1. Kurikulum harusmampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya termasuk fungsi....
A. diferensiasi
B. Intregrasi
C. Seleksi
D. Diagnostik
Jawab:D
2. Fungsi persiapan menempatkan kurikulum sebagai pendidikan untuk...
A. Menghasilkan pribadi siswa yang utuh
B. Membantu siswa dalam melanjutkan studi
C. Memberikan layanan terhadap perbedaan i dividu
D. Mengarahkan siswa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan
Jawab: B
3. Fungsi pemilihan sangatberat hubungannya dengan fungsi....
A. diagnostik
B. Integratif
C. Diferensiasi
D. Persiapan
Jawab:C
4. Dalam pandangan yang sederhana, kurikulum diartikan sebagai ......
A. Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
B. Seluruh aktivitas yang harus dilaksanakan siswa di sekolah
C. Sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh siswa
D. Pengalaman belajar selama siswa berada di sekolah
Jawab: C
5. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 menekankan pengertian kurikulum pada ........
A. Jumlah mata pelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah dan wajib ditempuh oleh
seluruh siswa tanpa kecuali
B. Rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
C. Semua aktivitas belajar yang dilakukan siswa sepanjang masih dalam pengawasan
kepala sekolah
D. Seperangkat bahan belajar dan pengalaman siswa yang di atur sedemikian rupa oleh
pihak sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Jawab:B
6. Kurikulum sebagai relita pada dasarnya merupakan ........?
A .rencana tertulis
B .ide atau gagasan
C .hasil belajar
D .implementasi kurikulum
Jawab:D
7. Silabus yang digunakan oleh guru sebagai acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah pada dasarnya merupakan kurikulum.....?
A. Ideal
B. Aktual
C. Nyata
D. Tersembunyi
Jawab:A
8. Kurikulum sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di sekolah merupakan fungsi kurikulum bagi.....
A. Guru
B. Kepalak sekolah
C. orang tua
D. Siswa
Jawab:B
9. Kurikulum hasil aktif berpartisipasi sebagai kontrol atau filter sosial menunjukkan perana...
A. Konservatif
B. Kreatif
C. Evaluatif
D. Dinamis
Jawab: C
10. Sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di sekolah merupakan fungsi kurikulum bagi...
A. guru
B. Kepalak sekolah
C. orang tua
D. Dewan sekolah
Jawab:B