KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin
penulis tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu
tentang permasalahan yang ada di sekitar kita, yang kami sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini memuat tentang “Analisis PT SARI
HUSADA”. Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail
yang cukup jelas bagi pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas
kepada pembaca. Kami sadar dalam penulisan makalah ini terdapat
kekurangan.untuk itulah penulis mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Pamulang, 6 Januari 2011
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG PT SARI HUSADA
a. Gambaran Umum Perusahaan
PT
Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi
dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga
makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. PT Sari Husada mulai
berdiri dan beroperasi pada tahun 1954, yang merupakan bantuan dan kerjasama
antara UNICEF, FAO, dan pemerintah Indonesia, untuk manajemennya ditangani oleh
Bapindo dan diberi nama NV Saridele dengan tujuan utamanya adalah memproduksi
makanan untuk bayi dengan bahan baku kedelai, dalam perkembangannya.
Pada tahun 1962 ketika pemerintah Indonesia keluar dari PBB,
maka UNICEF dan FAO juga melepaskan Saridele sedangkan manajemen dipegang oleh
Perusahaan Farmasi Negara, kemudian perusahaan berganti nama menjadi PN Sari
Husada. Pada tahun 1966, perusahaan menghentikan produk saridele dan
menggantinya dengan produk susu bubuk bayi SGM dan SNM untuk bayi berusia 6
bulan dan seterusnya. yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat
luas. Berawal dari susu formula, kini produk- produk perusahaan ini berkembang
dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan
anak-anak.
Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma,
sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972 Untuk meningkatkan permodalan,
PT Kimia Farma mengadakan joint venture dengan PT Tigaraksa dengan komposisi
modal Kimia Farma sebesar 55% dan Tigaraksa sebesar 45%, dan seiring dengan
dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi
PT Sari Husada.
Pada tahun 1983, PT Sari Husada go public dan komposisi
modalnya Tigaraksa menjadi 39,5%, Kimia Farma 33%, dan masyarakat 27%.
perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek
Jakarta. Pada tahun 1992 Tigaraksa memiliki 13,4% dan mengontrol 61,4% yang
dimiliki PT Tigaraksa Satria sebagian besar saham Sari Husada dimiliki PT Tiga
Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun
1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico)
yang berpusat di Amsterdam
Belanda
dan kini Nutricia merupakan pemegang saham mayoritas Sari Husada. Pada tahun
2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan
perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.
Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal
Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan
produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga
terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan
dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.
tujuan utama PT Sari Husada adalah memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga
Indonesia dengan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
· Produk
– Produk PT Sari Husada
Beberapa
produk yang diproduksi PT Sari Husada yaitu SGM, SGM-2, SNM, SNM Soy, LLM,
VITALAC, VITALAC-2, Lactamil, VITA-NOVA, SGM- Junior, Sari Husada Full Cream
Milk Powder, UHT, Lactamil Awal, Kehamilan, Lactamil Ibu Hamil, Lactamil Ibu
Menyusui, Formula Awal, Formula Lanjutan, Formula Specialitis dst
·
Jasa Penjualan & Distribusi
Jasa Penjualan & Distribusi yang merupakan bisnis inti
dari Perseroan dilakukan dengan 2 (dua) metode distribusi yaitu dengan: (i)
melakukan penjualan kepada outletoutlet, baik dilakukan oleh Perseroan sendiri
maupun melalui sub-distributor; dan (ii) melakukan penjualan langsung kepada
konsumen (direct-selling)
Penjualan
dan Distribusi Consumer Products
Unit Operasi Sales and Distribution
(S&D) menangani distribusi consumer product melalui lebih dari 100
sub-distributor dan penjualan langsung kepada modern outlet.Sub-distributor
bertindak sebagai mitra perusahaan untuk menyalurkan barang ke berbagai outlet
di berbagai daerah, terutama traditional outlet sesuai dengan sistem dan
kebijakan yang ditetapkan Perseroan.
Bidang
Usaha Penjualan dan Distribusi
Tigaraksa senantiasa memfokuskan
diri untuk membangun dan mengembangkan hubungan yang terintegrasi dengan mitra
bisnisnya, terutama dengan para prinsipal. Menghadapi ekspektasi konsumen dan
dalam rangka mencapai target-target business plan, Tigaraksa secara
berkesinambungan merancang, menawarkan dan menyediakan pelayanan yang sesuai
dengan ekspektasi dan tuntutan dari intermediate maupun end customer.
· Sertifikasi
Mutu dan Penghargaan
Sari Husada menerapkan standar
kualitas yang tinggi dalam kegiatan produksinya. Untuk menghasilkan produk
berkualitas, berbagai penyempurnaan fasilitas dan proses produksi dilakukan
dengan teknologi mutakhir, diantaranya dengan menerapkan sistem injeksi pada
proses pencampuran bahan bakunya. Dua pabriknya di Yogyakarta kini telah mendapatkan
sertifikasi ISO 9001 dan 14001. Sari Husada juga telah meminta CLF (Central
Laboratories Friedrichsdorf) untuk melakukan audit keamanan pangan. Audit ini
menunjukkan bahwa tingkat keamanan produk Sari Husada dua poin lebih tinggi
dari rata-rata tingkat keamanan yang dituntut dalam industri ini. Berkat
reputasi ini, Sari Husada meraih kepercayaan Pemerintah, dalam hal ini
Direktorat Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan, untuk mengevaluasi
standar Codex Alimentarius yaitu suatu standar mutu dan keamanan makanan yang
dikembangkan dengan dukungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
· Visi
dan Misi
Visi :
Menjadi pemimpin pasar produk
nutrisi bergizi untuk bayi dan anak di Indonesia.
Misi :
- Memperbaiki nutrisi masa pertumbuhan anak-anak Indonesia
- Mengurangi impor makanan yang telah diproses khususnya produk susu bubuk.
- Turut serta membangun kesehatan dan kecerdasan bayi dan anakanak Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terpercaya danterjangkau.
- Menghasilkan pertumbuhan perseroan yang berkesinambunganmelalui sistem manajemen berkualitas tinggi dan pendekatan inovatifdalam budaya integritas tinggi.
- Mengutamakan kepuasaan seluruh stakeholders.
b.
Alasan pemilihan Judul
Alasan
kami memilih perusahaan PT Sari Husada, karena produk-produk yang
dihasilkan bernutrisi untuk bayi dan
anak- anak, harganya sangat terjangkau dan PT Sari Husad apun adalah produk
dalam negeri sehingga memudahkan kita mendapatkan informasi.
BAB
III
PEMBAHASAN
PROSES MEMOTIVASI DALAM PT SARI HUSADA
o
Memotivasi
karyawan
PT.
Sari Husada melakukan motivasi kepada karyawan nya dengan cara :
¡ Meningkatkan kompetensi karyawan nya
secara berkesinambungan melalui berbagai program pendidikan, pelatihan dan seminar,
baik yang diselenggarakan di luar maupun di dalam perusahaan.
¡ Mendatangkan pakar-pakar di
bidangnya untuk memberikan pelatihan bagi para karyawan.
¡ Selain itu Perseroan juga memiliki
trainers club yang terdiri dari para karyawan berpengalaman yang dari waktu ke
waktu membagikan ilmunya melalui pelatihan atau seminar kepada karyawan lainnya
sehingga dapat lebih meningkatkan wawasan dan ketrampilan di tempat kerja.
o
Cara
Kerjanya
PT. Sari Husada mempunyai tiga
kategori karyawan, dengan 80% karyawan tetap dan mempunyai tugas yang tetap.
Gaji yang diberikan berdasarkan struktur gaji yang telah ditetapkan dan
intensif serta lembur. Sedangkan dua kategori lainnya adalah karyawan kontrak
dan karyawan borongan. Kedua kategori tersebut diperlukan apabila karyawan
tetap libur atau cuti. Tenaga kontrak dan borongan menerima penghasilan secara
paket berdasarkan ketentuan sekitar 100 karyawan pindahan dan Tigaka karena PT. Sari Husada menangani promosi untuk
aktivitasnya sendiri.
o
Teori
motivasi yang cocok dalam PT Sari Husada
PT. Sari Husada melakukan motivasi
terhadap karyawan nya dengan mengikuti “Teori Penentuan Sasaran” , yaitu :
Bahwa sasaran spesifik meningkatkan kinerja dan bahwa sasaran yang sulit bila
diterima, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada sasaran yang
gampang.Dengan melakukan berbagai pelatihan tersebut sehingga dapat mencapai
sasaran yang ditentukan oleh PT. Sari Husada
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN DAN SARAN
a.
Kesimpulan
PT Sari Husada, adalah perusahaan
yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai
dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar
mutu internasional. Sari Husada mempunyai struktur organisasi yang vertikal
dengan 5 level manajemen antara direksi sampai pekerja terendah, 45% dari total
karyawan merupakan bidang produksi. Jasa Penjualan & Distribusi yang
merupakan bisnis inti dari Perseroan dilakukan dengan 2 (dua) metode distribusi
yaitu dengan: (i) melakukan penjualan kepada outletoutlet, baik dilakukan oleh
Perseroan sendiri maupun melalui sub- distributor; dan (ii) melakukan penjualan
langsung kepada konsumen (direct- selling. )
b. Saran
PT Sari Husada sebaiknya lebih meningkatan
peroduk-produknya sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lainya dan
memberikan penyuluhan kepada masyarakat terhadap produk yang di hasilkan,
sehingga masyarakat tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.tigaraksa.co.id/files/annual_report/trs05_indo.pdf
http://www.sarihusada.co.id
media.diknas.go.id/media/document/5765.pdf
http://www.scribd.com/doc/9379224/KASUS-I
http://getuk.wordpress.com/2006/12/23/selamat-jalan-sari-husada/