Ringkasan Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran



Metode Mengajar

Metode mengajar adalah suatu cara yang dilakukan guru untuk menciptakan hubungan antara guru (gkegiatan mengajar) dan siswa (kegiatan belajar). Dalam interaksi ini diharapkan guru mampu berperan sebagai penggerak yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar. 
Media Pembelajaran merupakan sarana yang dapat menunjang optimalisasi kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat diguanakan untuk menimbulkan dan memudahkan siswa belajar. terdapat berbagai metode yang dapat diterapkan untuk memfasilitasi pengembanganpengalaman belajar siswa. Metodeutama yang pada umumnya digunakan dalam kegiatan pembelajaran antara lain:

  • Metode Ceramah
  • Metode tanya jawab
  • Metode diskusi 
  • Metode resitasi (penugasan)
Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode penyajian materi yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasan secara lisan oleh guru kepada siswa.

Metode Tanya Jawab
Metode Tanya Jawab adalah suatu metode penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk pertanyaan yang dijawab oleh siswa.

Metode Diskusi
Metode diskusi adalah sustu metode penyajian bahan pelajaran melalui wahana tukar pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh siswa sebelumnya guna memecahkan suatu persoalan/permasalahan.

Metode penugasan / resitasi 
Metode penugasan / resitasi adalah suatu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk yang telah dipersiapkan oleh guru sehingga siswa dapat mengalami kegiatan belajar secara nyata.











Share this

Related Posts

Previous
Next Post »