Rangkuma Validitas-Evaluasi Pembelajaran

 Validitas dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

1. Validitas isi mengacu pada sejauh mana Materi alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur keseluruhan materi yang seharusnya diukur
2. Validitas konstrak mengacu pada sejauh mana alat ukur tersebut dapat mengukur kontrak-kontrak yang digunakan sebagai dasar penyusunan teks tersebut
3. Validitas yang dikaitkan dengan kriteria lain mengacu pada sejauh mana alat ukur tersebut dapat dengan tepat memprediksi kesesuaian antara pengetahuan yang dimiliki sekarang dengan keberhasilannya pada masa yang akan datang atau kesesuaian antara penguasaan suatu pengetahuan dengan keterampilan pengetahuan pengetahuan tersebut.
Dari ketiga macam validitas tersebut validitas isi lah yang paling penting Anda pahami dalam rangka mempersiapkan tes hasil belajar yang baik. Anda ada dua masalah yang harus anda perhatikan dalam rangka mempersiapkan tes hasil belajar yang baik yaitu masalah validitas atau dalam hal ini validitas isi dan reliabilitas. Agar tes hasil belajar mempunyai validitas isi yang tinggi dapat ditempuh dengan cara membuat perencanaan tes atau kisi-kisi tes. Di samping tes harus memiliki validitas isi yang dapat dipertanggungjawabkan maka tes tersebut harus reliabel artinya jika tes tersebut digunakan lebih dari satu kali pada kelompok yang sama maka zat tersebut harus dapat memberikan hasil pengukuran yang tepat. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara menambah jumlah butir soal dengan catatan bahwa soal yang ditambahkan harus homogen dengan butir soal yang sudah ada

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »