Prosedur penilaian pembelajaran terpadu
Penilaian memberi informasi untuk pengambilan keputusan tentang misalnya apa yang dipelajari, Apakah siswa bisa naik kelas?, nilai berapa yang tepat?, siswa harus naik kelompok mana?, bantuan apa yang perlu diberikan?, metode mengajar mana yang Perlu diperbaiki?, atau kurikulum mana yang perlu diubah?. Penilaian memberi informasi yang bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk meningkatkan hasil pendidikan persoalan yang harus dijawab adalah Apakah informasi yang diberikan oleh penilaian itu tepat?. Jawabannya ada pada kualitas penilaian tersebut. Penilaian yang berkualitas akan menghasilkan informasi yang reliabel dan valid titik untuk menghasilkan informasi yang reliabel dan valid, perlu ada bukti pendukung yang menyajikan bahwa penilaian yang menghasilkan informasi tersebut memang berkualitas tinggi titik berikut akan dipaparkan tahapan tahapan penilaian.
1. Perencanaan.
Dalam tahap ini ditempuh langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
a. Merumuskan tujuan penilaian yang ingin dicapai baik tujuan yang ingin dicapai guru maupun oleh siswa. Pada dasarnya penilaian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya, tetapi bagi guru melalui penilaian dapat melakukannya:
1). Identifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dan memonitor tahap perkembangannya.
2). Melihat sampai sejauh mana aktivitas pembelajaran yang telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3). Memilih aktivitas-aktivitas yang tepat dan memilih strategi mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
4). Memberikan umpan balik kepada siswa dalam bentuk pemberian penghargaan saran dan kritik yang membangun.
5). Memiliki informasi yang cukup sebagai dasar untuk pelaporan hasil belajar siswa kepada orang tua.
6). Menyediakan informasi yang berharga bagi guru, pemimpin dan siswa baru video periode berikutnya.
b. Menentukan kriteria keberhasilan yang ingin dicapai baik oleh siswa maupun oleh guru.
c. Menentukan teknik dan instrumen yang akan digunakan dalam proses penilaian.
2. Pelaksanaan
Dalam proses pelaksanaan penilaian, harus didasari bahwa:
a. Penilaian berlangsung sejak awal sampai dengan akhir proses pembelajaran.
b. Penilaian harus dilihat sebagai proses yang berkelanjutan lebih dari sekedar salah satu aspek belajar yang harus dicapai sebagai bagian suatu program.
c. Penilaian dapat diarahkan pada proses maupun produk serta program.
3. Penyusunan dan penyajian laporan
Laporan hasil penilaian disusun dengan jalan mempertimbangkan seluruh informasi yang terkumpul dan pengolahannya. Penyusunan laporan tersebut dilakukan secara logis, sistematis dan secara komprehensif yang diakhiri dengan sejumlah rekomendasi dan saran-saran.
4. Tahap tindak lanjut
Hasil pengolahan informasi dan saran-saran itu ditinjau lanjuti secara operasional. Perlu diketahui bahwa tidak seluruh kegiatan an-nur berupa tindak lanjut yang dilakukan pada akhir kegiatan karena penilaian dilakukan secara terus-menerus. Selanjutnya umpan balik dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.