bahan-bahan alami dan  PT. Gondowangi Tradisional pun adalah produk dalam negeri sehingga memudahkan kita mendapatkan informasi.




BAB II
PEMBAHASAN
2.      PROSES  MANAJEMEN  STRATEGI  PT GONDOWANGI TRADISIONAL KOSMETIKA



a.     Mengidentifikasi misi, sasaran dan strategi PT. Gondowangi Tradisional saat ini

Misi
Misi dari PT  Gondowangi ini adalah "Melakukan inovasi untuk menghasilkan produk perawatan tubuh yang berbahan alami, berkhasiat dan berkualitas tinggi."

Sasaran
Menjadikan mutu produk-produk yang di hasilkan baik dan terjaga.

Strategi
Perusahaan kami memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas produk. Fasilitas laboratorium yang di operasikan oleh tenaga-tenaga ahli kami dan kontrol mutu secara berkala.

b.      Analisis SWOT PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika
Analisis Internal

·         Kekuatan
Kekuatan dalam PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah produk-produk yang berbasiskan bahan-bahan alami tanpa penggunan deterjen minyak bumi, pewarna buatan, pewangi buatan, dan bahan-bahan kimia lainnya
·         Kelemahan
Kelemahan dalam PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah harganya yang masih terlalu mahal dan Produk masih belum di buat dalam bentuk saset (kecil).
Analisis eksternal
·         Peluang
Peluang yang dapat dilakukan  PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah dengan membuka pelatihan (kursus) pembuatan produk dari bahan alami dan membuat produk baru dari bahan alami seperti sabun mandi, dan hand & body lation.
·         Ancaman
Ancaman banyak produk-produk sampo lain yang sudah memakai bahan alami dan harganya labih murah.

c.       Merumuskan strategi PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi yang cocok digunakan oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika adalah strategi diferensiasi (usaha untuk menciptakan produk atau jasa yang unik dan khusus untuk pelanggan dengan harga premium) karena produk yang dihasilkan khusus adalah sampo khusus untuk perawatan kulit kepala dan harganya mahal.




d.      Implementasi Strategi PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi yang cocok untuk PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Strategi stabilitas dimana perusahaan ini sudah menerapkan struktur organisasi yang cocok untuk perusahaanya seperi memiliki tenaga ahli di bidangnya masing-masing untuk memproduksi produk tersebut, akan tetapi untuk kemajuan perusahaan, perusahaan harus melakukan perubahan untuk menghadapi perubahan-perubahan lingkungan dimana semankin banyaknya pesaing pada saat ini, menuntut kita harus menciptakan produk yang inovatif dan efektif, seperti dengan melakukan perubahan pada tenaga kerja dengan memilih, merekrut melatih, menitikberatkan, memindahkan atau memecat karyawan yang kurang efektif dalam bekerja.


e.       Evaluasi Strategi PT Gondowangi Tradisional Kosmetika
Penyesuaian  yang dibutuhkan dalam  strategi ini adalah dengan memperbaiki mutu produk, hal ini diharapkan dapat memperbaiki persaingan perusahaan dengan produk lain.







BAB III
PENUTUP

                        3.      KESIMPULAN DAN SARAN

a.       Kesimpulan
Dalam proses perencanaan ini kita dapat menyimpulkan bahwa proses menejemen strategi ini  dapat berjalan baik jika perusahaan sudah menetapkan dan menerapkan  strategi yang akan diambil perusaan tersebut.

b.      Saran
Sebaiknya perusahaan PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika tidak hanya memproduksi sampo melainkan produk-produk lain seperti sabun, hand & body lation dan lain lain sehingga, sehingga produk yang dihasilkan dapat bertambah dan pendapatan perusahaan pun dapat bertambah.




DAFTAR PUSTAKA
www.gondowangi.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »