Skripsi Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPS Bab 4

BAB IV
ANALISIS DATA DAN HASIL PENELITIAN



A. Deskripsi Lokasi Penelitian
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang peneliti lakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, diperolehlah profil dan data sekolah di mana sekolah tersebut yang menjadi tempat dilaksanakannya penelitian ini.

Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang terletak di tepi jalan raya sungai raya kepulauan, yang mana jalan tersebut merupakan jalan penghubung dari kota Pontianak menuju kota singkawang. Letak sekolah ini terbilang strategis, karena sangat mudah dijumpai atau untuk dijangkau oleh masyarakat maupun para siswa-siswi serta guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar, karna lokasinya yang berada tepat di tepi jalan raya tersebut.
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang ini merupakan sekolah yang masih cukup baru yang mana sekolah ini awal didirikannya pada tahun 2009. Pada saat ini Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang dipimpin oleh kepala sekolah yang benama bapak Drs. Tugiyanto dan di dukung oleh 16 tenaga pengajar lainnya dan seorang staff tatausaha, adapun tenaga pengajar yang mepunyai tugas untuk mengajar pelajaran IPS Terpadu sebayak 2 orang guru, yaitu ibu Dwi Saparianti, S.E dan bapak Fithra, S.Pd yang mana mereka mendapatkan tugas mengajar IPS terpadu dikelas yang berbeda-beda sesuai dengan jadwal telah ditetapkan. Tenaga pengajar yang bertugas di SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan dan di tambah dengan seorang staff tatausaha. Adapun rincian dari tenaga pengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 4.1
Tenaga pengajar dan staff SMP Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan
No
Nama
Tugas
1.
Drs. Jamiat Abdullah, M.Pd
Guru Agama
2.
Sugeng Priyatno, S.Pd.I
Guru Agama
3.
Herlina, S.Th
Guru Agama
4.
Muslimin, S.Pd
Guru Pkn, Mulok
5.
Elly Yuliani, S.Sos
Guru Pkn, Mulok
6.
Drs. Tugiyanto
Guru B. Indonesia
7.
Hermansyah, S.Pd. Ind
Guru B. Indonesia
8.
H. Hermawati, S.Pd
Guru B. Inggris
9.
Hamidi, S.Pd
Guru Matematika
10.
Elva Safitri, S.Pd
Guru Matematika
11.
Syahril
Guru IPA
12.
Nuri Astuty, S.P
Guru IPA
13.
Dwi Saparianti, S.E
Guru IPS
14.
Fithra, S.Pd
Guru IPS
15.
Hj. Maryani
Guru SBD
16.
Mita Andini, S.Pd
Guru Penjaskes
17
Niawati, S.Pd.I
Guru TIK, Mulok
18
Nazimi AR
Staff Tata Usaha

Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanat untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan peserta didiknya sehingga dapat mendukung kualitas pendidikan nasional. Oleh karena itu Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang mempunyai visi dan misi sebagai acuan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Visi dari sekolah ini adalah 1) beriman, 2) terdidik, dan 3) berbudaya. Dan misinya adalah 1) menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak, 2) melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Pada tahun ajaran 2015/2016 Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang memiliki 13 ruang belajar dengan rincian 4 ruang kelas VII, 5 ruang kelas VIII, dan 4 ruang kelas IX, serta ruang lainnya yaitu ruang kepala sekolah, ruang guru, perpustakaan dan sarana pendukung lainnya seperti lapangan volly, lapangan upacara, toilet, kantin sekolah serta lahan parkir kendaraan guru dan siswa.


B. Persiapan Penelitian

C. Pelaksanaan Penelitian 

D. Deskripsi Data

E. Temuan Data 

F Pembahasan 



Catatan : Maaf sebagian isi, hanya bisa penulis share sebagian.  Terimakasih



DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A dan Prasetya, J T. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.
Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta
Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: Total Grafika.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mukhtar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada
Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unyvesity Press.
Sabri, A. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Saebani, B.A. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Saleh, A.R dan Wahab, M.A. 2003. Psikologi Suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.
Salim, A. 2006.  Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Samion, AR. Dkk. 2010. Pedoman Oerasional Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan- Persatuan Guru Republik Indonesia. Pontianak: CV. Faruna Bahagia
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosadakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekaktan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Taufani, C.K. 2008. Menginstal Minat Baca Siswa. Bandung: Globalindo.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uzer, U. 1997.  Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zuldafrial. 2010. Penelitian Kualitatif. Pontianak: Stain Press
Zuldafrial. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pontianak: Stain Press
Skripsi:
Irmadewi, M. 2013. Hubungan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Materi Pokok Gejalaj-Gejala yang Terjadi Di Atmosfer. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak (skripsi tidak diterbitkan).

Mustika. 2013. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Perkembangan Masyarakat Indonesia Pada Masa Reformasi Sub Bab Konflik Antar Etniss di Sambas Tahun 1999 Sebagai Sumber Belajar Sejarah Kelas XII IPS SMA Negeri 08 Pontianak. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak (skripsi tidak diterbitkan).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »