Rangkuman Landasan dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum

Landasan penembangan kurikulum pada hakikatnya merupakan aspek-aspek yang harus diperatikan dan dipertimbangkan pada waktu mengembangkan suatu kurikulum satuan pendidikan, baik di lingkungan sekolah maupu lingkungan diluar sekolah.
Secara umum terdapat empat aspek pokok yang melandasi pengembangan kurikulum yaitu:
  1. Asfek filsafat (landasan filosofis)
  2. Teori/pisikologi belajar dan perkembangan (landasan pisikologis)
  3. Masyarakat dan kebudayaan (landasan sosiologis)
  4. Ilmu engetahuan, teknologi, dan seni (landasan teknologis)
Landasan filosofis berkaitan dengan pentingnya filsafat dalam membina dan mengembangkan kurikulum pada suatu satuan kurikulim. Aspek filsafat menjadi rujukan utama bagi landasan lainnya dalam mengembangkan kurikulum. Tujuan dan isi kurikulum pada dasarnya bergantung pada pertimbangan-pertimbangan filosofis. Pandangan filosofis yang berbeda akan mempengaruhi dan mendorong aplikasi pengembangan kurikulum yang berbeda pula. Berdasarkan landasan filosofis ini ditentukan tujuan-tujuan pendidikan.

Landasan pisikologis terutama berkaitan dengan teori belajar dan teori perkembangan anak. Teori belajar memberikan kontribusi dalam hal bangaimana isi kurikulum itu disampaikan kepada siswa dan bagaimana siswa mempelajarinya. Teori perkembangan diperlukan terutama dalam menentukan isi kurikulum yang akan diberikan kepada siswa agar tingkat keleluasaan dan kedalammnya sesuai dengan taraf perkembangan siswa.

Landasan sosiologis berkaitan dengan pentingnya mempertimbangkan aspek perkembangan masyarakat dan kebudayaan dalam mengembangkan kurikulum suatu pendidikan. Pendidikanselalu mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh lingkungan kehidupan masyarakat dengan segala karakteristik dan kekayaan budayanya yang menjadi dasar dan acuan bagi pendidikan dan kurikulum.

Landasan teknologis berkaitan dengan pentingnya mempertimbangkan aspek ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikan. Pengembangan program pendidikan (kurikulum) harus dilandasi dan mengacu pada perkembangan dahn kemajuan IPTEKS yang secara langsung akan menjadi isi/materi kurikulum dan cara penyampaiannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »