rangkuman Pengertian Kurikulum
Pengertian kurikulum senantiasa berkembang sejalan dengan perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Dalampengertian sederhana, kurikulum dianggap sebagai jumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh ijasah sedangkan dalam pengertian luas kurikulum diartikan sebagi semua pengalaman belajar yang dialami oleh siswa dan memengaruhi perkembangan pribadinya. Dalam perkembangan berikutnya terdapat empat dimesi pengertian kurikulum yaitu kurikulum sebagai ide/gagasan, kurikulum sebagai rencana tertulis, kurikulum sebagai suatu kegiatan dan kurikulum sebagai hasil belajar.
Kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan bagi pihak-pihak terkait baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti guru/tenaga pendidik, tenaga pendidikan, orang tua dan masyarakat. Khusus bagi siswa, selain sebagai pedoman belajar, kurikulum juga memiliki enam fungsi yaitu : fungsi penyesuaian, Fungsi pengintegrasian, fungsi diferensi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan/seleksi dan fungsi diagnostik.
Terdapat tiga peranan kurikulum:
- Peranan Konservatifyang berkaitan dengan proses pewarisan nilai-nilai budaya masa lalu yang dianggap masih relevan dengan masa kini
- Peran Kreatif yang berkaitan dengan pengembangan suatu yang baru yang dibutuhkan masyarakat
- Peranan kritis/evaluasi yang berkaitan denganproses pemilihan nilai, budaya dan pengetahuan baru yang akan diajarkan