Neural Networks


Jaringan Saraf Tiruan (JST)
Suatu jaringan saraf tiruan memproses sejumlah besar informasi secara paralel dan terdistribusi, hal ini terinspirasi oleh model kerja otak biologis. Beberapa definisi tentang jaringan saraf tiruan adalah sebagai berikut:
  • Suatu neural network (NN) adalah suatu struktur pemroses informasi yang terdistribusi dan bekerja secara paralel, yang terdiri atas elemen pemroses (yang memiliki memori lokal dan beroperasi dengan informasi lokal) yang diinterkoneksi bersama dengan alur sinyal searah yang disebut koneksi. Setiap elemen pemroses memiliki koneksi keluaran tunggal yang bercabang (fan out) ke sejumlah koneksi kolateral yang diinginkan (setiap koneksi membawa sinyal yang sama dari keluaran elemen pemroses tersebut). Keluaran elemen dari pemroses tersebut dapat merupakan sebarang jenis persamaan matematis yang diinginkan. Seluruh proses yang berlangsung pada setiap elemen pemroses harus benar-benar dilakukan secara lokal, yaitu keluaran hanya bergantung pada nilai masukan pada saat itu yang diperoleh melalui koneksi dan nilai yang tersimpan dalam memori lokal (Hecht-Nielsend, 1988).
  • Sebuah jaringan saraf adalah sebuah prosesor yang terdistribusi paralel dan mempunyai kecenderungan untuk menyimpan pengetahuan yang didapatkannya dari pengalaman dan membuat tetap tersedia untuk digunakan. Hal ini menyerupai kerja otak dalam dua hal yaitu Pengetahuan diperoleh oleh jaringan melalui suatu proses belajar dan kekuatan hubungan antar sel saraf yang dikenal dengan bobot senapsis digungakan untuk menyimpan pengetahuan (Haykin, S., 1994).
  • Sistem saraf tiruan atau jaringan saraf tiruan adalah sistem selular fisik yang dapat memperoleh, menyimpan, dan menggunakan pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman (Zurada, J.M., 1992, Introduction To Artificial Neural Systems, Boston: PWS Publishing Company).
  • Sebuah jaringan saraf adalah sebuah sistem yang dibentuk dari sejumlah elemen pemroses sederhana yang bekerja secara paralel dimana fungsinya ditentukan oleh struktur jaringan, kekuatan hubungan, dan pengolahan dilakukan pada komputasi elemen atau nodes (DARPA Neural Network Study, 1988, AFCEA International Press, p. 60).

Neural Network (NN) termasuk dalam Type Control Strategic Planning
Perencanaan Strategis adalah perencanaan yang paling penting, dimana manajer mengarahkan detil operasi dari organisasi setelah menentukan tujuan dasar dan bagaimana cara mencapainya.
Pada tahapan ini Neural Network sangat berperan penting dalan perencanaan strategis dimana ia berperan sebagai informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan. Neural Network dapat menyelesaikan masalah mengunakan program komputasi dimana analisisnya sama seperti manusia. Sebagai contoh dalam pengelolaan manajemen, manajer dapat mengunakan teknologi Neural Network dalam mengatasi persoalan – persoalan manajemen.
Kerugiannya Type Control Strategic Planning
Jelas sekali bahwa untuk membuat/menyusun rencana strategis sangat membutuhkan , waktu, uang dan sumber daya manusia, dan butuh waktu lama untuk memberi pemahaman pada organisasi secara keseluruhan agar rencana bisa terlaksana. Sering kali bahkan tidak cepat meresponse kondisi yang cepat berubah karena adanya rencana strategis yang terkait pada visi dan misi usaha, sehingga tidak dapat memperoleh keuntungan yang ada saat itu. 
Keuntungannya Type Control Strategic Planning
Jelas sekali bahwa rencana strategis akan memberikan arah yang konsisten bagi kegiatan organisasi. Para manajer akan sangat terbantu dalam membuat keputusan dan tindakan sesuai yang digariskan dalam rencana pokok. Menghilangkan kemungkinan salah besar dalam bertindak dan menghilangkan kejutan yang mungkin timbul dalam operasional.      Perencanaan strategis sangat baik untuk usaha yang membutuhkan waktu lama antara keputusan dan dampaknya dalam proses pelaksanaanya.

Neural Network (NN) termasuk dalam type Decision Unstructured
Keputusan tidak terstruktur (non programmed decision) Adalah keputusan yang sifatnya adalah tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh manajemen tingkat atas (top manajer). Pada tahapan ini Neural Network termasuk dalam tipe keputusan Unstructured karena Neural Network menjadi keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi dikarenakan teknologi Neural Network yang memerlukan sedikit biaya yang lebih besar. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur tidak mudah untuk didapatkan dan tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar.  Pengalaman manajer merupakan hal yang sangat penting di dalam pengambilan keputusan tidak terstruktur. Keputusan untuk bergabung dengan perusahaari lain adalah contoh keputusan tidak terstruktur.

Neural Network (NN) dalam pengambilan keputusan
Neural Network bisa di jadikan sarana pengambilan keputusan karena Neural Network(Jaringan Saraf Tiruan) sudah mulai banyak dimanfaatkan sebagai solusi terhadap berbagai macam kasus yang muncul beberapa dekade terakhir, Pemanfaatan Neural Network juga mulai merambah dunia security khususnya untuk memecahkan masalah-masalah yang sifatnya tidak tetap sehingga sulit untuk di pecahkan dengan menggunakan tehnik pemrograman konvensional yang ada saat ini. Hal yang sama terjadi pada sistem dimana sistem akan diajarkan dengan berbagai macam contoh (disebut data latih) dan kemudian diharapkan sistem akan dapat mengambil keputusan atas suatu masalah yang berhubungan dengan data latih sistem tersebut. Pemanfaatan Neural Network sekarang ini sudah cukup banyak dan telah diterapkan pada berbagai bidang, misalnya untuk mengetahui keadaan bursa saham di masa yang akan datang berdasarkan keadaan saat ini. Jadi dapat dikatakan bahwa Sistem Penunjang Keputusan menggunakan Neural Network (NN)  dapat memberikan manfaat bagi pengambil keputusan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja terutama dalam proses pengambilan keputusan.

Manfaat yang dapat diambil dari Sistem Pendukung Keputusan menggunakan Neural Network (NN)  adalah

  • Memperluas kemampuan pengambilan keputusan dalam memproses data/informasi bagi pemakainya.
  • Membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.
  • Dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
  • Tingkat kesalahan menjadi berkurang karena sudah mengunakan sofware

DAFTAR PUSTAKA

http://www.sylabus.web44.net/pengantarfile/pengantarkuliah3.html
http://www.scribd.com/doc/52400545/modul-SPK
http://id.wikipedia.org/wiki/sistem_pendukung_keputusan
http://sulung-pd.blogspot.com/2011/03/definisi-sim-spk-si-jst-dan-sp.html


hidup adalah perjuangan...Berhenti mencari Cinta yg sempurna, krn ia pasti datang ketika kamu siap. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Dan Orang yg Bahagia itu bukan memiliki segalanya tetapi belajar mensyukuri apa yang sudah dimilikinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »