Soal Berfikir Kritis

 Soal Berfikir Kritis

1. Berpikir merupakan proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya merupakan definisi dari…..

a.      Suryabrata (1990)

b.      Ruggiero (1998)

c.       Samsudin (2009)

d.      Saifuddin ( 1998 )

e.       Triandis (1979

2.      Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Yang bukan termasuk didalam nya adalah….

a.       Logis

b.      Analitis

c.       Sistematis

d.      Kritis

e.       Fantastis

3.      Yang bukan termasuk dalam 13 INDIKATOR KARAKTER BERPIKIR KRITIS ENNIS (1985, DALAM COSTA, 1985), adalah

a.       Mencari alasan.

b.      Menjelaskan keseluruhan situasi.

c.       Mencari alternatif.

d.      Mencari sumber daya

e.       Mencari dokumen-dokumen dengan penuh ketelitian

 

4.      Yang dimaksud dengan berfikir kritis adalah :

a.        Sebuah proses dalam menggunakan ketrampilan berfikir secra efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan.

b.        Sebuah proses dalam manajemen dan aaplikasi berfikir kritis tidak bisa menerima informasi.

c.         Berfikir kritis bukan suatu peran dalam menentukan diagnosis

d.        Berfikir yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

e.         Berfikir untuk mencari jawaban yang tepat

 

5.      Ketrampilan berfikir kritis menurut Samsudin (2009) :

a.        Karakter berfikir kritis dan faktor pendukung.

b.        Faktor pendukung dan gender.

c.         Gender dan usia.

d.        Faktor pendukung dan usia

e.         Gender dan karakter berfikir kritis

 

6.      Indikator berfikir kritis Wade (1995) mengidentifikasi delapan karakteristik berfikir kritis diantaranya :

a.    Rasional

b.    Merumuskan pertanyaan dan membatasi masalah

c.    Bertanggung jawab

d.   Mandiri

e.    Evaluasi

 

7.      Angelo (1995) mengidentifikasi lima perilaku yang sistematis dalam berpikir kritis berikut ini, kecuali

a.    Keterampilan Menganalisis 

b.    Keterampilan Mensintesis

c.    Keterampilan Mengenal dan Memecahkan Masalah 

d.    Keterampilan Dasar memilih

e.    Keterampilan Menyimpulkan

 

8.      Apakah yang dimaksud dengan Universal Inlellectual Standars ?

a.    standardisasi yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu, atau situasi-situasi tertentu.

b.    Ketepatan mengacu kepada perincian data-data pendukung yang sangat mendetail.

c.    pernyataan atau jawaban yang dikemukakan berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan.

d.   Ketepatan mengacu kepada perincian data-data pendukung yang sangat mendetail.

e.    kegiatan akal pikiran manusia   berdasarkan pengertian atau pengetahuan (kebenaran) yang dimilikinya, dapat beranjak mencapai pengertian atau pengetahuan (kebenaran) baru yang lain.

 

9.      Menurut Suryabrata (1990) proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah, yaitu

a.    pengertian, tanya jawab dan penarikan  kesimpulan

b.    Pengertian, isi pokok, dan gagasan

c.    Pengertian, tanya jawab, dan  penarikan  kesimpulan

d.   Pengertian, isi pokok, dan penarikan  kesimpulan

e.    pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan

 

10.  Seorang bidan perlu berfikir secara kritis dalam menggunakan keterampilan secara efektif, agar ....

a.       Dapat membuat diagnosa yang akurat.

b.      Pasien tidak terlantar dan diperhatikan

c.       Dapat bertanggung jawab setiap asuhan kebidanan

d.      Dapat membuat keputusan yang sesuai dengan apa yang dilakukan

e.       Pasien merasa nyaman dalam pelayanan

 

11.  Memberikan penjelasan sederhana yang berisi : memfokuskan pertanyaan, menganalisa pertanyaan dan bertanya, serta menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan atau pernyataan, merupakan pengelompokkan indikator aktivitas berfikir kritis ke dalam 5 besar aktivitas, menurut : ....

a.      Surya Brata (1990)

b.      Ennis (1985)

c.       Ruggiero (1998)

d.      Samsuddin (2009)

e.       Saifuddin (1998)

 

12.  Standarisisasi yang harus diaplikasikan dalam berfikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu atau situasi-situasi tertentu adalah definisi dari : ....

a.       Universal Intellectual Standars

b.      Clarity (kejelasan)

c.       Accuracy (keakuratan, ketelitian, kesaksamaan)

d.      Precision (ketepatan)

e.       Relevance (relevansi, keterkaitan)

 

13.  Sebuah proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan dengan apa yang dipercaya atau dilakukan merupakan definisi dari …

a.       Berpikir cepat

b.      Berpikir logis

c.       Berpikir analitik

d.      Berpikir kritis

e.       Berpikir rasional

 

14.  Proses tahapan berpikir kritis sebagai seorang bidan adalah …

a.       Mengumpulkan informasi kemudian menegakkan diagnosa

b.      Membuat konsep, penilaian berdasarkan informasi, menegakkan diagnosa

c.       Pengenalan masalah, menilai informasi, memecahkan masalah

d.      Mencari informasi, analisa informasi, menegakkan diagnosa

e.       Menilai keadaan umum pasien, menggali masalah, memecahkan masalah

 

15.    Ny. I berusia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14 minggu datang ke sebuah klinik bersalin dengan keluhan pusing, mual muntah setiap pagi menjelang siang dan sering merasa cepat lelah. Ibu mengatakan nafsu makan menurun dan hanya ingin tidur saja. Hasil pemeriksaan TD: 100/70 mmHg, N: 74×/menit, RR: 20×/menit, S: 36,6oC. Paspasi TFU sesuai masa kehamilan, DJJ 130×/menit teratur. Pemeriksaan labolatorium Hb 10,8 gr/dl.

Diagnosa apa yang ditegakkan pada hasus tersebut adalah …

a.     Ny. I usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14 minggu dengan emesis gravidarum

b.    Ny. I usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14 minggu dengan anemia ringan

c.     Ny. I usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14 minggu dengan emesis gravidarum dan anemia ringan

d.    Ny. I usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14 minggu dengan hiperemesis gravidarum Ny. I usia 23 tahun, G2P1A0 M0 hamil 14 minggu dengan hiperemesis gravidarum dan anemia sedang

 

16.  Menurut Wade (1995) mengidentifikasi karakteristik berpikir kritis adalah sebagai berikut, kecuali:

a.    Merumuskan pertanyaan

b.    Membatasi permasalahan

c.    Berpikiran terbuka

d.   Menguji data – data

e.    Mentoleransi ambiguitas

 

17.  Langkah pertama dalam proses berpikit kritis menurut Walcott dan Lynch (1997) adalah:

a.    Mengeksplorasi intrepetasi dan mengidentifikasi hubungan yang ada

b.    Menentukan prioritas alternatif yang ada dan mengkomunisasikan kesimpulan

c.    Menintegrasikan, memonitor dan menyaring strategi untuk penanganan ulang masalah

d.    Mengidentifikasi masalah, informasi yang relevan dan semua dugaan tentang masalah tersebut

e.    Pernyataan a, b dan c benar

 

18.  Seorang bidan memiliki pengetahuan, keahlian dalam melaksanakan pelayanan asuhan kepada bayi baru lahir, wanita dan keluarga sepanjang hidupnya, pernyataan ini merupakan:

a.    Pilar seorang bidan yang terdapat pada kerangka kerangka kerja menurut ICM (2015)

b.    Manajemen asuhan kebidanan

c.    Varney (2004)

d.   SOAP

e.    Berpikir kritis

 

19.  Ennis (1985) mengelompokan indikator aktifitas berfikir kritis kedalam 5 besar aktifitas berikut diantaranya :

a.    Ketrampilan menganalisis suatu ketrampilan yang bertnggung jawab

b.    Memberikan penjelasan sederhana yang berisi, memfokuskan pertanyaan menganalisis, bertanya, menjawab, menjelaskan pertanyaan

c.    Ketrampilan menggabugkan suatu pertanyaan menjadi satu

d.   Ketrampilan mengenal masalah dan menganalisa

e.    Semua jawaban benar

 

20.  Proses pemikiran manusia itu sendiri dapat menempuh 2 cara yaitu :

a.    Dedukasi Dan Indikasi

b.    Edukasi Dan Aplikasi

c.    Implementasi Dan Evaluasi

d.   Edukasi Dan Implementasi

e.    Semua Jawaban Salah

 

21.  Standardisasi yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu, atau situasi-situasi tertentu, adalah definisi dari………

a.      Universal inlellectual standars

b.      Clarity (Kejelasan) 

c.       Accuracy (keakuratan, ketelitian, kesaksamaan) 

d.      Precision (ketepatan) 

e.       Relevance (relevansi, keterkaitan)

 

22.  Seseorang yang berpikir kritis, tidak akan menerima informasi (baik verbal atau tertulis) begitu saja, tetapi mereka akan?...

a.    mencari fakta-fakta yang mendukung

b.    mencari asumsi yang tersembunyi

c.    membentuk berbagai macam keputusan dan kesimpulan

d.    a,b,c benar

e.    a,c salah

 

23.  Berpikir sebagai suatu aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Pengertian menurut?...

a.       Suryabrata (1990)

b.      Ruggiero (1998)

c.       Ennis (1962)

d.      Beyer (1985

e.       Mustaji (2012)

 

24.  Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain?...

a.      berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif.

b.      Kreatif,kritis,sosial,reflektif

c.       Berfikir logis,analitis,sistematis,sosial,kreatif.

d.      Kritis,sistematis,berfikir logis,intelektual

e.       Semua benar

 

25.  Sebuah proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan.pengertian dari?...

a.       Manajemen kebidanan

b.      Profesi

c.       Pelayanan kebidanan

d.      Kreatifitas

e.       Berfikir kritis

 

26.  Kata-kata operasional yang mengindikasikan keterampilan berpikir analitis, diantaranya?...

a.       Menguraikan,

b.      Membuat diagram,

c.       Mengidentifikasi,

d.      Menggambarkan, menghubungkan.

e.       Semua benar

 

27.  Memberikan penjelasan sederhana, yang berisi: memfokuskan pertanyaan, menganalisis pertanyaan dan bertanya, serta menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan atau pernyataan, merupakan mengelompokkan indikator aktivitas berpikir kritis ke dalam lima besar aktivitas menurut….

a.       Suryabrata (1990)

b.      Ennis (1985),

c.       Ruggiero (1998)

d.      Samsudin (2009)

e.       Saifuddin ( 1998 )

 

28.  Apa peran berfikir kritis dalam kebidanan ?

a.    Untuk mendapatkan suatu petimbangan klinis yang sesuai dengan diagnosis yang tepat

b.    Agar dapat membuat pasien nyaman

c.    Bidan bertanggung jawab atas setiap askeb

d.   Agar pasien tidak terlantar

e.    Bidan mendapatkan pasien yang banyak

 

29.  Kemampuan untuk merangkum kesimpulan dari satu atau beberapa premis. Prosesnya akan meliputi kegiatan menguji hubungan antara beberapa pernyataan atau data, merupakan karakteristik berfikir kritis yang disebut ?

a.    Reasoning 

b.    Dispositions  

c.    Criteria

d.   Argument

e.     procedures for applying criteria

 

30.  Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain, kecuali ?

a.    Berfikir logis

b.    Analitis   

c.    Sistematis

d.   Kreatif

e.    Instan  

 

31.  Kemampuan berpikir untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan urutan, tahapan, langkah-langkah, atau perencanaan yang tepat, efektif, dan efesien merupakan  :

a.    Berpikir logis

b.   Berpikir analitis

c.    Berpikir sistematis

d.   Berpikir kritis

e.    Berpikir kreatif

 

32.  Proses disiplin intelektual aktif dan kemahiran dalam mengkonsep, menerapkan, mensintesa, dan atau mengevaluasi informasi dari hasil pengumpulan atau ditimbulkan dari pengamatan, pengalaman, perenungan, penalaran atau komunikasi sebagai petunjuk yang dapat dipercaya dalam bertindak.

a.    Berpikir logis

b.    Berpikir analitis

c.    Berpikir sistematis

d.    Berpikir kritis

e.    Berpikir kreatif

 

33.  Menurut Samsudin (2009) mengutip model yang diadaptasi dari Triandis (1979, dalam Rickets dan Rudd, 2005), keterampilan berpikir kritis merupakan perilaku yang dipengaruhi oleh karakter berpikir kritis dan sejumlah faktor pendukung adalah :

a.    Gender, usia, grade poin averege

b.    Gender, lingkungan, grade poin averege

c.    Gender, usia, pendidikan, pola pikir

d.   Usia, pola pemahaman, berpikir sistimatis

e.    Grade poin averege, usia, berpikir kritis

 

34.  Sebuah Proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercayai atau dilakukan. Pernyataan tersebut merupakan proses berpikir secara........

a.       Analitis

b.      Sistematis

c.       Logis

d.      Kritis

e.       Kreatif

 

35.  Seseorang yang tidak dapat menggunakan dan memutuskan pilihan secara rasional, dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian seseorang yang......

a.       Berpikir Analitis

b.      Berpikir Sistematis

c.       Berpikir Logis

d.      Berpikir Kritis

e.       Tidak berpikir Kritis

 

36.  Menurut Beyer ada 6 karakteristik yang berhubungan dengan berpikir kritis, yaitu.......

a.       Watak, Argumen, Kriteria, Sudut pandang

b.      Watak, Kriteria, Argumen, Pertimbangan/Pemikiran, Sudut pandang, Prosedur penerapan kriteria

c.       Merumuskan, Menguji, Menganalisis

d.      Mentoleransi, Membatasi, Menguji, Menganalisis

e.       Merumuskan, Membatasi, Sudut pandang, Pertimbangan/Pemikiran

 

37.  Berpikir merupakan proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya. Proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah, yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Menurut siapakah pendapat diatas ?

a.    Suryabrata (1990)

b.    Ruggiero (1998)

c.    Wade (1995)

d.   Beyer (1995)

e.    Suryabrata (1991)

 

38.  Kemampuan berpikir siswa untuk menguraikan, memerinci, dan menganalisis informasi-informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan. Termasuk jenis berpikir apakah pernyataan diatas ?

a.    Logis

b.    Analitis

c.    Kritis

d.   Sistematis

e.    Kreatif

 

39.  Sebuah proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan. Termasuk jenis berpikir apakah pernyataan diatas ?

a.    Logis

b.    Analitis

c.    Kritis

d.   Sistematis

e.    Kreatif

 

40.  Proses dalam menggunakan keterampilan berfikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya tau dilakukan disebut ?

a.    Berfikir Kritis 

b.    Berfikir Logis

c.    Berfikir Analitis

d.   Berfikir Sistematis

e.    Berfikir Kreatif

41.     Proses berfikir kritis dalam kebidanan menurut Kneedler dalam Costa1985 terdiri dari ?

a.    Pengenalan masalah, menilai informasi, memecahkan masalah, publikasi masalah

b.    Pengenalan masalah, menilai informasi, memecahkan masalah atau menarik kesimpulan

c.    Mengemukakan langkah, menilai informasi, conclusion

d.   Mengemukakan langkah dan conclusion

e.    Fokus pada masalah masalah

 

42.     Yang dimaksud logis pada steps dalam menakar argumen adalah ?

a.    Struktur diamati dari evidence

b.    Argumen bersifat jelas

c.    Evaluasi sesuai tahapan

d.    Logika yang dibangun harus konsisten

e.   Penarikan kesimpulan tentang kualitas argument

 

43. Berikut pernyataan yang merupakan alasan pentingnya berpikir kritis adalah ....             

a.    Perkembangan teknologi informasi dan komnikasi

b.    Media sosial

c.    Keterbatasan sumber daya alam

d.   Perbahan yang tidak menentu

e.    a,b,c, dan d benar

44.  Sebuah proses dalam menggunakan ketrampilan berpikir secara efektif untuk  membantu seseorang membuat sesuatu, mengevalasi, dan mengaplikasi keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan. Hal ini merupakan definisi dari...

      a. Berpikir Kritis

      b. Berpikir Kreatif

      c. Berpikir sistematis

      d. Berpikir Analitis

      e. Berpikir logis

 

45.  Yang tidak termasuk indikator berpikir kritis menurut Wade (1995) adalah....

      a. Merumuskan Pertanyaan

      b. Membatasi Permasalahan

      c. Menguji data-data

      d. Menganalisis berbagai Pendapat dan bias

      e. Mencari Alternatif

 

46.  Langkah langkah di bawah ini yang dapat menakar argumen

a.    Structure

b.    Clarity

c.    Evidance

d.   Logic

e.    Semua benar

 

47.  Yang manakah di bawah ini yang bukan langkah dalam pokok proses berpikir

a.    Pembentukan pengertian

b.   Pembentukan pendapat

c.    Membuat Evaluasi

d.   Penarikan Kesimpulan

e.    Semua jawaban benar

 

48.  Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang,dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya,kecuali :

a.    Berpikir inovatif

b.    Berpikir Logis

c.    Berpikir analitis

d.   Berpikir Sistematis

e.    Berpikir Kreatif

 

49.  Kegiatan akal pikiran manusia berdasarkan pengertian atau pengetahuan (kebenaran) yang dimilikinya,dapat beranjak mencapai pengertian atau pengetahuan (kebenaran baru yang lain ) adalah pengertian dari …

 

a.    Keterampilan menyimpulkan

b.    Keterampilan mengevaluasi

c.    Keterampilan mengenal

d.   Keterampilan mensintesis

e.    Salah semua

 

50.  Universal intelektual standar adalah…

a.      Standarisasi yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan permasalahan,isu-isu,atau situasi tertentu.

b.      Keterampilan ini menurut pemikiran yang matang dalam menentukan  nilai sesuatu dengan berbagai criteria yang ada

c.       Mendapatkan permasalahan yang rumit dirincikan sampai tuntas

d.      Menjelaskan permasalahan itu dengan cara yang lain

e.       Mendapatkan Standarisasi yang harus diaplikasikan

 

51.  Proses pemikiran itu dapat menempuh dua cara yaitu …

a.      Deduksi dan induksi

b.      Rehabilitasi dan deduksi

c.       Persuasi dan induksi

d.      Induksi dan preventif

e.       Persuasi dan preventif

 

52.  Berfikir dengan menggunakan kemampuan berfikirnya secara efektif dan kemahiran dalam mengkonsep, menerapkan, mensintesa atau mengevaluasi informasi serta mengaplikasikan putusan sesuai dengan petunjuk yang dapat dipercaya dalam bertindak ialah ...

a.      Critical thinking

b.      Berfikir analisis

c.       Berfikir sistematis

d.      Berfikir logis

e.       Berfikir kreatif

 

53.  Keterampilan berfikir kritis dimana seseorang memeriksa gagasan, mengidentifikaasi argumen, menganalisa argumen adalah ...

a.       Interpretasi

b.      Evaluasi

c.       Inferensi

d.      Analisis

e.       Penjelasan

 

54.  Karakteristik berfikir kritis ...

a.       Prasangka

b.      Reflektif

c.       Propaganda

d.      Bias

e.       Misinformasi

 

55.  Berikut ini Keterampilan yang berkata dengan berpikiran kritis kecuali....

a.    Membandingkan

b.    Membedakan

c.    Mempengaruhi

d.   Membuktikan

e.    Menolak

 

56.  Keterampilan berfikir kritis meliputi...

a.    Kegiatan pengenalan, penilaian dan menyusun argumen

b.    Kegiatan pengenalan, pembahasan dan menyusun argumen

c.    Kegiatan pengenalan, perdebatan dan membahas argumen

d.   Kegiatan pengenalan, penilaian dan membandingkan argumen

e.    Kegiatan pengenalan, pembahasan dan mengumpulkan argumen

 

57.  Ada 3 langkah dalam berpikir kritis, yaitu...

a.    Defining, clarifying dan judging information

b.    Defining, judging information dan problem solving

c.    Defining, problem solving dan drawing conclusion

d.   Defining, clarifying problem dan problem solving

e.    Defining, clarifying problem dan solving problem

 

58.  Berikut ini beberapa keterampilan yang berkaitan dengan berfikir kritis, kecuali ?

a.    Mempengaruhi

b.    Mengklasifikasi

c.    Membandingkan

d.   Menghubungkan

e.    Menjanjikan

59.  Berfikir sistematis adalah ?

a.    Kemampuan berfikir untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dan dapat membuktikan kesimpulan itu benar sesuai dengan pengetahuan sebelumnya yang sudah diketahui.

b.    Kemampuan berfikir siswa untuk menguraikan, merinci, dan menganalis informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan fikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan.

c.    Kemampuan berfikir untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan urutan, tahapan dan langkah-langkah atau perencanaan yang tepat, efektif dan efisien.

d.   Kemampuan untuk memahami informasi yang digukan agar dapat berfikir analitis, diperlukan berfikir logis dalam mengambil kesimpulan terhadap suatu situasi.

e.    Kemampuan berfikir membandingkan dua atau lebih informasi.

 

60.  Menurut Wade (1995) identifikasi delapan karakteristik berfikir kritis, kecuali ?

a.    Merumuskan pertanyaan

b.    Menganalisis berbagai pendapat dan bias

c.    Pertimbangan yang sangat emosional

d.    Mengevaluasi dan membuat pola

e.    Mempertimbangkan berbagai interpretasi

 

61.  Menurut Angelo (1995) salah satu dari 5 perilaku yang sistematis dalam berpikir kritis yaitu suatu keterampilan menguraikan sebuah struktur ke dalam komponen-komponen agar mengetahui pengorganisasian struktur tersebut, merupakan keterampilan….?

a.    Menganalisis

b.    Mensintesis

c.    Mengenal dan memecahkan masalah

d.   Menyimpulkan

e.    Mengevaluasi atau menilai

 

62.    Langkah berpikit kritis sesuai urutan yang benar menurut Kneedler dalam Costa 1995 yaitu:

a.    Judging information,defining/clarifying,solving problems/drawing conclusion

b.    Defining/clarifying,judging information,solving problems/drawing conclusion

c.    Solving problem/drawing conclusion,judging informations,defining clarifying

d.   Judging information,solving problems/drawing conclusion,defining/clarifying

e.    Defining/clarifying,solving problems/drawing conclusion judging information

 

63.    Berpikir kritis harus selalu mengacu dan berdasarkan standar (universal intellectual standars), antara lain di bawah ini kecuali….

a.    Clarity, accuracy

b.    Precision, logic

c.    Depth, breadth

d.    Relevance, slowly

e.    Clarity, logic

 

64.  Seseorang yang berfikir kritis adalah ……

a.    tidak dapat menggunakan dan menentukan pilihan secara rasional

b.    dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain

c.    tidak mencari asumsi yang tersembunyi dan membentuk berbagai macam keputusan atau kesimpulan

d.    tidak akan menerima informasi (baik verbal atau tertulis) begitu saja

e.    menerima informasi begitu saja

 

65.  Dalam kehidupan sehari-hari dan setiap aktifitas manusia pengambilan suatu keputusan meliputi ……

a.    Sederhana

b.    Kompleks

c.    Cepat

d.   Tepat

e.    Sederhana dan Kompleks

 

66.  Kemampuan berpikir siswa untuk menguraikan, memerinci, dan menganalisis informasi-informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan merupakan pengertian dari berfikir ……

a.    Analitis

b.    Sistema

c.    Kritis

d.   Kreatif

e.    Logis

67.  Bepikir merupakan proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya. Proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah, yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Ini menurut siapa:

a.      Surtabrata (1990)

b.      Ruggiero (1998)

c.       Notoatmojo (2010)

d.      Ambarwati (2012)

e.       Sugiyono (2017)

 

68.  Kemampuan berpikir siswa untuk menguraikan, merinci dan menganalisis informasi-informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan, ini arti dari berpikir…..

a.      Analitis

b.      Sistematis

c.       Logis

d.      Kritis

e.       Kreatif

 

 

 

 

69.  Sebuah proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan, adalah arti dari…….

a.      Berpikir kritis

b.      Analitis

c.       Sistematis

d.      Logis

e.       Kreatif

 

70.  Kemampuan berpikir untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dan dapat membuktikan bahwa kesimpulan itu benar ( valid) sesuai dengan pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang sudah di ketahui.

Pengertian dari :

a.       Analitik

b.      Sistematik

c.       Logis

d.      Kritis dan kreatif

e.       Sistematik dan kreatif

 

71.  Proses berpikir kritis dalam kebidanan seperti nyang di salin Wahidin (2008) dapat dikelompokan menjadi 3 langkah , kecuali :

a.       Pengenalan masalah-masalah ( defining/clarifying problems )

b.      Menilai informasi ( judging informations )

c.       Mencari proses pemecahan masalah

d.      Memecahkan masalah atau menarik kesimpulan ( solving problems/drawing conclusion )

e.       Menilai informasi dan Memecahkan masalah

 

72.  Keterampilan Berpikir Kritis meliputi adalah kecuali :

a.       Pengenalan

b.      Penilaian

c.       Menyusun argumen

d.      Memberikan argument.

e.       Penilaian dan Pengenalan

 

73.  Kemampuan berpikir untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dan dapat membuktikan bahwa kesimpulan itu benar sesuai dengan pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang sudah diketahui merupakan salah satu jenis dari berpikir secara?

a.      Logis

b.      Analitis

c.       Sistematis

d.      Kritis

e.       Kreatif

 

 

 

 

 

 

 

 

74.  Kemampuan berpikir untuk menguraikan, merinci, dan menganalisis informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis bukan berdasar perasaan atau tebakan merupakan pengertian dari salah satu jenis berpikir secara?

a.       Logis

b.      Analitis

c.       Sistematis

d.      Kritis

e.       Kreatif

 

75.  Kemampuan berpikir membandingkan dua atau lebih informasi merupakan pengertian dari salah satu jenis berpikir secara?

a.       Logis

b.      Analitis

c.       Sistematis

d.      Kritis

e.       Kreatif

f.        

76.    Berpikir kritis adalah proses intelektual yang dengan aktif dan terampil mengkonseptualisasi, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari pengamatan, pengalaman, refleksi, penalaran, atau komunikasi, untuk mamandu keyakinan atau tindakan. Pengertian ini menurut…

a.    Scriven & Paul, 1992

b.    Chance, 1986

c.    Suryabrata, 1990

d.   Ruggiero, 1998

e.    Edward glaser, 1941

 

77.    Yang bukan termasuk lima perilaku yang sistematis  dalam berpikir kritis menurut Angelo (1995) adalah

a.    Keterampilan Menganalisis

b.    Keterampilan Mensintesis

c.    Keterampilan Mengenal dan Memecahkan Masalah

d.    Keterampilan Mencari alasan

e.    Keterampilan Mengevaluasi atau Menilai

 

78.    Standardisasi yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan masalah, isu-isu, atau situasi tertentu adalah pengertian dari ….

a.    Universal intellectual standars

b.    Accuracy

c.    Clarity

d.   Precision

e.    Universal edividience

 

79.    Konsep  Berpikir kritis menurut Philip dan Bond  (2004)  mencakup,,,?

a.    Pekerjaan

b.    Masalah

c.    Keluarga

d.   Penyakit

e.    Semua benar

 

80.    Konsep Berpikir Kritis Menurut Philip dan Bond di bagi berapa kategori,,, ?

a.    1

b.    2

c.    3

d.    4

e.    5

 

81.    Analisa data menunjukkan beberapa pandangan yang berbeda dari refleksi kritis menurut  Philip Bond yaitu “ memandang dari semua sudut atau berbicara tentang melihat masalah dari sebanyak mungkin sudut pandang yang berbeda, pernyataan tersebut diatas terdapat di kategori yang ke berapa,,,?

a.    Kategori 1

b.    Kategori 2

c.    Kategori 3

d.   Kategori 4

e.    Kategori 5

 

82.  Seorang bidan perlu berfikir secara kritis dalam menggunakan keterampilan secara efektif, agar ....

a.    Dapat membuat diagnosa yang akurat.

b.    Pasien tidak terlantar dan diperhatikan

c.    Dapat bertanggung jawab setiap asuhan kebidanan

d.    Dapat membuat keputusan yang sesuai dengan apa yang dilakukan

e.    Pasien merasa nyaman dalam pelayanan

 

83.  Memberikan penjelasan sederhana yang berisi : memfokuskan pertanyaan, menganalisa pertanyaan dan bertanya, serta menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan atau pernyataan, merupakan pengelompokkan indikator aktivitas berfikir kritis ke dalam 5 besar aktivitas, menurut : ....

a.    Surya Brata (1990)

b.    Ennis (1985)

c.    Ruggiero (1998)

d.    Samsuddin (2009)

e.    Saifuddin (1998)

 

84.  Standarisisasi yang harus diaplikasikan dalam berfikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu atau situasi-situasi tertentu adalah definisi dari : ....

a.      Universal Intellectual Standars

b.      Clarity (kejelasan)

c.       Accuracy (keakuratan, ketelitian, kesaksamaan)

d.      Precision (ketepatan)

e.       Relevance (relevansi, keterkaitan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »