1. Landasan psikologis sangat pen ting dalam pengembangan kurikulum karena...
A. Pisikologi dapat mempengaruhi tercapainya tujuan kurikulum
B. Isi kurikulum memuat materi pelajaran yang bersifat psikologi
C. Kurikulum merupakan alat untuk mengungkap aspek psikologi
D. Pendidikan berhubungan sangat erat dengan aspek perilaku manusia.
2. Cabang psikologi yang sangat terkait langsung dengan pengembangan kurikulum di sekolah adalah psikologi....
A. Umum dan perkembangan
B. Anak dan perkembangan
C. Belajar dan perkembangan
D. Gestalt danperkembangan
3. Lndasan pengembangan kurikulum pada darnya berkaitan dengan...
A. Prinsip-prinsip dasar harus dijadikan bahan pertimbangan dalam penembangan kurikulum satuan pendidikan
B. Fsktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikan
C. Komponen-komponen yang menjadi landasan dalam penyusunan kurikulum satuan pendidikan
D. Beberapa model yang dapat diterapkan pada saat pelaksanaan kurikulum oleh guru di tingkat satuan pendidikan
4. Landasan utama dalam penembangan kurikulum satuan pendidikan ialah landasan....
A. Psikologis
B. Sosiologis
C. Filosofis
D. Teknologis
5. landasan fisilofis dalam penembangan kurikulum diperlukan untuk....
A. Menentukan arah dan tujuan pendidikan yang akan dicapai
B. Menerapkan prinsip-prinsip kurikulum dalam kegiatan pembelajaran
C. Mengidentifikasi perkembangan aspek filsafat sebagai isi kurikulum
D. Mengarahkan siswa sebagai subjek didik dalam pengembangan kurikulum
6. Keterkaitan antara kurikulum dengan filsafat, yaitu...
A. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang diwarnai oleh aliran filsafat idealisme
B. Filsafat pada dasarnya memengaruhi alur pikir pengembangan kurikulum pada setiap satuan pendidikan.
C. Isi kurikulum sangat mempengaruhui pandangan-pandangan filosofis para pengembangannya.
D. Filsafat merupan salah satu komponen dalam penentuan isi kurikulum yang akan disampaikan kepada siswa
7. Salah satu pertimbangan utama mengapa IPTEKS harus dijadikan landasan dalam pengembangan kurikulum sekolah ialah...
A. Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni merupakan hasil kebudayaan manusia yang menempati posisi sangat sterategis dalam pembangun bangsa ke depan
B. Masyarakat yang sedang berkembang seperti yang terjadi di negara kita sangat perlu untuk menerima hasil pengetahuan, teknologi dan seni
C. Sebagai anggota masyarakat, siswa haus diarahkan untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara gelobal saat ini.
D. Proses pendidikan tidak hanya mewariskan nilai-nilai dan hasil kebudayaan lama, tetapi juga mempersiapkan siswa agar mampu hidup di masa yang akan datang
8. Landasan teknologis dalam pengembangan kurikulum disekolah menempatkan IPTEKS secara langsung sebagai....
A. Standar kompetensi utama yang harus dikuasai guru
B. Aspek penting untuk mewujudkan kurikulum teknologis
C. Isi atau materi kurikulum dan cara penyampaiannya.
D. Bagian tak terpisahkan dalam penyusunan kurikulum
9. Landasan sosiologis dalam pengembangan kurikulum sangat diperlukan karena....
A. Masyarakat merupakan kelompok individu yang sangat terorganisasi
B. Isi Kurikulum pada dasarnya merupakan hasil kebudayaan masyarakat
C. Kebudayaan yang ada dalam masyarakat sangat banyak dan beragam
D. Aspek-aspek sosial dalam masyarakat merupakan sistem pendidikan
10. Aspek kebudayaan merupakan hal yang sangat esensial dalam pengembangan kurikulum sekolah, dengan asumsi bahwa...
A. Kebudayaan pada prinsipnya terdiri dari ide/gagasan dan daya cipta manusia yang sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan berbangsa
B. Individu lahir tidak berbudaya, oleh karena itu pengetahuan , keterampilan, dan sikap dapat diperoleh individu melalui interaksi dengan lingkungan budaya
C. Peanan kebudayaan sebagi salah satu aspek pendidikan menempatkan kurikulum dalam posisi sentral untuk mewariskan nilai-nilai yang dianut masyarakat
D. Kebudayaan dari suatu masyarakat yang sedang berkembang sangat rentan dengan pengaruh asing sehingga perlu dijadikan pertimbangan dalam kurikulum