JUDUL SKRIPSI : PENGGUNAAN
POHON FAKTOR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA
MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN
FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS
IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI KERAN BENGKAYANG
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pembelajaran
matematika di Sekolah Dasar (SD) adalah bagian dari sistem pendidikan nasional.
Menurut kurikulum 2006 sesuai standar isi tingkat satuan pendidikan (KTSP),
pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
Mengingat
pentingnya peranan matematika, maka pembelajaran matematika pada siswa sekolah
dasar harus memperoleh perhatian lebih. Oleh karena itu, kemampuan guru untuk
memilih, menguasai dan menerapkan pendekatan, strategi serta metode dan teknik-teknik
menjadi penentu keberhasilan siswa dalam menguasai pelajaran matematika pada
materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang.
Berdasarkan
pengamatan peneliti sebagai guru matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02
Sungai Keran Bengkayang sampai saat ini hasil belajar siswa belum mencapai dari
target yang diharapkan. Kemampuan siswa dalam menjawab dan memahami soal KPK
dan FPB di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang masih
rendah.
Dari
hasil tes yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran, 2013-2014 dari 41
siswa yang mampu menjawab soal dan mendapatkan nilai tuntas sesuai KKM adalah
sebanyak 18 siswa dan 23 siswa belum mampu untuk mendapatkan nilai tuntas
sesuai KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika di
kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang adalah 60.
Dari
pengalaman mengajar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Bengkayang
tersebut, maka diketahui bahwa dalam pembelajaran KPK dan FPB siswa mengalami
kesulitan dalam memahami konsep dasar dalam materi KPK dan FPB, akibatnya hasil
belajar siswa tidak memenuhi target yang diinginkan.
Guru
seharusnya dapat membimbing siswa untuk lebih mengerti dan memahami konsep
dasar dari materi KPK dan FPB. Oleh karena itu peneliti mencoba utuk menggunakan
media gambar pohon faktor pada materi KPK dan FPB yang mana dengan ini diharapkan
murid dapat lebih tertarik, fokus, konsentrasi, dan senang dalam menerima
pembelajaran matematika sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Berdasarkan
pengalaman tersebut, permasalahan ini peneliti anggap harus dicari jalan
keluarnya. Maka, penting bagi peneliti untuk mengadakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan media gambar pohon
faktor prima pada materi KPK dan FPB untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang.
B.
Masalah
Penelitian
Dari
latar belakang yang tersebut, maka yang menjadi masalah umum dalam penelitian
ini adalah “Apakah dengan
menggunakan media gambar pohon faktor pada materi KPK dan FPB dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Sungai Keran
Kabupaten Bengkayang?”.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Sungai
Keran Kabupaten Bengkayang dengan menggunakan media gambar pohon faktor pada
materi KPK dan FPB.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan ini diharapakan
dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
a.
Bagi Siswa
Diharapkan penelitian
ini dapat bermanfaat bagi siswa sehingga dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi yang
diajarkan
b.
Bagi Guru
Dengan penelitian ini
diharapkan para guru matematika Sekolah dasar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini baik
teori maupun prakteknya yang ditekankan dalam pembelajaran matematika materi
KPK dan FPB sehingga murid mudah dalam memahami materi
c.
Bagi Sekolah
Manfaat yang diharapkan bagi sekolah
semoga penelitian ini dapat meniningkatkan kualitas dan prestasi sekolah dalam peningkatan mutu
pendidikan khususnya mata pelajaran matematika
Contoh Skripsi Penelitian Tindakan Kelas PTK