Penelitian Kuantitatif Bab 1

JUDUL SKRIPSI : PENGGUNAAN POHON FAKTOR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI KERAN BENGKAYANG


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) adalah bagian dari sistem pendidikan nasional. Menurut kurikulum 2006 sesuai standar isi tingkat satuan pendidikan (KTSP), pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Mengingat pentingnya peranan matematika, maka pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar harus memperoleh perhatian lebih. Oleh karena itu, kemampuan guru untuk memilih, menguasai dan menerapkan pendekatan,  strategi serta metode dan teknik-teknik menjadi penentu keberhasilan siswa dalam menguasai pelajaran matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang.
Berdasarkan pengamatan peneliti sebagai guru matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang sampai saat ini hasil belajar siswa belum mencapai dari target yang diharapkan. Kemampuan siswa dalam menjawab dan memahami soal KPK dan FPB di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang masih rendah.
Dari hasil tes yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran, 2013-2014 dari 41 siswa yang mampu menjawab soal dan mendapatkan nilai tuntas sesuai KKM adalah sebanyak 18 siswa dan 23 siswa belum mampu untuk mendapatkan nilai tuntas sesuai KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang adalah 60.
Dari pengalaman mengajar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang tersebut, maka diketahui bahwa dalam pembelajaran KPK dan FPB siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar dalam materi KPK dan FPB, akibatnya hasil belajar siswa tidak memenuhi target yang diinginkan.
Guru seharusnya dapat membimbing siswa untuk lebih mengerti dan memahami konsep dasar dari materi KPK dan FPB. Oleh karena itu peneliti mencoba utuk menggunakan media gambar pohon faktor pada materi KPK dan FPB yang mana dengan ini diharapkan murid dapat lebih tertarik, fokus, konsentrasi, dan senang dalam menerima pembelajaran matematika sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Berdasarkan pengalaman tersebut, permasalahan ini peneliti anggap harus dicari jalan keluarnya. Maka, penting bagi peneliti untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan media gambar pohon faktor prima pada materi KPK dan FPB untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang.



B.     Masalah Penelitian
Dari latar belakang yang tersebut, maka yang menjadi masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media gambar pohon faktor pada materi KPK dan FPB dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang?”.

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang dengan menggunakan media gambar pohon faktor pada materi KPK dan FPB.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan ini diharapakan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
      a.       Bagi Siswa
Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa sehingga dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan
      b.      Bagi Guru
Dengan penelitian ini diharapkan para guru matematika Sekolah dasar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini baik teori maupun prakteknya yang ditekankan dalam pembelajaran matematika materi KPK dan FPB sehingga murid mudah dalam memahami materi
     c.       Bagi Sekolah
Manfaat yang diharapkan bagi sekolah semoga penelitian ini dapat meniningkatkan kualitas dan prestasi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya mata pelajaran matematika


Contoh Skripsi Penelitian Tindakan Kelas PTK 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »