Skripsi Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Bab 5

BAB V

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan pengelolaan data yang telah jelaskan dibab sebelumnya, maka secara umum dapat ditarik sebuah kesimpulan dari hasil penelitian analisis minat siswa terhadap pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan dapat dikategorikan baik.

Adapun secara khusus dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu yang diterapkan oleh guru di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang sudah terlaksana dengan baik, dimulai dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan silabus, serta pelaksanaannya yang sesuai dengan perangkat pembelajarannya, walaupun pada saat mengajar guru masih dominan menggunakan metode ceramah yang monoton dan berpatokan pada buku paket serta LKS tanpa menggunakan media pembelajaran lainnya, tetapi dalam hal ini guru terlihat menguasai materi dan menguasai kondisi kelasnya.
2.      Minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIc SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang tergolong baik,  siswa mengikuti pelajaran dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan fokus, siswa juga aktif dalam merespon materi yang diberikan oleh guru sehingga terjadi proses Tanya jawab antara guru dan siswa. Adapaun faktor yang mempengaruhi minat siswa merupakan faktor dorongan dalam diri siswa itu sendiri, karena adanya dorongan untuk mengikuti pelajaran IPS Terpadu.
B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka diajukan saran-saran sebagai berikut:
1.      Guru IPS Terpadu hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan metode belajar yang bervariasi agar siswa tambah berminat mengikuti pelajaran, pembelajaran menjadi tidak monoton dan siswa mengikuti pelajaran dengan semangat sehingga siswa menjadi tidak mudah bosan dan aktivitas belajar menjadi lebih menyenangkan.
2.      Siswa seharusnya mempunyai kemauan untuk terus belajar, aktif saat mengikuti pelajaran, dan belajar sendiri untuk mencari pelajaran yang dibutuhkan, agar prestasi belajar siswa baik dan terus meningkat.
3.      Pihak sekolah maupun pihak terkait hendaknya menyediakan kebutuhan untuk proses pembelajaran, baik itu sarana dan prasarana, sumber belajar, maupun media belajar yang mencukupi, agar tujuan pembelajaran dapat tecapai secara maksimal.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A dan Prasetya, J T. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.
Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta
Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: Total Grafika.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mukhtar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada
Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unyvesity Press.
Sabri, A. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Saebani, B.A. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Saleh, A.R dan Wahab, M.A. 2003. Psikologi Suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.
Salim, A. 2006.  Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Samion, AR. Dkk. 2010. Pedoman Oerasional Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan- Persatuan Guru Republik Indonesia. Pontianak: CV. Faruna Bahagia
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosadakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekaktan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Taufani, C.K. 2008. Menginstal Minat Baca Siswa. Bandung: Globalindo.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uzer, U. 1997.  Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zuldafrial. 2010. Penelitian Kualitatif. Pontianak: Stain Press
Zuldafrial. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pontianak: Stain Press
Skripsi:
Irmadewi, M. 2013. Hubungan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Materi Pokok Gejalaj-Gejala yang Terjadi Di Atmosfer. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak (skripsi tidak diterbitkan).
Mustika. 2013. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Perkembangan Masyarakat Indonesia Pada Masa Reformasi Sub Bab Konflik Antar Etniss di Sambas Tahun 1999 Sebagai Sumber Belajar Sejarah Kelas XII IPS SMA Negeri 08 Pontianak. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak (skripsi tidak diterbitkan). 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »