Penilaian merupakan program penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian bertujuan untuk menilai pembelajaran di kelas dan meningkatkan pembelajaran serta kualitas belajar siswa. Dengan demikian penilaian merupakan suatu saat Regi pengumpulan dan penganalisisan informasi yang digunakan sebagai dasar ar pengambilan keputusan berkaitan dengan semua aspek pembelajaran. Penilaian pembelajaran terpadu diarahkan pada Penilaian proses dan hasil yang sifatnya holistik dengan memperhatikan prinsip-prinsip integral dan komprehensif, berkesinambungan, dan objektif. Dalam pelaksanaannya, penilaian pembelajaran terpadu lebih menekankan pada penggunaan bentuk penilaian non tes yang mengarah pada penilaian terhadap Pemahaman konsep dan keterampilan anak ketimbang pada tujuan perolehan pengetahuan dan fakta-fakta melalui pengukuran sejauh mana anak mengingat dan menghafal suatu fakta. Bentuk penilaian non tes yang digunakan antara lain catatan sekolah, portofolio, observasi, wawancara, catatan anekdotal, jurnal, rubik dan cuplikan kerja penugasan proyek. Pelaksanaan penilaian dilakukan secara menyeluruh berkaitan dengan ranah kognitif atau psikomotor dan afektif. Untuk melengkapi informasi hasil penilaian yang lengkap dalam penilaian pembelajaran terpadu guru dapat juga memanfaatkan penilaian bentuk tes baik bentuk tes objektif maupun tes subjektif.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)