Abstraksi Perencanaan Sistem Integrasi Proses Bisnis

ABSTRAKSI
PERENCANAAN SISTEM INTEGRASI PROSES BISNIS PADA PUSKESMAS SUNGAI DURI
BENGKAYANG


ABSTRAKSI

            Puskesmas Sungai Duri Bengkayang  merupakan sebuah organisasi penyedia jasa pelayanan kesehatan masyarakat. Hingga saat Puskesmas Sungai Duri Bengkayang memiliki lebih dari 21.000 pasien setiap tahunya. Puskesmas Sungai Duri Bengkayang memiliki berbagai pelayanan terpadu diantaranya Unit Gawat darurat (UGD), Instalasi Rawat Inap dan Instalasi Rawat Jalan dan beberapa pelayanan lainnya. Pada saat ini Puskesmas hanya menggunakan pencatatan, kartu dan softcopy untuk mendukung kegiatan operasional secara keseluruhan. Komunikasi diantara bagian biasanya dilakukan menggunakan telepon atau karyawan mendatangi bagian yang diperlukan. Banyaknya unit layanan tersebut apabila masing-masing unit bisnis tersebut memiliki sebuah sistem informasi yang berdiri sendiri tanpa terintegrasi dengan unit bisnis yang lainya maka waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah proses bisnis akan sangat lama. Oleh karena itu Puskesmas memerlukan sebuah rancangan dan aplikasi yang terintegrasi dengan masing-masing unit bisnis lainya.
            Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Variabel penelitian berupa perencanaan sistem integrasi proses bisnis pada Puskesmas Sungai Duri Bengkayang, sedangkan metode analisis Critical Success Factor (CSF), Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT), diagram Event Process Chain (EPC) dan Value Matrix
Penelitian ini menggunakan metode analisis Ward & Peppard (2004) untuk menganalisis lingkungan bisnis internal dan eksternal, lingkungan SI/TI internal dan eksternal serta sterategi bisnis SI, sterategi  TI dan sterategi manajemen SI/TI untuk merumuskan perencanaan sistem integrasi guna mendukung kinerja organisasi.
Hasil penelitian ini berupa sebuah perencanaan sistem integrasi proses bisnis dengan dukungan sistem informasi pada Puskesmas Sungai Duri Bengkayang  akan membantu dalam kegiatan operasional Puskesmas dengan adanya satu database sehingga bagian-bagian kerja dapat memperoleh informasi yang tepat dalam waktu yang singkat. Perencanaan sistem integrasi proses bisnis ini menghasilkan suatu arsitektur yang berguna dari Event Process Chain (EPC) bagi Puskesmas untuk merealisasikan antara strategi bisnis dan teknologi informasi.

Kata Kunci : sistem integrasi proses bisnis, Research and Development (R&D), Critical Success Factor (CSF), Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT), diagram Event Process Chain (EPC) dan Value Matrix (Ward & Peppard, 2004).






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »