Penelitian Kuantitatif Bab 5

JUDUL SKRIPSI : PENGGUNAAN POHON FAKTOR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI KERAN BENGKAYANG



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan analisis terhadap hasil penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungi Keran Bengkayang dapat disimpulkan bahwa :
1.      Kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungi Keran Bengkayang yaitu pada siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata 58,14 dan pada siklus II siswa mendapatkan nilai rata-rata 68,14 maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,00.
2.      Peningkatan kemampuan dalam pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungi Keran Bengkayang tergolong tinggi, dan penggunaan media gambar pada materi KPK dan FPB dianggap berhasil dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungi Keran Bengkayang.

B.     Saran
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang peneliti laksanakan dapat dikemukakan saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi guru, sekolah maupun bagi peneliti untuk kedepannya ialah sebagai berikut :
1.      Dalam pembelajaran matematika hendaknya dibuat bervariasi agar tidak monoton saja, sehingga siswa akan lebih tertarik dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa.
2.      Agar dalam proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, maka guru hendaknya selalu aktif dalam melibatkan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.


Contoh Skripsi Penelitian Tindakan Kelas PTK 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »