Soal Berfikir Kritis
1. Berpikir merupakan
proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya
merupakan definisi dari…..
a.
Suryabrata (1990)
b. Ruggiero (1998)
c. Samsudin (2009)
d. Saifuddin
( 1998 )
e. Triandis (1979
2. Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang dapat
dibedakan menjadi beberapa jenis. Yang bukan termasuk
didalam nya adalah….
a. Logis
b. Analitis
c. Sistematis
d. Kritis
e. Fantastis
3. Yang bukan termasuk dalam 13 INDIKATOR KARAKTER BERPIKIR
KRITIS ENNIS (1985, DALAM COSTA, 1985), adalah
a. Mencari alasan.
b. Menjelaskan keseluruhan situasi.
c. Mencari alternatif.
d.
Mencari sumber daya
e. Mencari dokumen-dokumen dengan penuh ketelitian
4. Yang
dimaksud dengan berfikir kritis adalah :
a.
Sebuah proses dalam menggunakan
ketrampilan berfikir secra efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu,
mengevaluasi dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya
atau dilakukan.
b.
Sebuah proses dalam manajemen dan
aaplikasi berfikir kritis tidak bisa menerima informasi.
c.
Berfikir kritis bukan suatu peran dalam
menentukan diagnosis
d.
Berfikir yang saling berkaitan antara
satu dengan lainnya.
e.
Berfikir untuk mencari jawaban yang
tepat
5. Ketrampilan
berfikir kritis menurut Samsudin (2009) :
a.
Karakter berfikir kritis dan faktor
pendukung.
b.
Faktor pendukung dan gender.
c.
Gender dan usia.
d.
Faktor pendukung dan usia
e.
Gender dan karakter berfikir kritis
6. Indikator
berfikir kritis Wade (1995) mengidentifikasi delapan karakteristik berfikir
kritis diantaranya :
a. Rasional
b. Merumuskan
pertanyaan dan membatasi masalah
c. Bertanggung
jawab
d. Mandiri
e. Evaluasi
7. Angelo
(1995) mengidentifikasi lima perilaku yang sistematis dalam berpikir kritis
berikut ini, kecuali
a. Keterampilan
Menganalisis
b. Keterampilan
Mensintesis
c. Keterampilan
Mengenal dan Memecahkan Masalah
d. Keterampilan
Dasar memilih
e. Keterampilan
Menyimpulkan
8. Apakah
yang dimaksud dengan Universal Inlellectual Standars ?
a. standardisasi
yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas
pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu, atau situasi-situasi
tertentu.
b. Ketepatan
mengacu kepada perincian data-data pendukung yang sangat mendetail.
c. pernyataan
atau jawaban yang dikemukakan berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan.
d. Ketepatan
mengacu kepada perincian data-data pendukung yang sangat mendetail.
e. kegiatan
akal pikiran manusia berdasarkan
pengertian atau pengetahuan (kebenaran) yang dimilikinya, dapat beranjak
mencapai pengertian atau pengetahuan (kebenaran) baru yang lain.
9. Menurut
Suryabrata (1990) proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah,
yaitu
a. pengertian,
tanya jawab dan penarikan kesimpulan
b. Pengertian,
isi pokok, dan gagasan
c. Pengertian,
tanya jawab, dan penarikan kesimpulan
d. Pengertian,
isi pokok, dan penarikan kesimpulan
e. pengertian,
pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan
10. Seorang bidan perlu berfikir
secara kritis dalam menggunakan keterampilan secara efektif, agar ....
a. Dapat membuat diagnosa yang
akurat.
b. Pasien tidak terlantar dan
diperhatikan
c. Dapat bertanggung jawab
setiap asuhan kebidanan
d. Dapat membuat keputusan yang
sesuai dengan apa yang dilakukan
e. Pasien merasa nyaman dalam
pelayanan
11. Memberikan penjelasan
sederhana yang berisi : memfokuskan pertanyaan, menganalisa pertanyaan dan
bertanya, serta menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan atau pernyataan,
merupakan pengelompokkan indikator aktivitas berfikir kritis ke dalam 5 besar
aktivitas, menurut : ....
a. Surya Brata (1990)
b. Ennis (1985)
c. Ruggiero (1998)
d. Samsuddin (2009)
e. Saifuddin (1998)
12. Standarisisasi yang harus
diaplikasikan dalam berfikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran
dalam merumuskan permasalahan, isu-isu atau situasi-situasi tertentu adalah
definisi dari : ....
a. Universal Intellectual
Standars
b. Clarity (kejelasan)
c. Accuracy (keakuratan,
ketelitian, kesaksamaan)
d. Precision (ketepatan)
e. Relevance (relevansi,
keterkaitan)
13. Sebuah
proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu
seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan dengan apa yang
dipercaya atau dilakukan merupakan definisi dari …
a.
Berpikir cepat
b.
Berpikir logis
c.
Berpikir analitik
d.
Berpikir kritis
e.
Berpikir rasional
14. Proses
tahapan berpikir kritis sebagai seorang bidan adalah …
a. Mengumpulkan
informasi kemudian menegakkan diagnosa
b. Membuat
konsep, penilaian berdasarkan informasi, menegakkan diagnosa
c. Pengenalan
masalah, menilai informasi, memecahkan masalah
d. Mencari
informasi, analisa informasi, menegakkan diagnosa
e. Menilai
keadaan umum pasien, menggali masalah, memecahkan masalah
15. Ny. I
berusia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil
14 minggu datang ke sebuah klinik bersalin dengan keluhan pusing, mual muntah
setiap pagi menjelang siang dan sering merasa cepat lelah. Ibu mengatakan nafsu
makan menurun dan hanya ingin tidur saja. Hasil pemeriksaan TD: 100/70 mmHg, N:
74×/menit, RR: 20×/menit, S: 36,6oC. Paspasi TFU sesuai masa
kehamilan, DJJ 130×/menit teratur. Pemeriksaan labolatorium Hb 10,8 gr/dl.
Diagnosa apa yang ditegakkan
pada hasus tersebut adalah …
a. Ny. I
usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14
minggu dengan emesis gravidarum
b. Ny. I
usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14
minggu dengan anemia ringan
c. Ny. I
usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14
minggu dengan emesis gravidarum dan anemia ringan
d. Ny. I
usia 23 tahun, G1P0A0 M0 hamil 14
minggu dengan hiperemesis gravidarum Ny. I usia 23 tahun, G2P1A0
M0 hamil 14 minggu dengan hiperemesis gravidarum dan anemia sedang
16. Menurut
Wade (1995) mengidentifikasi karakteristik berpikir kritis adalah sebagai
berikut, kecuali:
a. Merumuskan
pertanyaan
b. Membatasi
permasalahan
c.
Berpikiran
terbuka
d. Menguji
data – data
e. Mentoleransi
ambiguitas
17. Langkah
pertama dalam proses berpikit kritis menurut Walcott dan Lynch (1997) adalah:
a. Mengeksplorasi
intrepetasi dan mengidentifikasi hubungan yang ada
b. Menentukan
prioritas alternatif yang ada dan mengkomunisasikan kesimpulan
c. Menintegrasikan,
memonitor dan menyaring strategi untuk penanganan ulang masalah
d.
Mengidentifikasi
masalah, informasi yang relevan dan semua dugaan tentang masalah tersebut
e. Pernyataan
a, b dan c benar
18. Seorang
bidan memiliki pengetahuan, keahlian dalam melaksanakan pelayanan asuhan kepada
bayi baru lahir, wanita dan keluarga sepanjang hidupnya, pernyataan ini
merupakan:
a.
Pilar
seorang bidan yang terdapat pada kerangka kerangka kerja menurut ICM (2015)
b. Manajemen
asuhan kebidanan
c. Varney
(2004)
d. SOAP
e. Berpikir
kritis
19. Ennis
(1985) mengelompokan indikator aktifitas berfikir kritis kedalam 5 besar
aktifitas berikut diantaranya :
a. Ketrampilan
menganalisis suatu ketrampilan yang bertnggung jawab
b. Memberikan
penjelasan sederhana yang berisi, memfokuskan pertanyaan menganalisis,
bertanya, menjawab, menjelaskan pertanyaan
c. Ketrampilan
menggabugkan suatu pertanyaan menjadi satu
d. Ketrampilan
mengenal masalah dan menganalisa
e. Semua
jawaban benar
20. Proses
pemikiran manusia itu sendiri dapat menempuh 2 cara yaitu :
a. Dedukasi
Dan Indikasi
b. Edukasi
Dan Aplikasi
c. Implementasi
Dan Evaluasi
d. Edukasi
Dan Implementasi
e. Semua
Jawaban Salah
21. Standardisasi
yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas
pemikiran dalam merumuskan permasalahan, isu-isu, atau situasi-situasi tertentu,
adalah definisi dari………
a. Universal inlellectual standars
b. Clarity (Kejelasan)
c. Accuracy (keakuratan, ketelitian, kesaksamaan)
d. Precision (ketepatan)
e. Relevance (relevansi, keterkaitan)
22.
Seseorang
yang berpikir kritis, tidak akan menerima informasi (baik verbal atau tertulis)
begitu saja, tetapi mereka akan?...
a.
mencari
fakta-fakta yang mendukung
b.
mencari
asumsi yang tersembunyi
c.
membentuk
berbagai macam keputusan dan kesimpulan
d.
a,b,c benar
e.
a,c salah
23.
Berpikir sebagai suatu aktivitas mental untuk membantu
memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau
memenuhi hasrat keingintahuan. Pengertian menurut?...
a.
Suryabrata
(1990)
b.
Ruggiero
(1998)
c. Ennis (1962)
d. Beyer (1985
e. Mustaji (2012)
24. Berpikir sebagai
suatu kemampuan mental seseorang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara
lain?...
a.
berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif.
b. Kreatif,kritis,sosial,reflektif
c. Berfikir logis,analitis,sistematis,sosial,kreatif.
d. Kritis,sistematis,berfikir logis,intelektual
e. Semua benar
25. Sebuah proses dalam
menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang
membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa
yang dipercaya atau dilakukan.pengertian dari?...
a. Manajemen kebidanan
b. Profesi
c. Pelayanan kebidanan
d. Kreatifitas
e.
Berfikir kritis
26. Kata-kata operasional
yang mengindikasikan keterampilan berpikir analitis, diantaranya?...
a. Menguraikan,
b. Membuat diagram,
c. Mengidentifikasi,
d. Menggambarkan,
menghubungkan.
e.
Semua benar
27. Memberikan penjelasan sederhana, yang berisi: memfokuskan
pertanyaan, menganalisis pertanyaan dan bertanya, serta menjawab pertanyaan
tentang suatu penjelasan atau pernyataan,
merupakan mengelompokkan indikator
aktivitas berpikir kritis ke dalam lima besar aktivitas
menurut….
a. Suryabrata (1990)
b.
Ennis (1985),
c. Ruggiero (1998)
d. Samsudin (2009)
e. Saifuddin
( 1998 )
28. Apa peran berfikir kritis dalam
kebidanan ?
a. Untuk mendapatkan suatu petimbangan klinis yang
sesuai dengan diagnosis yang tepat
b. Agar dapat membuat pasien nyaman
c. Bidan bertanggung jawab atas setiap
askeb
d. Agar pasien tidak terlantar
e. Bidan mendapatkan pasien yang banyak
29.
Kemampuan untuk
merangkum kesimpulan dari satu atau beberapa premis. Prosesnya akan meliputi
kegiatan menguji hubungan antara beberapa pernyataan atau data, merupakan karakteristik berfikir
kritis yang disebut ?
a.
Reasoning
b.
Dispositions
c.
Criteria
d.
Argument
e.
procedures
for applying criteria
30. Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis, antara lain, kecuali
?
a. Berfikir
logis
b. Analitis
c. Sistematis
d. Kreatif
e.
Instan
31. Kemampuan berpikir untuk mengerjakan atau
menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan urutan, tahapan, langkah-langkah, atau
perencanaan yang tepat, efektif, dan efesien merupakan :
a.
Berpikir logis
b.
Berpikir
analitis
c.
Berpikir
sistematis
d.
Berpikir kritis
e.
Berpikir kreatif
32. Proses disiplin intelektual aktif dan kemahiran dalam
mengkonsep, menerapkan, mensintesa, dan atau mengevaluasi informasi dari hasil
pengumpulan atau ditimbulkan dari pengamatan, pengalaman, perenungan, penalaran
atau komunikasi sebagai petunjuk yang dapat dipercaya dalam bertindak.
a.
Berpikir logis
b.
Berpikir
analitis
c.
Berpikir
sistematis
d.
Berpikir kritis
e.
Berpikir kreatif
33. Menurut Samsudin (2009) mengutip model yang diadaptasi
dari Triandis (1979, dalam Rickets dan Rudd, 2005), keterampilan berpikir
kritis merupakan perilaku yang dipengaruhi oleh karakter berpikir kritis dan
sejumlah faktor pendukung adalah :
a.
Gender, usia,
grade poin averege
b.
Gender,
lingkungan, grade poin averege
c.
Gender, usia,
pendidikan, pola pikir
d.
Usia, pola
pemahaman, berpikir sistimatis
e.
Grade poin
averege, usia, berpikir kritis
34. Sebuah Proses
dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang
membuat sesuatu, mengevaluasi dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa
yang dipercayai atau dilakukan. Pernyataan tersebut merupakan proses berpikir
secara........
a. Analitis
b. Sistematis
c. Logis
d. Kritis
e. Kreatif
35. Seseorang yang
tidak dapat menggunakan dan memutuskan pilihan secara rasional, dapat
membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain. Pernyataan tersebut merupakan
pengertian seseorang yang......
a. Berpikir
Analitis
b. Berpikir
Sistematis
c. Berpikir Logis
d. Berpikir Kritis
e. Tidak berpikir
Kritis
36. Menurut Beyer
ada 6 karakteristik yang berhubungan dengan berpikir kritis, yaitu.......
a. Watak, Argumen,
Kriteria, Sudut pandang
b. Watak, Kriteria,
Argumen, Pertimbangan/Pemikiran, Sudut pandang, Prosedur penerapan kriteria
c. Merumuskan,
Menguji, Menganalisis
d. Mentoleransi,
Membatasi, Menguji, Menganalisis
e. Merumuskan,
Membatasi, Sudut pandang, Pertimbangan/Pemikiran
37. Berpikir
merupakan proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau
jalannya. Proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah, yaitu
pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Menurut
siapakah pendapat diatas ?
a. Suryabrata
(1990)
b. Ruggiero
(1998)
c. Wade
(1995)
d. Beyer
(1995)
e. Suryabrata
(1991)
38. Kemampuan
berpikir siswa untuk menguraikan, memerinci, dan menganalisis
informasi-informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan
menggunakan akal dan pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan.
Termasuk jenis berpikir apakah pernyataan diatas ?
a. Logis
b. Analitis
c. Kritis
d. Sistematis
e. Kreatif
39. Sebuah
proses dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu
seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai
dengan apa yang dipercaya atau dilakukan. Termasuk jenis berpikir apakah
pernyataan diatas ?
a. Logis
b. Analitis
c. Kritis
d. Sistematis
e. Kreatif
40. Proses dalam menggunakan keterampilan berfikir secara
efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevaluasi, mengaplikasikan
keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya tau dilakukan disebut ?
a. Berfikir Kritis
b. Berfikir Logis
c. Berfikir Analitis
d. Berfikir Sistematis
e.
Berfikir Kreatif
41. Proses berfikir kritis dalam kebidanan menurut Kneedler dalam Costa1985 terdiri dari ?
a. Pengenalan masalah, menilai informasi, memecahkan
masalah, publikasi masalah
b. Pengenalan masalah, menilai informasi, memecahkan
masalah atau menarik kesimpulan
c. Mengemukakan langkah, menilai informasi, conclusion
d. Mengemukakan langkah dan conclusion
e. Fokus pada masalah masalah
42. Yang dimaksud logis pada steps dalam menakar argumen
adalah ?
a.
Struktur diamati dari evidence
b.
Argumen bersifat jelas
c.
Evaluasi sesuai tahapan
d.
Logika yang dibangun harus konsisten
e. Penarikan
kesimpulan tentang kualitas argument
43. Berikut
pernyataan yang merupakan alasan pentingnya berpikir kritis adalah ....
a. Perkembangan
teknologi informasi dan komnikasi
b.
Media
sosial
c.
Keterbatasan
sumber daya alam
d.
Perbahan
yang tidak menentu
e.
a,b,c, dan d benar
44. Sebuah proses
dalam menggunakan ketrampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang membuat sesuatu, mengevalasi,
dan mengaplikasi keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya atau dilakukan. Hal
ini merupakan definisi dari...
a. Berpikir Kritis
b. Berpikir Kreatif
c. Berpikir sistematis
d. Berpikir Analitis
e. Berpikir logis
45. Yang tidak
termasuk indikator berpikir kritis menurut Wade (1995) adalah....
a. Merumuskan Pertanyaan
b. Membatasi Permasalahan
c. Menguji data-data
d. Menganalisis berbagai Pendapat dan
bias
e. Mencari Alternatif
46.
Langkah langkah di bawah ini yang dapat menakar argumen
a.
Structure
b.
Clarity
c.
Evidance
d.
Logic
e.
Semua benar
47.
Yang manakah di bawah ini yang bukan langkah dalam pokok proses berpikir
a.
Pembentukan pengertian
b.
Pembentukan pendapat
c.
Membuat Evaluasi
d.
Penarikan Kesimpulan
e.
Semua jawaban benar
48.
Berpikir sebagai suatu kemampuan mental seseorang,dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis diantaranya,kecuali :
a.
Berpikir inovatif
b.
Berpikir Logis
c.
Berpikir analitis
d.
Berpikir Sistematis
e.
Berpikir Kreatif
49. Kegiatan
akal pikiran manusia berdasarkan pengertian atau pengetahuan (kebenaran) yang
dimilikinya,dapat beranjak mencapai pengertian atau pengetahuan (kebenaran baru
yang lain ) adalah pengertian dari …
a. Keterampilan
menyimpulkan
b. Keterampilan
mengevaluasi
c. Keterampilan
mengenal
d. Keterampilan
mensintesis
e. Salah
semua
50. Universal
intelektual standar adalah…
a. Standarisasi
yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas
pemikiran dalam merumuskan permasalahan,isu-isu,atau situasi tertentu.
b. Keterampilan
ini menurut pemikiran yang matang dalam menentukan nilai sesuatu dengan berbagai criteria yang
ada
c. Mendapatkan
permasalahan yang rumit dirincikan sampai tuntas
d. Menjelaskan
permasalahan itu dengan cara yang lain
e. Mendapatkan
Standarisasi yang harus diaplikasikan
51. Proses
pemikiran itu dapat menempuh dua cara yaitu …
a. Deduksi
dan induksi
b. Rehabilitasi
dan deduksi
c. Persuasi
dan induksi
d. Induksi
dan preventif
e. Persuasi
dan preventif
52. Berfikir
dengan menggunakan kemampuan berfikirnya secara efektif dan kemahiran dalam
mengkonsep, menerapkan, mensintesa atau mengevaluasi informasi serta
mengaplikasikan putusan sesuai dengan petunjuk yang dapat dipercaya dalam
bertindak ialah ...
a. Critical
thinking
b. Berfikir
analisis
c. Berfikir
sistematis
d. Berfikir
logis
e. Berfikir
kreatif
53. Keterampilan
berfikir kritis dimana seseorang memeriksa gagasan, mengidentifikaasi argumen,
menganalisa argumen adalah ...
a. Interpretasi
b. Evaluasi
c. Inferensi
d. Analisis
e. Penjelasan
54. Karakteristik
berfikir kritis ...
a. Prasangka
b. Reflektif
c. Propaganda
d. Bias
e. Misinformasi
55.
Berikut ini
Keterampilan yang berkata dengan berpikiran kritis kecuali....
a. Membandingkan
b. Membedakan
c. Mempengaruhi
d. Membuktikan
e. Menolak
56.
Keterampilan
berfikir kritis meliputi...
a. Kegiatan
pengenalan, penilaian dan menyusun argumen
b. Kegiatan
pengenalan, pembahasan dan menyusun argumen
c. Kegiatan
pengenalan, perdebatan dan membahas argumen
d. Kegiatan
pengenalan, penilaian dan membandingkan argumen
e. Kegiatan
pengenalan, pembahasan dan mengumpulkan argumen
57.
Ada 3 langkah
dalam berpikir kritis, yaitu...
a. Defining,
clarifying dan judging information
b. Defining,
judging information dan problem solving
c. Defining,
problem solving dan drawing conclusion
d. Defining,
clarifying problem dan problem solving
e. Defining,
clarifying problem dan solving problem
58. Berikut ini beberapa keterampilan yang berkaitan
dengan berfikir kritis, kecuali ?
a. Mempengaruhi
b. Mengklasifikasi
c. Membandingkan
d. Menghubungkan
e. Menjanjikan
59. Berfikir sistematis adalah ?
a. Kemampuan berfikir untuk menarik kesimpulan yang sah
menurut aturan logika dan dapat membuktikan kesimpulan itu benar sesuai dengan
pengetahuan sebelumnya yang sudah diketahui.
b. Kemampuan berfikir siswa untuk menguraikan, merinci,
dan menganalis informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan
menggunakan akal dan fikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan.
c.
Kemampuan berfikir untuk mengerjakan atau
menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan urutan, tahapan dan langkah-langkah
atau perencanaan yang tepat, efektif dan efisien.
d. Kemampuan untuk memahami informasi yang digukan agar
dapat berfikir analitis, diperlukan berfikir logis dalam mengambil kesimpulan
terhadap suatu situasi.
e. Kemampuan berfikir membandingkan dua atau lebih
informasi.
60. Menurut Wade
(1995) identifikasi delapan karakteristik berfikir kritis, kecuali ?
a. Merumuskan pertanyaan
b. Menganalisis berbagai pendapat dan bias
c. Pertimbangan yang sangat emosional
d. Mengevaluasi dan membuat pola
e. Mempertimbangkan berbagai interpretasi
61. Menurut
Angelo (1995) salah satu dari 5 perilaku yang sistematis dalam berpikir kritis
yaitu suatu keterampilan menguraikan sebuah struktur ke dalam komponen-komponen
agar mengetahui pengorganisasian struktur tersebut, merupakan keterampilan….?
a.
Menganalisis
b.
Mensintesis
c.
Mengenal dan memecahkan masalah
d.
Menyimpulkan
e.
Mengevaluasi atau menilai
62. Langkah
berpikit kritis sesuai urutan yang benar menurut Kneedler dalam Costa 1995
yaitu:
a.
Judging
information,defining/clarifying,solving problems/drawing conclusion
b.
Defining/clarifying,judging
information,solving problems/drawing conclusion
c.
Solving problem/drawing
conclusion,judging informations,defining clarifying
d.
Judging information,solving
problems/drawing conclusion,defining/clarifying
e.
Defining/clarifying,solving
problems/drawing conclusion judging information
63. Berpikir
kritis harus selalu mengacu dan berdasarkan standar (universal intellectual
standars), antara lain di bawah ini kecuali….
a.
Clarity, accuracy
b.
Precision, logic
c.
Depth, breadth
d.
Relevance, slowly
e.
Clarity, logic
64. Seseorang yang berfikir kritis adalah ……
a.
tidak
dapat menggunakan dan menentukan pilihan secara rasional
b.
dapat
membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain
c.
tidak
mencari asumsi
yang tersembunyi dan membentuk berbagai macam keputusan atau kesimpulan
d.
tidak akan menerima informasi (baik verbal atau tertulis) begitu saja
e.
menerima
informasi begitu saja
65. Dalam kehidupan sehari-hari dan setiap
aktifitas manusia pengambilan suatu keputusan meliputi ……
a.
Sederhana
b.
Kompleks
c.
Cepat
d.
Tepat
e.
Sederhana
dan Kompleks
66. Kemampuan berpikir siswa untuk
menguraikan, memerinci, dan menganalisis informasi-informasi yang digunakan
untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang
logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan merupakan pengertian dari berfikir
……
a.
Analitis
b.
Sistema
c.
Kritis
d.
Kreatif
e.
Logis
67. Bepikir
merupakan proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau
jalannya. Proses berpikir itu pada pokoknya terdiri dari 3 langkah, yaitu
pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Ini
menurut siapa:
a.
Surtabrata (1990)
b.
Ruggiero
(1998)
c.
Notoatmojo
(2010)
d.
Ambarwati
(2012)
e.
Sugiyono
(2017)
68. Kemampuan
berpikir siswa untuk menguraikan, merinci dan menganalisis informasi-informasi
yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan
pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan, ini arti dari
berpikir…..
a.
Analitis
b.
Sistematis
c.
Logis
d.
Kritis
e.
Kreatif
69. Sebuah proses
dalam menggunakan keterampilan berpikir secara efektif untuk membantu seseorang
membuat sesuatu, mengevaluasi, dan mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa
yang dipercaya atau dilakukan, adalah arti dari…….
a.
Berpikir kritis
b.
Analitis
c.
Sistematis
d.
Logis
e.
Kreatif
70. Kemampuan
berpikir untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dan dapat
membuktikan bahwa kesimpulan itu benar ( valid) sesuai dengan
pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang sudah di ketahui.
Pengertian dari :
a. Analitik
b. Sistematik
c. Logis
d. Kritis
dan kreatif
e. Sistematik
dan kreatif
71. Proses
berpikir kritis dalam kebidanan seperti nyang di salin Wahidin (2008) dapat dikelompokan
menjadi 3 langkah , kecuali :
a. Pengenalan
masalah-masalah ( defining/clarifying problems )
b. Menilai
informasi ( judging informations )
c. Mencari
proses pemecahan masalah
d. Memecahkan
masalah atau menarik kesimpulan ( solving problems/drawing conclusion )
e. Menilai
informasi dan Memecahkan masalah
72. Keterampilan
Berpikir Kritis meliputi adalah kecuali :
a. Pengenalan
b. Penilaian
c. Menyusun
argumen
d. Memberikan
argument.
e. Penilaian
dan Pengenalan
73. Kemampuan
berpikir untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dan dapat
membuktikan bahwa kesimpulan itu benar sesuai dengan pengetahuan-pengetahuan
sebelumnya yang sudah diketahui merupakan salah satu jenis dari berpikir
secara?
a. Logis
b. Analitis
c. Sistematis
d. Kritis
e. Kreatif
74. Kemampuan
berpikir untuk menguraikan, merinci, dan menganalisis informasi yang digunakan
untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis
bukan berdasar perasaan atau tebakan merupakan pengertian dari salah satu jenis
berpikir secara?
a. Logis
b. Analitis
c. Sistematis
d. Kritis
e. Kreatif
75. Kemampuan
berpikir membandingkan dua atau lebih informasi merupakan pengertian dari salah
satu jenis berpikir secara?
a. Logis
b. Analitis
c. Sistematis
d. Kritis
e. Kreatif
f.
76.
Berpikir
kritis adalah proses intelektual yang dengan aktif dan terampil
mengkonseptualisasi, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi
informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari pengamatan, pengalaman,
refleksi, penalaran, atau komunikasi, untuk mamandu keyakinan atau tindakan.
Pengertian ini menurut…
a.
Scriven
& Paul, 1992
b.
Chance,
1986
c.
Suryabrata,
1990
d.
Ruggiero,
1998
e.
Edward
glaser, 1941
77.
Yang
bukan termasuk lima perilaku yang sistematis
dalam berpikir kritis menurut Angelo (1995) adalah
a.
Keterampilan
Menganalisis
b.
Keterampilan
Mensintesis
c.
Keterampilan
Mengenal dan Memecahkan Masalah
d.
Keterampilan
Mencari alasan
e.
Keterampilan
Mengevaluasi atau Menilai
78.
Standardisasi
yang harus diaplikasikan dalam berpikir yang digunakan untuk mengecek kualitas
pemikiran dalam merumuskan masalah, isu-isu, atau situasi tertentu adalah
pengertian dari ….
a.
Universal
intellectual standars
b.
Accuracy
c.
Clarity
d.
Precision
e.
Universal
edividience
79.
Konsep Berpikir kritis menurut
Philip dan Bond (2004) mencakup,,,?
a. Pekerjaan
b. Masalah
c. Keluarga
d. Penyakit
e. Semua benar
80.
Konsep Berpikir Kritis Menurut Philip dan Bond di bagi berapa kategori,,, ?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
81.
Analisa data menunjukkan beberapa pandangan yang berbeda dari refleksi
kritis menurut Philip Bond yaitu “
memandang dari semua sudut atau berbicara tentang melihat masalah dari sebanyak
mungkin sudut pandang yang berbeda, pernyataan tersebut diatas terdapat di
kategori yang ke berapa,,,?
a. Kategori 1
b. Kategori 2
c. Kategori 3
d. Kategori 4
e. Kategori 5
82. Seorang bidan perlu berfikir secara kritis
dalam menggunakan keterampilan secara efektif, agar ....
a.
Dapat membuat diagnosa yang
akurat.
b.
Pasien tidak terlantar dan
diperhatikan
c.
Dapat bertanggung jawab
setiap asuhan kebidanan
d. Dapat membuat keputusan yang sesuai dengan apa
yang dilakukan
e.
Pasien merasa nyaman dalam
pelayanan
83. Memberikan penjelasan sederhana yang berisi :
memfokuskan pertanyaan, menganalisa pertanyaan dan bertanya, serta menjawab
pertanyaan tentang suatu penjelasan atau pernyataan, merupakan pengelompokkan
indikator aktivitas berfikir kritis ke dalam 5 besar aktivitas, menurut : ....
a. Surya Brata (1990)
b. Ennis (1985)
c. Ruggiero (1998)
d. Samsuddin (2009)
e. Saifuddin (1998)
84. Standarisisasi yang harus diaplikasikan dalam
berfikir yang digunakan untuk mengecek kualitas pemikiran dalam merumuskan
permasalahan, isu-isu atau situasi-situasi tertentu adalah definisi dari : ....
a. Universal Intellectual Standars
b. Clarity (kejelasan)
c. Accuracy (keakuratan, ketelitian, kesaksamaan)
d. Precision (ketepatan)
e. Relevance (relevansi, keterkaitan)